Mengulik Sejarah Malaysia dengan Mengunjungi Museum Diraja Malaysia

EP 4 - Mengulik Sejarah Malaysia dengan Mengunjungi Museum Diraja Malaysia

Berbalut bangunan bertingkat dua, Museum Diraja Malaysia berdiri kokoh dengan beragam sejarah Malaysia di dalamnya. Tentu saja tempat ini akan sangat menarik karena Malaysia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak peninggalan bersejarah di dunia dan warisan budaya yang bernilai tinggi. Sejarah Malaysia mempunyai cerita yang panjang dan beberapa bagiannya tersimpan di Museum Diraja Malaysia ini. Jadi ketika berkunjung ke Kuala Lumpur, tidak ada salahnya mencoba untuk mengunjungi museum Diraja Malaysia dan mengapresiasi semua hal di masa lampau yang membentuk kota bahkan negara yang menakjubkan ini.

Baca Juga: Cicipi 5 Kuliner Khas Ini saat Liburan di Ipoh Malaysia

Sejarah Museum Diraja Malaysia

EP 4 1 - Mengulik Sejarah Malaysia dengan Mengunjungi Museum Diraja Malaysia

Jauh pada awal dibangunnya, museum ini sebenarnya merupakan rumah bagi seorang taipan timah beretnik Cina bernama Chan Wing. Rumah yang ada sejak tahun 1928 ini dibangun dengan 13 kamar untuk diisi oleh 26 anaknya serta 9 istri. Namun pada masa pendudukan Jepang, taipan timah ini harus melarikan diri dari Malaysia karena dirinya terkenal sebagai pendukung perlawanan anti-Jepang di Cina. Oleh Jepang rumah ini pun dijadikan sebagai markas militernya. Dan setelah penyerahan diri Jepang, bangunan ini pun dipindah tangankan lagi ke Angkatan Udara Kerajaan Inggris untuk sementara waktu. Selanjutnya difungsikan sebagai Istana sementara untuk Sultan Selangor selama Istana barunya di Klang sedang dibangun. Istana ini kemudian diakuisisi oleh Pemerintah Federal pada tahun 1957. Setelah menjalani renovasi dan perluasan, bangunan ini pun dijadikan sebagai Istana Nasional. Hingga tahun 2011 Seri Paduka Yang Dipertuan Agong dan Seri Paduka Baginda Raja Permaisuri Agong tinggal di istana ini. Selama aktif digunakan, istana negara ini sangat tertutup untuk umum serta dijaga oleh pasukan berkuda. Dan pada 15 November 2011, Seri Paduka Yang Dipertuan Agong ke XIV yang baru dinobatkan resmi berpindah ke Duta Kuala Lumpur. Istana lama ini pun kemudian dibuka untuk umun sebagai museum pada tanggal 1 Februari 2013.

Apa Saja Hal Menarik di Museum Diraja Malaysia?

EP 4 2 - Mengulik Sejarah Malaysia dengan Mengunjungi Museum Diraja Malaysia

Ada banyak hal menarik yang ditampilkan di museum ini untuk memberikan Anda gambaran ruangan dan kehidupan Seri Paduka Yang Dipertuan Agong ketika tinggal di tempat ini. Dari barang serta foto yang dipamerkan pun Anda dapat mengetahui sejarah panjang negeri jiran ini.

Memasuki bangunan utama museum Anda akan diperlihatkan ruangan-ruangan tempat Seri Paduka Yang Dipertuan Agong menerima tamu serta ruangan rapat. Semakin memasuki bangunan akan banyak sekali ruangan lain seperti kamar pribadi Yang Dipertuan Agong, ruang makan, perpustakaan, ruang dental, ruang teater wayang khusus untuk keluarga raja, dan lain sebagainya. Di sini Anda pun berkesempatan melihat dua ruang tahta (Balairungseri) yakni ruang tahta utama dan bilik tahta yang berukuran lebih kecil. Ruangan di sini diisi dengan perabotan dan susunan yang lengkap serta sama persis seperti ketika Yang Dipertuan Agong tinggal di sini. Selain itu banyak juga foto-foto kegiatan raja semasa menjabat serta tamu-tamu yang pernah berkunjung. Sehingga pengunjung bisa benar-benar merasakan bagaimana atmosfer kehidupan di istana sebelumnya.

Untuk menambah keseruan liburan Anda di Museum Diraja Malaysia, disarankan untuk datang antara bulan Agustus hingga Septemeber. Di bulan-bulan ini biasanya dihelat Pameran Raja Kita. Pameran ini akan memamerkan alat-alat kebesaran kerajaan, perhiasan kerajaan serta baju-baju resmi kenegaraan. Semua barang-barang ini akan di-display dengan sangat apik di ruang tahta utama sehingga pengunjung tidak akan bosan untuk melihatnya. Dengan berkunjung ke museum ini, belajar sejarah tentu lebih menyenangkan bukan?

Tiket dan Cara Menuju Museum

EP 4 3 - Mengulik Sejarah Malaysia dengan Mengunjungi Museum Diraja Malaysia

Museum ini buka tiap hari mulai pukul 9 pagi sampai pukul 5 sore. Pengunjung akan dikenankan tiket masuk sebesar RM5 untuk warga negara Malaysia, RM10 untuk turis asing, dan RM5 juga untuk anak antara usia 6-12 tahun. Karena museum ini merupakan bekas istana yang notabene tertutup dari umum tentu saja tempatnya dibuat sedikit jauh dari keramaian dan transportasi umum. Oleh karenanya untuk mencapai Museum Diraja Malaysia Anda harus membawa kendaraan pribadi, menyewa mobil sendiri, menggunakan taksi atau bus wisata.

Siapkan barang bawaan Anda, siapkan budget Anda dan nikmati wisata yang akan membawa Anda menelusuri masa lalu negeri menara kembar ini. Untuk menambah kenyamanan perjalanan Anda jangan lupa untuk mempunyai aplikasi finansial yang bisa diandalkan. Karena tidak ada yang tahu kebutuhan apa yang akan Anda butuhkan selama perjalanan. Untuk ini aplikasi Qelola adalah solusinya. Aplikasi kirim uang internasional ini akan mempermudah transaksi apapun selama di Malaysia termasuk pembayaran tagihan Anda di Indonesia. Penasaran dengan fitur-fiturnya? Unduh aplikasinya di sini sekarang juga!

Tags: , , , , ,