Ingin Penghasilan Tambahan Selama Kuliah? Tengok 6 Peluang Berikut

kuliah sambil kerja

Menjalani kehidupan sebagai anak kos kadang membuat Anda ingin punya penghasilan tambahan. Selain bisa membeli sesuatu yang diidam-idamkan, Anda juga bisa punya pengalaman baru. Anda bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan yang sesuai dengan hobi atau minat Anda. Apalagi di zaman teknologi seperti sekarang, ada banyak peluang kerja atau bisnis yang bisa Anda coba untuk menghasilkan uang tambahan. Bagaimana, apa Anda juga tertarik untuk mencobanya? Intip beberapa ide berikut untuk inspirasi Anda.

Online Shop

Ide pertama yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan sebagai anak kuliahan adalah jualan online. Anda tidak perlu menyewa toko atau merekrut pegawai untuk bisa memulainya. Cukup dengan modal perangkat gadget dan kuota internet, bisnis online shop Anda sudah bisa dijalankan. Cara kerjanya pun sangat mudah, Anda tinggal mempromosikan produk yang dijual ke internet. Anda bisa memajang foto produk jualan lewat sosial media, website, dan marketplace.

Bahkan, untuk Anda yang tidak punya cukup modal tetap bisa berjualan secara online lho! Bagi Anda yang belum mampu menyetok barang dalam jumlah yang banyak bisa mencoba menjadi reseller atau dropshipper. Anda bisa mencari distributor yang terpercaya dan memajang foto-foto yang diunggah oleh produsen Anda. Pembelian ke distributor bisa dilakukan saat ada transaksi pembelian lewat Anda. Bahkan untuk Anda yang tidak punya banyak waktu untuk mengemas barang dan mengirimnya lewat ekspedisi, tugas tersebut bisa dihandle oleh pihak produsen.

Jastip/Jasa Titip Barang

girl holds fashion shopping bag beauty 1150 13673.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - Ingin Penghasilan Tambahan Selama Kuliah? Tengok 6 Peluang Berikut

Ide berikutnya untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan adalah dengan membuka jasa titip barang atau yang biasa disingkat jastip. Nah, model bisnis seperti ini cocok sekali untuk Anda yang hobi belanja atau travelling. Biasanya, barang-barang yang laku dipasarkan lewat jasa titip ini adalah barang-barang yang tidak pasaran, jarang ditemukan, atau hanya tersedia di tempat atau negara-negara tertentu saja. 

Membeli barang-barang lewat jastip ini banyak dipilih karena menghemat waktu dan Anda tidak perlu pergi ke toko atau luar negeri tempat produk ini dijual. Biasanya, pelaku usaha jastip akan mematok tarif dari setiap barang yang ingin dibelikan. Kisaran biaya per barang pun bervariasi tergantung jenis atau harga barang yang diinginkan. Sambil jalan-jalan, Anda pun bisa mengeruk keuntungan bukan?

Content Writer/Penulis Lepas

Punya hobi menulis? Sayang banget kalau tidak dimanfaatkan untuk jadi penghasilan tambahan. Anda bisa mencoba untuk terjun ke dunia content writer atau penulis lepas. Profesi ini sering juga disebut sebagai blogger, karena Anda biasanya akan diminta untuk menulis artikel pada sebuah blog suatu perusahaan. Jam kerjanya pun cukup fleksibel, Anda bisa mengerjakannya kapan saja dan dimana saja asal bisa rampung sesuai deadline

Salary yang dijanjikan pun cukup menarik lho, biasanya besarnya upah yang diberikan adalah per artikel. Apalagi jika artikel yang dimuat berbahasa inggris, pastinya fee yang didapat akan berkali-kali lipat lebih banyak.

Youtuber 

thailand photographers use youtube learn how shoot shoot their videos 61243 41.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - Ingin Penghasilan Tambahan Selama Kuliah? Tengok 6 Peluang Berikut

Nah profesi youtuber kini banyak dibidik oleh siapa saja karena penghasilan tambahan yang bisa didapat memang sangat menjanjikan. Tak hanya puluhan bahkan Anda bisa mendapatkan ratusan juta hanya dengan mengunggah video ke portal youtube. Banyak hal yang bisa dibagikan ke dalam kanal Youtube Anda. Bagi Anda yang hobi memasak bisa membagikan berbagai resep kuliner yang beragam. 

Atau jika Anda punya hobi kuliner dan travelling, Anda bisa membagikan pengalaman liburan Anda ke penonton. Ide lainnya adalah berbagi tips seperti mix and match fashion, tutorial make up, perawatan wajah, dan lain-lainnya sesuai bidang yang dikuasai. Penghasilan dari Youtube ini bisa diperoleh dengan mengaktifkan Google Adsense dan beberapa iklan yang masuk ke video Youtube Anda.

Jual Foto di Situs Gambar Online

Punya hobi memotret atau fotografi ternyata juga bisa jadi penghasilan tambahan lho. Apalagi jika hasil bidikan Anda menarik dan layak jual, tidak ada salahnya untuk mengkomersilkan hasil karya Anda tersebut ke situs jual beli gambar online. Anda pun hanya perlu menghubungi situs-situs gambar online tersebut melalui internet. 

Jika foto-foto Anda lulus seleksi maka Anda bisa mengirimkan banyak gambar lainnya. Upah yang Anda terima pun bervariasi tergantung dari jumlah orang yang mengunduh gambar Anda pada situs tersebut. Gambar yang Anda upload pun bisa di-download oleh semua orang yang ada di seluruh dunia. Jika banyak yang mengunduh tentunya Anda bisa jadi kaya mendadak.

Baca Juga: Mengelola Keuangan untuk Mahasiswa di Luar Negeri, Ini Tipsnya!

Jualan Pulsa dan Kuota Internet

young man using laptop computer phone 171337 16299.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - Ingin Penghasilan Tambahan Selama Kuliah? Tengok 6 Peluang Berikut

Penghasilan tambahan lain yang sifatnya simpel dan tidak membutuhkan effort lebih adalah dengan berjualan pulsa elektrik dan kuota internet. Anda cuma butuh perangkat mobile atau handphone untuk melakukan transaksi tersebut. Benar-benar mudah dan sangat menguntungkan jika telaten menekuninya. Walaupun keuntungan yang didapat bisa dikatakan hanya recehan tiap transaksinya, namun apabila kuantitasnya banyak keuntungannya pun berlipat. 

Modal yang dibutuhkan pun sangat kecil, Anda bisa melakukan deposit dengan nominal kecil dan mengisinya kembali saat sudah balik modal. Apalagi mahasiswa di era sekarang sangat membutuhkan sekali yang namanya kuota internet untuk menunjang tugas-tugas dari dosen. Jadi manfaatkan peluang bisnis dengan modal kecil ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 

Nah, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Qelola untuk menunjang bisnis jual beli pulsa dan kuota internet. Aplikasi Qelola adalah aplikasi transfer uang dan pembayaran digital yang juga menyediakan fitur pembelian pulsa dan kuota internet. Untuk bisa menikmati layanan dari aplikasi ini Anda cukup men-download aplikasi Qelola di Playstore. Yuk segera bergabung dengan aplikasi Qelola dan rasakan fitur-fitur menarik di dalamnya.

 

 

Tags: , ,