5 Pekerjaan Part Time untuk Mengisi Waktu Luang agar Produktif

Untitled design955 - 5 Pekerjaan Part Time untuk Mengisi Waktu Luang agar Produktif

Untuk Anda yang tengah melanjutkan studi di Malaysia, apa kegiatan Anda ketika memiliki waktu luang? Apakah berwisata? Atau pusing-pusing? Atau mungkin sekedar membaca buku dan menonton film di tempat tinggal Anda? Pernahkan terpikir untuk menjadikan waktu luang Anda lebih produktif dengan bekerja part time? Jika belum, mungkin Anda orang yang tepat untuk membaca artikel ini.

Bekerja part time merupakan salah satu cara mengisi waktu luang yang sangat produktif. Di samping bisa mendapatkan pengalaman bekerja yang baru, Anda juga bisa mendapatkan pemasukan tambahan dengan bekerja paruh waktu. Tentu saja, banyak sekali kesempatan bekerja paruh waktu yang tersedia di Malaysia, yang bisa Anda manfaatkan sebagai mahasiswa Indonesia.

Untuk memberikan gambaran, berikut beberapa pekerjaan yang bisa Anda coba dan tekuni. Siapa tahu, pekerjaan ini bisa membawa Anda mendapatkan pekerjaan sebenarnya yang benar-benar menghasilkan!

Tutor Mata Pelajaran

Untitled design953 - 5 Pekerjaan Part Time untuk Mengisi Waktu Luang agar Produktif

Untuk Anda yang mengambil studi bidang pendidikan, pilihan pekerjaan part time ini bisa jadi tepat. Pasalnya, Anda akan memiliki kesempatan mengaplikasikan pengetahuan yang Anda dapatkan di bangku perkuliahan langsung kepada anak-anak yang mengikuti program bimbingan belajar atau les privat.

Anda bisa bekerja sama dengan beberapa lembaga bimbingan belajar yang ada di Malaysia. Tanyakan terlebih dahulu apakah ada lowongan pekerjaan paruh waktu untuk mahasiswa. Jika ada, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini. Gaji yang lumayan serta praktek mengajar yang cukup sebagai latihan bisa jadi hal yang bagus untuk mengisi waktu luang Anda.

Youtuber, Populer di Generasi Kekinian

Siapa yang tak kenal frasa Youtuber sekarang ini? Frasa ini banyak diperbincangkan karena dinilai bisa memberikan banyak pendapatan. Menjadi seorang pembuat konten pada platform Youtube memang kesempatan yang baik untuk dimanfaatkan, terlebih jika Anda memiliki kemampuan dalam melakukan editing video.

Berbagai konten bisa diproduksi, misalnya melakukan review makanan yang pernah Anda coba, atau melakukan vlogging mengenai aktivitas liburan ketika Anda menjelajah Malaysia, atau bisa saja tips menjadi pelajar sukses di negeri orang. Kerja part time yang satu ini bisa dimanfaatkan sekaligus mengasah kemampuan Anda berkomunikasi, menyampaikan pesan, dan melakukan editing video.

Pekerja Lepas di Berbagai Industri

Untitled design952 - 5 Pekerjaan Part Time untuk Mengisi Waktu Luang agar Produktif

Mulai dari industri yang berbentuk fisik hingga industri digital, kesempatan part time untuk Anda terbuka lebar. Yang diperlukan hanya satu, kegigihan dalam melakukan pencarian pekerjaan tersebut. Anda bisa mendapatkan pekerjaan lepas yang diupah setiap jam di kafe, di restoran, bahkan di fasilitas umum. Tidak perlu malu, toh Anda tidak melakukan perbuatan yang salah.

Banyak juga perusahaan yang membuka lowongan untuk pekerja lepas part time yang bisa menjadi jalan untuk masuk ke perusahaan tersebut ketika Anda lulus nantinya. Jika masih memerlukan opsi, Anda bisa mencari pekerjaan sebagai kurator iklan dan konten di situs online seperti Lionbridge atau Appen Global.

Mengikuti Event yang Diadakan di Area Anda

Berbagai event seringkali menjadi ladang yang ‘basah’ bagi para pemburu slot sebagai relawan atau volunteer. Event seperti ini memerlukan pekerja yang tidak sedikit untuk membantu mengorganisirnya, sehingga Anda bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk masuk dan turut serta mengelola acara yang diadakan.

Memang tidak bisa menjadi satu sumber pemasukan yang rutin, namun jumlah upahnya juga terbilang lumayan. Terhitung sebagai kerja part time atau paruh waktu, menjadi volunteer juga memberikan kesempatan mengikuti rangkaian acara dengan gratis dan mendapatkan banyak teman baru.

Part Time sebagai Admin Media Sosial

Untitled design954 - 5 Pekerjaan Part Time untuk Mengisi Waktu Luang agar Produktif

Menjadi admin di media sosial satu organisasi menjadi opsi yang menggiurkan untuk Anda yang benar-benar menggemari aktivitas di dunia media sosial. Anda bisa mencari pekerjaan ini dengan mengunjungi situs resmi dari satu organisasi. Tugasnya cukup sederhana, mengirimkan konten yang sudah disiapkan pada jadwal yang sudah ditentukan, dan memberikan tanggapan pada respon yang muncul dari publik.

Part time ini terbilang cukup menyenangkan karena memiliki waktu kerja yang sangat fleksibel. Artinya, Anda tak perlu bekerja dan mengurangi fokus Anda untuk menimba ilmu. Anda juga bisa membuat pengiriman konten secara terjadwal menggunakan berbagai aplikasi yang mudah sekali ditemukan.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Membuat CV Kerja Part Time atau Freelance 

Mencari pekerjaan part time bisa jadi satu kegiatan produktif yang baik untuk mengisi waktu luang Anda. Anggap saja, ketika Anda bekerja paruh waktu Anda mendapatkan banyak kesempatan untuk mengalami hal baru dan pengalaman yang baru juga. Sembari belajar, Anda masih mendapatkan sejumlah uang sebagai kompensasi atas pekerjaan yang dilakukan.

Setelah melihat beberapa opsi pekerjaan part time yang disebutkan di atas, apakah Anda sudah mulai tertarik? Jika nantinya Anda benar-benar mendapatkan pekerjaan di Malaysia secara full time, jangan lupa untuk membagi hasil jerih payah pada keluarga yang ada di Indonesia. Gunakan layanan Qelola untuk urusan ini, karena Qelola memberikan layanan pengiriman real-time, biaya administrasi yang rendah, serta pencairan yang cepat. Unduh aplikasinya di sini, dan manfaatkan waktu belajar di Malaysia seoptimal mungkin!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,