4 Tips Sederhana Mengurangi Keluhan Lelah Bekerja

Lelah Bekerja

Bekerja sepanjang waktu akan memberikan beban yang berat pada tubuh, apapun jenis pekerjaannya. Ketika lelah bekerja, maka tubuh juga akan menurun performanya. Ini mengapa sangat penting untuk Anda mengetahui benar cara menyiasati pekerjaan dan mengelola waktu agar pekerjaan bisa selesai tepat waktu dan Anda bisa beristirahat untuk memulihkan kondisi.

Memang sebenarnya dari sisi kesehatan, tubuh Anda dan setiap manusia di bumi ini memiliki jam biologis yang berbeda-beda, dan bisa berubah perlahan-lahan. Namun idealnya, untuk dapat bekerja optimal tubuh dan otak memerlukan asupan nutrisi serta waktu istirahat yang cukup. Tanpa kedua hal ini, maka Anda akan cenderung cepat lelah bekerja.

Lalu adakah cara menyiasatinya? Adakah yang bisa dilakukan agar tubuh memiliki daya tahan yang baik serta endurance yang tinggi guna menyelesaikan setiap tantangan pekerjaan?

Istirahat yang Cukup

Untitled design1001 - 4 Tips Sederhana Mengurangi Keluhan Lelah Bekerja

Dikatakan istirahat yang cukup karena setiap tubuh manusia bisa pulih dengan cara yang berbeda-beda. Idealnya memang istirahat di malam hari disarankan sekitar 8 jam. Namun ada juga orang yang bisa pulih hanya dengan waktu tidur selama 5 jam saja. Anda harus mengetahui benar berapa waktu yang diperlukan tubuh untuk beristirahat.

Ketika tidur, upayakan Anda tidak menyalakan lampu dan menjauhkan semua peralatan elektronik. Jika memungkinkan, buat kondisi kamar gelap karena hal ini dapat membantu tubuh beristirahat lebih optimal. Jangan lupa minum satu sampai dua gelas air putih sebelum tidur agar tubuh tidak kekurangan cairan ketika bangun nantinya. Minum juga segelas air mineral tepat ketika Anda bangun tidur.

Makanan dan Minuman Bernutrisi

Untitled design1002 - 4 Tips Sederhana Mengurangi Keluhan Lelah Bekerja

Penting untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang diperlukan oleh tubuh. Mulai dari Karbohidrat, Protein, Mineral, dan nutrisi lain yang diperlukan untuk menopang kinerja optimal tubuh Anda. Idealnya dengan asupan nutrisi yang cukup tubuh dapat bekerja dengan maksimal dan menjadi tidak mudah lelah.

Nutrisi ini bisa didapat dari makanan-makanan alami seperti buah dan sayur, daging, kacang-kacangan, berbagai jenis umbi, dan sebagainya. Tentu saja cara memasak makanan juga berpengaruh, sebisa mungkin untuk tidak menggoreng atau membakar makanan sampai terlalu matang agar nutrisinya tidak hilang. Gunakan minyak berkualitas, dan jaga kebersihan makanan yang Anda konsumsi, apapun bentuknya.

Olahraga Teratur dan Pemanasan Kecil

Untitled design1000 - 4 Tips Sederhana Mengurangi Keluhan Lelah Bekerja

Ketiga, Anda perlu melakukan olahraga teratur agar tubuh tetap bisa mengeluarkan keringat dan tetap lentur. Olahraga ini bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari jogging, mendatangi sarana umum seperti pusat kebugaran, atau sekedar bermain futsal dan bulu tangkis bersama teman-teman.

Sebenarnya jika memungkinkan olahraga yang disarankan adalah olahraga permainan. Mengapa demikian? Karena olahraga jenis ini juga memberikan interaksi yang intens antara Anda dan teman olahraga. Selain dapat membuat tubuh sehat dan berkeringat, Anda juga akan merasa lebih bahagia dengan berolahraga bersama teman-teman. Ini baik untuk kesehatan dan stabilitas mental.

Jika waktu yang diperlukan untuk berolahraga tidak bisa didapatkan, maka Anda bisa menyiasatinya dengan melakukan olahraga dan pemanasan kecil di tempat kerja. Banyak sekali video tutorial yang bisa digunakan di media seperti YouTube, yang bisa membantu Anda tetap menggerakkan tubuh dengan waktu dan tempat yang terbatas.

Mengelola Stres

Untitled design999 - 4 Tips Sederhana Mengurangi Keluhan Lelah Bekerja

Poin terakhir, dan mungkin yang paling membawa dampak besar ketika Anda lelah bekerja, adalah stres yang gagal dikelola dengan baik. Stres seringkali datang karena beban kerja yang terlalu berat, tekanan dari atasan, atau berbagai hal lain yang gagal diartikulasikan dalam bentuk kegiatan yang bisa membuat lega.

Untuk mengelola stres sendiri tidak harus dilakukan dengan mendatangi ahli atau tim medis yang fokus pada bidang ini. Anda bisa melakukan relaksasi ketika akhir pekan dengan mengunjungi tempat baru, melihat pemandangan yang indah, atau memakan makanan yang sudah Anda dambakan. Jangan ragu untuk melakukan hal tersebut, karena kondisi mental Anda akan banyak berpengaruh pada kondisi fisik secara umum.

Lelah bekerja sering dialami oleh pekerja yang tidak menikmati pekerjaannya. Coba temukan satu hal menarik pada pekerjaan Anda, dan fokuslah pada hal tersebut. Dengan begini setidaknya Anda bisa mengurangi beban kerja yang terasa dan tetap bisa menikmati pekerjaan sampai pekerjaan tersebut diselesaikan.

Baca Juga: Ingin Bekerja di Luar Negeri? Ini Tips Sukses Menjadi TKI

Lelah bekerja adalah hal yang wajar dialami oleh setiap orang. Ini menandakan Anda menggunakan tenaga dan pekerja untuk kegiatan produktif. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah Anda harus bisa mengelola tingkat kelelahan ini agar tubuh tidak terlalu lelah dan justru jatuh sakit.

Untuk membantu mengurangi lelah bekerja, Anda juga bisa menghubungi keluarga untuk melihatnya dan melepas rindu. Tentu saja, keluarga akan tersenyum lebih lebar jika Anda tidak terlambat mengirimkan uang. Gunakan Qelola untuk urusan ini. Dengan biaya transfer yang murah dan layanan pengiriman uang real-time, dijamin pengiriman uang akan berjalan lancar dan membuat senyum di wajah keluarga Anda semakin lebar. Unduh aplikasinya di sini!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,