Penasaran, Aktif atau Tidak? Pahami Cara Cek Status BPJS Berikut Ini

cek status bpjs

Apakah Anda sudah tahu bahwa seluruh masyarakat Indonesia harus memiliki kartu BPJS yang bisa menjamin kesehatan? Jika Anda belum menjadi peserta BPJS, sebaiknya segera lakukan pendaftaran dalam BPJS Kesehatan. Kartu BPJS Kesehatan tersebut akan menjadi penyelamat bagi Anda, saat memerlukan bantuan medis. Sehingga biaya yang harus Anda bayarkan tidak terlalu berat. Jika sudah menjadi peserta BPJS, cek status BPJS apakah sudah aktif atau belum penting untuk dilakukan. Anda tidak perlu bingung, karena cek status BPJS bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah. Yaitu secara online, melalui smartphone pribadi Anda. Simak panduan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Program BPJS untuk Pekerja Migran Indonesia, Wajib Paham!

Bagaimana Cara Cek Status BPJS?

cek status bpjs 1 - Penasaran, Aktif atau Tidak? Pahami Cara Cek Status BPJS Berikut Ini

Sebenarnya ada banyak pilihan untuk melihat status BPJS Anda. Anda bisa cek status BPJS secara online di website resmi BPJS, melalui SMS, dan melalui Telepon Hotline BPJS. Yuk, simak ulasannya lebih lanjut!

  1. Langkah-langkah cek status BPJS secara online adalah, Anda harus mengakses halaman informasi BPJS di  https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/. Masukkan nomor kartu BPJS dan tanggal lahir Anda. Lalu isi angka validasi, dan klik cek untuk melihat informasi mengenai akun BPJS Anda. Maka selanjutnya akan muncul informasi mengenai akun BPJS Anda, mulai dari nama, nomor peserta, status akun peserta, hingga jumlah anggota keluarga.
  2. BPJS juga menyediakan layanan SMS untuk mengetahui lebih banyak mengenai berbagai informasi kartu BPJS beserta tagihan iuran per bulan. Termasuk mengecek aktif atau tidaknya kartu BPJS Anda. Caranya, ketik sms dengan format: NIK <spasi> Nomor Kependudukan Anda, NOKA < spasi> Nomor Kartu BPJS Kesehatan Anda, NIP <spasi> Nomor Induk Pegawai Anda. Lalu kirimkan sms tersebut ke nomor layanan BPJS 08777-5500-400.
  3. Sedangkan cara langsung yang dapat Anda lakukan adalah telepon ke 1500400 dan tanyakan mengenai status keaktifan kartu BPJS Anda. Anda harus menyiapkan kartu BPJS, karena Anda akan dimintai verifikasi berupa nomor BPJS tersebut.

Bagaimana Cara Mendaftar BPJS?

cek status bpjs 2 - Penasaran, Aktif atau Tidak? Pahami Cara Cek Status BPJS Berikut Ini

BPJS Kesehatan memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat di Indonesia. Mulai dari Anda yang berada di strata ekonomi paling atas, hingga Anda yang berada di bawah garis kemiskinan. Melalui BUMN yang dioperasikan pada 1 Januari 2014 ini, semua masyarakat dan pemerintah saling bahu-membahu untuk menjamin pelayanan kesehatan bersama-sama dengan subsidi silang yang bersistem. Karena pemerintah ingin menjangkau seluruh masyarakat Indonesia, maka pendaftaran BPJS dapat dilakukan dengan cara online maupun offline melalui kantor BPJS terdekat. Anda cukup penuhi persyaratan pendaftaran, dan lakukan pendaftaran melalui salah satu jalur yang telah disebutkan tersebut. Cukup mudah, bukan?

Disamping itu, Anda juga harus memilih kelas perawatan mana yang Anda butuhkan. BPJS Kesehatan menawarkan tiga jenis kelas perawatan dengan fasilitas kesehatan tertentu, yang bisa Anda pilih. Kelas 1 menawarkan jenis fasilitas kesehatan yang paling tinggi. Sementara kelas 2 menawarkan fasilitas kesehatan menengah. Dan yang terakhir, kelas 3 menawarkan fasilitas kesehatan pada tingkat yang paling rendah.

Apa Saja Syarat dan Ketentuan Mendaftar BPJS?

cek status bpjs 3 - Penasaran, Aktif atau Tidak? Pahami Cara Cek Status BPJS Berikut Ini

Bagi Anda yang sampai saat ini belum mengikuti kepesertaan BPJS Kesehatan, sebaiknya jangan ditunda lagi. Sebagai calon peserta BPJS Kesehatan yang tidak termasuk dalam golongan PBI dan PPU, Anda bisa mengurus secara mandiri di kantor cabang seluruh Indonesia. Sebelum melakukan pendaftaran, Anda harus menyertakan beberapa kelengkapan yang meliputi:

  • Formulir Daftar Isian Peserta (DIP) yang telah disediakan di Kantor BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia.
  • Salinan atau fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  • Salinan atau fotokopi KTP/Paspor masing-masing satu lembar.
  • Fotokopi Buku Tabungan dari penanggung iuran yang harus ada pada Kartu Keluarga.
  • Pas foto berwarna dengan ukuran 3×4 cm, masing-masing satu lembar.

Nah, setelah Anda berhasil melakukan pendaftaran secara mandiri, maka Anda akan mendapatkan Nomor Virtual Account atau VA. Dengan akun virtual inilah Anda bisa melakukan pembayaran secara langsung di bank yang bekerja sama dengan BPJS. Selain di bank, Anda juga bisa membayar di gerai minimarket terdekat.

Kapan Status Kepesertaan BPJS Aktif?

cek status bpjs 4 - Penasaran, Aktif atau Tidak? Pahami Cara Cek Status BPJS Berikut Ini

Setelah Anda melakukan pendaftaran BPJS Kesehatan dan sudah membayar iuran pertama, maka akun Anda akan aktif pada hari ke-14 sejak pendaftaran. Tetapi, sebaiknya Anda mengecek aktif atau belumnya kartu BPJS Anda. Hal ini dikarenakan jika Anda sakit dan ingin menggunakan BPJS namun ternyata BPJS Anda belum aktif, maka Anda tidak akan bisa menggunakan layanannya.

Itulah beberapa informasi tentang kepesertaan BPJS Kesehatan yang perlu Anda ketahui. Sebelum berobat dan menggunakan layanan BPJS, jangan lupa untuk mengecek status akun BPJS Anda terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan cara-cara di atas yang sangat mudah. Nah, agar status kepesertaan Anda terus aktif, pastikan Anda tidak terlambat membayar tagihan. Pastikan Anda selalu membayar iuran setiap bulan tepat waktu. Agar lebih mudah, Anda bisa melakukan pembayaran melalui aplikasi Qelola. Caranya simpel, prosesnya cepat, dan biaya administrasinya sangat murah. Jadi hanya menggunakan satu aplikasi saja, Anda sudah bisa kirim uang antar negara dan juga bisa bayar ini-itu dengan mudah. Yuk, download Qelola sekarang!

Tags: , , ,