6 Destinasi Pantai di Malaysia yang Keindahannya Sangat Luar Biasa

pulau di malaysia

Berniat menjadikan Malaysia sebagai destinasi liburan Anda bersama keluarga atau sahabat? Mungkin yang pertama terlintas di benak Anda adalah berkunjung ke Kuala Lumpur, atau kota besar lainnya di Malaysia. Namun tahukah Anda, bahwa terdapat sederet pantai di Malaysia yang keindahannya luar biasa. Sebagian besar pulau-pulau yang ada di Malaysia ini populer untuk tujuan menyelam dan snorkelling karena airnya yang jernih, dan terumbu karang yang berwarna-warni. Pilihan pantai di Malaysia di bawah ini bisa Anda catat untuk rencana liburan Anda selanjutnya.

Baca Juga: Jangan Lewatkan Destinasi Wisata Kota Kinabalu Saat Singgah di Malaysia

1. Pantai di Pulau Langkawi

pulau di malaysia 1 - 6 Destinasi Pantai di Malaysia yang Keindahannya Sangat Luar Biasa

Langkawi merupakan kepulauan yang terdiri banyak pulau, dengan Pulau Langkawi sebagai pulau utamanya. Selain pasir dan lautnya yang luar biasa, pulau ini juga menawarkan mangrove, pegunungan, serta hutan rimba yang bisa Anda eksplorasi. Anda juga bisa mengunjungi Jembatan Langit Langkawi yang berada di puncak Gunung Mat Chinchang. Dimana gunung ini merupakan gunung kedua tertinggi di Langkawi. Berada di Jembatan Langit Langkawi, Anda bisa menikmati pemandangan pulau yang berbeda. Menariknya lagi, Langkawi bebas pajak lho!

2. Pantai di Pulau Besar

Pulau Besar ini berada cukup dekat Kota Mersing, Johor, Malaysia. Dahulu, Pulau Besar dikenal sebagai Pulau Babi. Nama Pulau Babi sendiri diambil karena terdapat banyak babi hutan liar di sana. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pulau ini, Anda bisa naik kapal dari Pelabuhan Mersing Jetty. Pulau ini merupakan tempat yang tepat untuk aktivitas air seperti kano, snorkelling dan scuba diving. Selain itu, Pulau ini juga menawarkan berbagai tempat menginap. Sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk bermalam di sana.

3. Pantai di Pulau Tioman

pulau di malaysia 2 - 6 Destinasi Pantai di Malaysia yang Keindahannya Sangat Luar Biasa

Pulau Tioman dianggap sebagai salah satu pulau yang paling indah di dunia. Bahkan Pulau Tioman ini pernah dijadikan sebagai latar belakang pembuatan film tahun 1958, “South Pacific”. Pulau Tioman masih mempertahankan keindahan alaminya, dan keragaman satwa liar yang ada. Karena Pulau Tioman dikelilingi oleh terumbu karang, maka pulau ini menjadi tempat terbaik untuk menyelam dan snorkelling. Sebagai wisatawan yang berkunjung ke sana, Anda juga dapat menikmati jungle tracking, berenang di bawah air terjun, mengunjungi peternakan penyu, serta melihat budaya lokal di desa tradisional.

4. Pantai di Pulau Tenggol

Jika Anda memang memiliki rencana untuk wisata alam di Malaysia, tentu saja Anda tidak boleh melewatkan untuk datang ke Pulau Tenggol. Pulau ini bisa Anda jangkau hanya sekitar 45 menit dari pesisir pantai Kuala Dungun di bagian selatan negeri Terengganu. Untuk pergi ke Pulau Tenggol ini, Anda bisa naik taksi ke Dungun. Dari Kuantan, Anda harus naik bus di Terminal Jalan Besar. Sementara jika Anda datang dari Kuala Terengganu, Anda bisa naik bus dari Stasiun Bus Pusat Syed Hussin. Namun jika Anda ingin menempuh jalur laut, Anda juga bisa pergi ke pelabuhan Dungun lalu naik kapal menuju Pulau Tenggol. Keindahan Pulau Tenggol ini merupakan kekayaan laut yang mengelilingi pulau ini. Saat snorkelling, bahkan Anda bisa saja bertemu dengan ikan hiu. Namun perlu diperhatikan, sebaiknya Anda berhati-hati saat snorkelling di sekitar pulau ini. Selain karena bisa bertemu dengan ikan hiu, Anda juga bisa merusak kekayaan ekosistem laut yang ada di sana jika tidak berhati-hati.

5. Pantai di Pulau Sipadan

pulau di malaysia 3 - 6 Destinasi Pantai di Malaysia yang Keindahannya Sangat Luar Biasa

Jika Anda lebih suka aktivitas diving, berarti Pulau Sipadan menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Pulau yang pernah disengketakan antara Indonesia dan Malaysia ini terletak tidak jauh dari pulau Kalimantan, tepatnya berada sebelah utara Pulau Tarakan, Kalimantan Timur, Indonesia. Pulau ini sangat terkenal di mata dunia, karena telah berhasil menjadi salah satu spot untuk menyelam terbaik yang ada di dunia. Karena lokasinya yang bersambungan dengan lautan Pasifik, maka ekosistem laut yang bisa Anda temukan di pulau ini sangat beragam. Berbagai satwa laut khas Samudera Pasifik bisa Anda temukan ketika sedang melakukan scuba diving, mulai dari kura-kura hijau, barracuda, terumbu karang yang indah, hingga ikan hiu.

6. Pantai di Pulau Gemia

Bagi Anda yang ingin menikmati liburan santai dan tenang, Anda bisa datang ke Pulau Gemia. Pulau Gemia ini merupakan sebuah pantai indah yang berlokasi di Terengganu, Malaysia. Keindahan Pulau Gemia sudah tidak diragukan lagi, bahkan dari kejauhan Anda bisa menikmati pesona laut lepas yang jernih. Aktivitas seru yang bisa dilakukan di sana adalah, Anda bisa naik kano atau berenang di Pulau Gemia yang airnya sangat jernih dan bersih. Kemudian ketika waktu memasuki matahari terbenam, Pulau Gemia ini bisa menjadi lebih indah. Dengan panorama yang kejinggaan, Anda bisa menyaksikan matahari perlahan redup dikarenakan kondisi langit yang tidak terlalu terkena polusi cahaya. Dengan teknik foto tertentu, bahkan Anda bisa berfoto dengan bintang-bintang yang ada di Pulau Gemia lho.

Itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata pantai di Malaysia yang bisa Anda kunjungi saat liburan ke negeri jiran Malaysia. Tentukan pilihan Anda mulai sekarang, agar Anda tidak bingung begitu sampai di Malaysia. Selain menentukan tujuan wisata mana saja yang hendak dikunjungi, Anda juga harus menyiapkan budget liburan dengan tepat. Jika tidak, bisa-bisa liburan Anda akan berujung pada pembengkakan pengeluaran. Atasi masalah tersebut dengan penggunaan dompet digital Qelola. Dengan mengunduh aplikasi Qelola dan terdaftar sebagai pengguna, Anda bisa menyimpan sebagian uang Anda dalam saldo Qelola. Dengan begitu, Anda tidak perlu membawa uang tunai yang berlebihan saat liburan di Malaysia. Aplikasi Qelola memiliki fitur yang lengkap dan sangat mudah digunakan. Mulai dari kirim uang antar negara, bayar tagihan listrik, PDAM, BPJS, hingga beli pulsa dan paket data internet bisa Anda lakukan kapan saja melalui ponsel. Coba aplikasinya sekarang ya!

Tags: , , ,