Inilah Sederet Aktivitas Seru di Chinatown Malaysia yang Bisa Dicoba!

chinatown malaysia

Chinatown, pusat jualan warga keturunan Tionghoa, di Kuala Lumpur lebih dikenal dengan nama Jalan Petaling atau Petaling Street. Banyak sekali pedagang yang menjajakan dagangannya di sepanjang Petaling Street dan biasanya akan ramai pengunjung pada malam hari. Anda bisa berburu segala macam barang etnik oriental dan oleh-oleh dengan harga yang cukup murah. Tempat ini jug menjadi pilihan tepat jika Anda ingin mencicipi berbagai masakan Chinese dengan rasa yang enak dan lezat. Selain berbelanja dan kulineran, ada beberapa hal seru yang bisa Anda lakukan di Chinatown Malaysia.

Mengunjungi Kuil Buddha dan Hindu yang Bersejarah

Untitled design 2020 07 11T175552.422 - Inilah Sederet Aktivitas Seru di Chinatown Malaysia yang Bisa Dicoba!

Sumber: tripadvisor.com

1. Chan See Shu Yuen Temple

Chan See Shu Yuen Temple merupakan salah satu kuil Buddha tertua dan terbesar di Malaysia sekaligus menjadi wisata warisan terbaik. Bangunan ini didirikan di antara tahun 1897 hingga 1906. Letak kuil ini berada persis di ujung selatan Jalan Petaling, Kuala Lumpur 50150. Kuil ini sangat menarik dengan desain dan ukiran-ukiran yang rumit dan terlihat sangat detail. Di dalam ruang utama kuil terdapat patung Dewa Chan dan patung tiga dewa utama termasuk Chong Wa dan Kaisar Dinasti Sung. Dengan arsitektur yang cantik dari Kuil Chan See Shu Yuen ini bisa menjadi alternatif liburan Anda yang murah meriah dan menyenangkan.

2. Sri Maha Mariamman

Tak jauh dari Jalan Petaling, terdapat Kuil India Selatan yang dinamakan Sri Maha Mariamman. Kuil ini tepat berada di Jalan Tun H.S.Lee dan hanya memerlukan beberapa menit perjalanan dari Jalan Petaling. Salah satu kuil Hindu paling indah di Malaysia ini dibangun pada tahun 1873. Unsur rekabentuk dan arca yang terdiri dari ukiran dewa-dewa Hindu, hiasan emas, batu permata, dan corak-corak yang dilukis tangan menghiasi kuil ini. Ditambah lagi dengan lantai dari Itali dan Spanyol. Terdapat pula sebuah kereta kuda bersalut perak yang seringkali digunakan sewaktu arak-arakan keagamaan untuk membawa arca dewa di jalan raya ibukota.

Di luar Kuil Sri Maha Mariamman juga terdapat gerai-gerai menjual kalungan bunga jasmin yang harum baunya. Di seberang jalan juga terdapat kedai-kedai obat herbal tradisional Cina dan air kopi.

“Surga” Wisata Belanja dan Oleh-Oleh Malaysia

oleh oleh malaysia 1 - Inilah Sederet Aktivitas Seru di Chinatown Malaysia yang Bisa Dicoba!

Perlu Anda ketahui, gantungan kunci Malaysia adalah salah satu souvenir Malaysia paling murah dan mudah untuk didapat. Pasalnya hanya dengan gantungan kunci berukuran kecil, Anda sudah bisa memberikan oleh-oleh kepada orang-orang terdekat. Pernak-pernik gantungan kunci, kaos, mug, dan magnet kulkas bertemakan landmark Malaysia, seperti Menara Kembar Petronas. Harga sebuah gantungan kunci juga sangat murah di kantong. Untuk mendapat bentuk dan warna gantungan atau pernak-pernik lainnya, bisa Anda dapatkan dengan mudah di area Chinatown Malaysia ini.

Selain berburu berbagai souvenir untuk oleh-oleh, di Petaling Street ini juga dijumpai banyak barang bermerek replika atau tiruan. Sepanjang jalan, para pedagang menawarkan berbagai jenis tas, arloji, kaos, pakaian, sepatu dan sebagainya dengan harga murah meriah. Pastikan juga Anda pandai tawar menawar harga saat berbelanja di sini.

Mencicipi Kuliner Citarasa Lokal Khas Oriental

food stall 1 - Inilah Sederet Aktivitas Seru di Chinatown Malaysia yang Bisa Dicoba!

Petaling Street adalah pilihan tepat buat para pecinta makanan dengan citarasa oriental China. Petaling memang kawasan Pecinan yang ramai pengunjung. Di sini Anda bisa menikmati kuliner sambil puas berbelanja. Anda akan menemukan banyak restoran kecil dan street food yang akan menggugah selera makan. Terdapat banyak makanan lokal yang dijual dengan harga terjangkau seperti apam balik, chestnut, dan dendeng daging. Terdapat pula beberapa rekomendasi Chinese food untuk Anda, antara lain wonton mee, claypot chicken rice, Hokkien mee, chee cheong fun, chilli pan mee, beef noodle, dan Portuguese grilled fish. Sedangkan jenis minuman yang bisa Anda coba di sini antara lain:

1. Air Mata Kucing 

Air Mata Kucing merupakan minuman yang bisa disajikan dalam keadaan dingin maupun panas. Anda akan menjumpai banyak pedagang di Petaling Street yang menjual minuman yang menyegarkan ini. Minuman ini terbuat dari cincau hitam yang dipadu dengan buah kelengkeng, lo han kuo, buah kundur, dan gula.

2. Minum Teh dan Kopi di Hawker Stalls

Para pecinta teh dan kopi sangat direkomendasikan untuk mengunjungi Hawker Stalls. Lokasi Hawker Stalls berada di Jalan Tun HS Lee dan Jalan Sultan, Chinatown, Kuala Lumpur. Hawker Stalls merupakan salah satu tempat makanan paling murah di Ibukota Malaysia dengan menu utamanya berbagai jenis minuman teh dan kopi. Beberapa jenis minuman favorit para pengunjung yaitu teh ais atau es teh susu, teh o atau teh tanpa susu, kopi tongkat ali ginseng, dan teh o ais atau es teh dengan sedikit susu.

Baca Juga : Habiskan Waktu di 10 Wisata Keluarga Terbaik Malaysia Berikut ini

Demikian ulasan mengenai berbagai hal seru yang bisa Anda lakukan selama singgah di Chinatown Malaysia atau sering dikenal dengan Jalan Petaling. Saat mempersiapkan segala keperluan berlibur ke luar negeri nantinya, jangan lupa persiapkan juga dompet digital di smartphone Anda, yaitu aplikasi Qelola. Aplikasi keuangan ini akan membantu mengelola keuangan selama di luar negeri serta menyelesaikan transaksi online berupa pembayaran tagihan dan kirim uang ke Indonesia. Aplikasi Qelola juga bisa Anda gunakan untuk bertransaksi antar sesama penggunaa Qelola saat berada di negeri jiran Malaysia. Unduh dan install aplikasi Qelola di smartphone sekarang juga! Dapatkan informasi selengkapnya di sini.

 

Tags: , , , , , , , , , , ,