Simak 6 Tempat Wisata Gratis Penang yang Harus Anda Kunjungi

wisata gratis penang

Penang terkenal dengan pemandangan menakjubkan Ibukota Georgetown dari atas Penang Hill. Penang memiliki julukan “World Heritage City” dengan suasana kental bangunan berarsitektur unik peninggalan kolonial Inggris yang bernilai sejarah tinggi. Soal kuliner tak perlu diragukan lagi. Anda bisa berburu kuliner di sebagian besar sudut kota. Saking banyaknya pusat kuliner di Penang, kota ini dijuluki the best street food. Ketiga hal tersebut menjadi daya tarik wisata Penang ramai dikunjungi wisatawan. Buat Anda yang ingin mengeksplor lebih banyak lagi, simak ulasan mengenai wisata gratis Penang berikut ini. Check this out!

1. Pemandangan dari Ketinggian The Penang Hill

penang malaysia - Simak 6 Tempat Wisata Gratis Penang yang Harus Anda Kunjungi

Penang Hill merupakan wisata utama di Penang dengan menyuguhkan pemandangan menakjubkan Kota Penang dari dataran tinggi. Lokasinya sekitar 6 kilometer dari pusat Kota Georgetown, ibu kota negara bagian Penang. Anda bisa memanfaatkan Penang Hills Railway untuk mencapai puncak dengan jalur yang miring dan memacu adrenalin. Waktu terbaik mengunjungi Penang Hill saat sunrise sekitar pukul 07.00-07.30 pagi. Sore hari juga menjadi pilihan tepat untuk berkunjung ketika Anda ingin bersantai menikmati pemandangan menjelang malam hari Georgetown yang dihiasi oleh lampu-lampu penerangan dari ketinggian.

2. Penang Botanical Garden

palm trees palm oil plantation south east asia 181624 6050.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1796391982 - Simak 6 Tempat Wisata Gratis Penang yang Harus Anda Kunjungi

Penang Botanical Garden dibangun pada tahun 1884 ketika zaman kolonial Inggris, terkenal dengan julukan “taman air terjun”. Dijuluki taman air terjun dikarenakan Penang Botanical Garden ini memiliki sebuah air terjun kecil yang berada tidak jauh dari tempat tersebut. Dengan tiket masuk gratis, Anda akan menjumpai berbagai spesies tanaman lokal Malaysia. Salah satu yang paling menarik adalah tanaman anggrek di dalam orchidarium. Selain itu, Anda juga bisa menjumpai monyet-monyet liar dengan jarak yang aman. Seru sekali kan!

3. Jalan-Jalan di Penang Road

Penang Road merupakan salah satu jalanan utama paling penting di kawasan ini. Jalan ini menghubungkan antara Lebuh Farquhar di utara dan Jalan Gurdwara di selatan. Setiap bulan di jalan ini diadakan Little Penang Street Market yang menjual banyak barang unik dan makanan khas daerah ini. Selain berbelanja, hal yang paling menarik minat pengunjung adalah pertunjukan seni, live music, dan pertunjukkan seni visualnya secara cuma-cuma. 

4. Menyeberangi Penang Bridge

Penang Bridge merupakan sebuah jembatan gantung yang memiliki panjang mencapai 13, 5 km dan menjadi salah satu ikon terkenal di Penang. Jembatan gantung ini menghubungkan Penang dengan dataran di Seberang Perai. Dulunya sebelum ada Penang Bridge, setiap orang harus menggunakan Kapal Ferry ketika akan menyebrang ke Penang.

Jembatan ini merupakan jembatan tol terpanjang di Malaysia dan juga terpanjang keempat di Asia Tenggara. Untuk melewati Penang Bridge, Anda hanya akan membayar satu kali ketika akan memasuki kawasan Penang. Nah, tempat ini bisa menjadi salah satu rekomendasi selama menikmati wisata gratis Penang.

5. Kuil Kek Lok Si

Kek Lok Si merupakan kuil Buddha terbesar di Malaysia dan paling indah di Asia Tenggara. Kuil ini berdiri di atas lereng bukit Air Itam dan telah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu. Tempat peribadatan ini memiliki tiga zona dengan di bagian tengahnya terdapat kuil, taman, pagoda, dan empat paviliun dewa. Ciri khas dari kuil ini adalah sepuluh ribu menara Buddha atau yang disebut Ban Po Thar. Taman-taman yang berada di kawasan kuil ini juga sangat cantik dan terawat. Anda pun tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuknya. Untuk sampai di Kuil Kek Lok Si ini, Anda bisa menggunakan bus Rapid Penang nomor 203 dari KOMTAR. 

6. Berfoto Ria di Street Art

graffiti children bicycle 1122 2206 - Simak 6 Tempat Wisata Gratis Penang yang Harus Anda Kunjungi

Pemerintah setempat mendirikan kembali George Town sebagai pusat utama bagi seni dan budaya. Salah satunya street art yang berada di Ibukota George Town. Street art ini menjadi salah satu tempat wisata gratis di Penang yang instagramable. Di sepanjang jalan, Anda bisa menyaksikan berbagai lukisan-lukisan indah yang dibuat oleh seniman besar, seperti Ernest Zacharevic, Louis Gan, Rone, dan Kenji Chai. Perlu dicatat, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk bisa puas berfoto ria di tempat ini lho!

Baca Juga: Dapatkan Tiket Pesawat Murah untuk Liburan ke Luar Negeri, ini Tipsnya!

Demikian ulasan mengenai berbagai hal seru yang bisa Anda lakukan selama menikmati wisata gratis Penang Malaysia. Saat mempersiapkan segala keperluan berlibur ke luar negeri nantinya, jangan lupa persiapkan juga dompet digital di smartphone Anda, yaitu aplikasi Qelola. Aplikasi keuangan ini akan membantu mengelola keuangan selama di luar negeri serta menyelesaikan transaksi online berupa pembayaran tagihan dan kirim uang ke Indonesia. Aplikasi Qelola juga bisa Anda gunakan untuk bertransaksi antar sesama pengguna Qelola saat berada di negeri jiran Malaysia. Unduh dan install aplikasi Qelola di smartphone sekarang juga! Dapatkan informasi selengkapnya di sini.

Tags: , , , , , , , , , , ,