Menarik! 5 Bisnis Sampingan Ini Bikin TKI di Luar Negeri Tambah Kaya

peluang usaha TKI

Walaupun gaji TKI di luar negeri terkenal besar, namun masih banyak juga yang melakukan bisnis sampingan sembari bekerja di mancanegara. Melihat banyaknya peluang usaha yang bisa dilakoni tanpa mengganggu pekerjaan utama ini tidak disia-siakan begitu saja oleh beberapa Pekerja Buruh Migran di luar negeri. Selain untuk tambah-tambah pemasukan, hasil dari bisnis sampingan bisa digunakan untuk keperluan lain. 

Seperti misalnya renovasi rumah, tabungan anak, dan persiapan menghadapi hari tua atau masa pensiun. Ada beberapa ide bisnis yang menarik dan mudah untuk dikerjakan sembari bekerja sebagai TKI di negeri orang. Anda tertarik juga untuk melakukannya? Intip beberapa ide kreatif bisnis sampingan TKI berikut ini.

Online Shop

top view online shopping concept 23 2148589767.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - Menarik! 5 Bisnis Sampingan Ini Bikin TKI di Luar Negeri Tambah Kaya

Bisnis sampingan yang cukup menguntungkan, mudah dilakukan dan banyak diminati oleh orang-orang adalah jual beli online. Apalagi di era digital seperti sekarang, segala sesuatu bisa dibeli secara daring tanpa harus repot pergi ke toko. Hanya bermodalkan akses internet, Anda bisa mengeruk keuntungan besar dengan menjual barang-barang lewat ponsel pintar.

Ditambah lagi, banyaknya marketplace yang muncul di pasaran bisa jadi perantara bagi Anda untuk mempromosikan berbagai barang yang Anda jual. Jika Anda tidak memiliki modal yang cukup besar untuk wholesale/belanja dalam jumlah banyak untuk dijual lagi, menjadi reseller bisa jadi solusinya. Cukup dengan memajang barang-barang yang dijual distributor di internet, usaha sampingan ini bisa berjalan. 

Jika malas untuk melakukan packing dan pengiriman barang secara langsung, Anda juga bisa sekalian menjadi dropshipper. Jadi pihak distributor atau tangan pertama yang akan mengurus semuanya, Anda hanya cukup fokus pada promosi dan menjual barang saja. 

Jasa Titip/Jastip

Bisnis sampingan berikutnya masih ada hubungannya dengan jual beli online. Apa ya kira-kira? Ya, jasa titip atau jastip kini jadi ide usaha sampingan yang cukup menarik untuk digeluti para TKI yang ada di luar negeri. Barang-barang yang bisa dijual melalui bisnis jastip ini biasanya hanya bisa ditemukan di negara tempat mereka bekerja. Walaupun biaya pengiriman paket dari luar negeri ke tanah air tidak murah namun peminatnya cukup banyak juga lho!

Bisnis jastip juga bisa dilakukan saat Anda memperoleh izin cuti atau pulang ke tanah air. Berbagai pesanan yang Anda dapatkan sebelum pulang ke tanah air bisa Anda bawa saat hari kepulangan tiba. Namun ada beberapa hal yang harus Anda ketahui ketika melakukan usaha ini. Pastikan Anda menjual barang-barang yang sesuai dengan peraturan bea cukai. Apabila ditemukan bentuk pelanggaran, bersiaplah untuk menerima denda atau barang bawaan Anda akan disita pihak bea cukai.

Baca Juga: Intip Gurihnya Peluang Usaha Jastip Coklat Malaysia untuk TKI

Jasa Pengiriman Paket

woman hand accepting delivery boxes from deliveryman 41350 152.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - Menarik! 5 Bisnis Sampingan Ini Bikin TKI di Luar Negeri Tambah Kaya

Usaha sampingan untuk TKI berikutnya lagi-lagi masih berhubungan dengan jual beli online. Belanja online sangat berkaitan erat dengan jasa ekspedisi. Pesatnya minat orang akan jual beli online membuat bisnis pengiriman barang juga jadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. 

Nah, Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk membuka jasa pengiriman barang ke tanah air. Pertama-tama, Anda bisa tawarkan layanan penjemputan paket bagi sesama TKI atau warga Indonesia yang tinggal di luar negeri. Tentukan tarif sesuai dengan standar yang ada di sana berdasarkan berat paket dan jarak yang harus ditempuh untuk penjemputan barang.

Jual Makanan Khas Indonesia

Menjual makanan khas Indonesia di luar negeri juga bisa jadi ide brilian dalam menjalankan bisnis sampingan selama berada di perantauan. Kuliner Indonesia memiliki citarasa yang unik dan beragam yang tentunya akan menarik minat calon pembeli di luar sana. Tempe adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sangat digandrungi oleh orang luar negeri. 

Anda bisa coba untuk memasarkan tempe di luar negeri dengan menitipkannya di gerai-gerai yang mau bekerjasama. Bisa juga membuat cemilan dari olahan tempe seperti keripik dan dikemas sedemikian rupa agar semakin menarik minat pembeli. Selain berjualan Anda pun ikut andil bagian dalam memperkenalkan kuliner nusantara ke kancah internasional.

Jual Beli Pulsa dan Kuota Internet

gilr holding mobile phone 144627 10397.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - Menarik! 5 Bisnis Sampingan Ini Bikin TKI di Luar Negeri Tambah Kaya

Kuota internet saat ini sudah jadi kebutuhan pokok para kaum milenial. Kemajuan zaman membuat segalanya bisa dilakukan dengan bantuan internet. Jika Anda jeli, hal ini bisa jadi bisnis sampingan yang cukup simpel dan tidak menyita waktu kerja Anda. Modalnya pun cukup dengan perangkat gadget yang ada di genggaman Anda. 

Walaupun peluang usaha ini hanya menghasilkan untung recehan, Anda tetap bisa mendapatkan hasil yang berlipat ganda. Setiap hari pasti akan ada orang yang membeli pulsa maupun kuota internet. Jika Anda cukup telaten dan bersabar, bisnis ini akan membawa keuntungan besar yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. 

Untuk memudahkan transaksi jual beli pulsa dan kuota internet Anda, pakailah aplikasi Qelola. Aplikasi Qelola menyediakan fitur pembelian pulsa dan kuota internet dengan nominal yang beragam. Untuk bisa menikmati layanannya, unduh dahulu aplikasi Qelola pada Playstore. Lakukan pendaftaran dan top up saldo kemudian Anda sudah bisa melakukan jual beli pulsa dari mana saja dan kapan saja. 

Tags: , ,