Ingin Sehat Finansial? Pahami 5 Cara Menabung dari Gaji yang Kecil

cara menabung dari gaji yang kecil

Mendapatkan gaji yang kecil setiap bulannya, bukan berarti menjadi alasan bagi Anda untuk tidak bisa menabung. Karena meskipun gaji Anda kecil, Anda tetap masih bisa menabung, hanya saja Anda memerlukan tips atau cara yang tepat. Anda perlu memahami bagaimana cara menabung dari gaji yang kecil, agar kondisi finansial Anda lebih tetap sehat. Berikut ini adalah tips cara menabung dari gaji yang kecil yang bisa Anda ikuti. Langsung simak, ya!

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil [4 Poin]

1. Menetapkan Target Pribadi

cara menabung dari gaji yang kecil 1 - Ingin Sehat Finansial? Pahami 5 Cara Menabung dari Gaji yang Kecil

Anda bisa memulai untuk menyusun target pribadi untuk mengatur keuangan secara lebih cermat. Tetapkan berapa nominal uang yang ingin Anda tabung, kemudian pisahkan dengan uang yang akan Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari selama satu bulan. Dengan cara ini, Anda akan lebih mudah untuk menabung karena Anda telah merencanakan jumlah nominal yang akan Anda sisihkan dari total penghasilan yang Anda terima setiap bulannya. Misalnya, Anda bisa mulai dari jumlah yang kecil terlebih dahulu seperti Rp50.000. Jika Anda berhasil menghemat uang sebanyak Rp50.000 dalam satu bulan, maka Anda bisa meningkatkan jumlah uang yang ingin Anda tabung menjadi Rp100.000 per bulannya, dan begitulah seterusnya hingga Anda mengetahui nominal mana yang paling tepat untuk Anda tabung.

2. Menabung Setiap Hari

cara menabung dari gaji yang kecil 2 - Ingin Sehat Finansial? Pahami 5 Cara Menabung dari Gaji yang Kecil

Cara menabung dari gaji yang kecil berikutnya adalah dengan menabung setiap hari. Caranya, Anda harus menghemat pengeluaran Anda setiap harinya. Sebagai contoh, jika setiap hari biasanya Anda menghabiskan uang sebanyak Rp50.000, maka Anda bisa memangkas pengeluaran harian tersebut menjadi hanya sebesar Rp40.000. Maka, dengan begitu saja Anda sudah bisa menghemat sebanyak Rp10.000 ribu setiap harinya. Kemudian sisihkan uang Rp10.000 tersebut untuk ditabung, dan tunggu hingga satu bulan penuh. Jika tidak ada halangan, maka Anda akan bisa mengumpulkan uang sebanyak Rp300.000 selama satu bulan. Jika Anda konsisten dan terus melakukan penghematan tersebut setiap bulannya, maka kemungkinan jumlah tabungan Anda sudah bisa mencapai Rp900.000 dalam waktu 3 bulan saja. Anda tertarik untuk mencobanya?

3. Memiliki Rekening yang Berbeda

Jika kedua cara menabung dari gaji yang kecil di atas masih belum berhasil, maka Anda mungkin bisa mencoba cara yang berikut ini, yaitu membuat dua rekening bank. Memiliki dua rekening bank bisa membantu Anda untuk membatasi pengeluaran harian, dan pengeluaran bulanan agar menjadi lebih teratur. Pertama, Anda perlu memisahkan antara uang yang ingin Anda tabung dengan uang yang akan Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama satu bulan di dua rekening yang berbeda. Untuk menyimpan uang yang ingin Anda tabung, pilihlah rekening yang memiliki potongan kecil atau bahkan yang tidak ada potongan sama sekali, dan jangan buatkan kartu ATM. Hal ini bertujuan agar Anda tidak bisa dengan mudah menarik uang yang telah Anda tabungkan.

Di lain sisi, Anda bisa menyimpan sejumlah uang yang telah Anda tetapkan untuk kebutuhan sehari-hari pada rekening yang berbeda. Hal tersebut akan membuat Anda terdorong untuk memanfaatkan sejumlah uang yang ada pada rekening tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama satu bulan, baik cukup ataupun tidak. Meskipun sedikit memaksa, tetapi cara ini memang lebih efisien untuk membatasi pengeluaran Anda yang berlebihan.

4. Menyiapkan Dana Darurat

Sebaiknya Anda langsung menyiapkan dana darurat di awal bulan dibandingkan akhir bulan. Mengapa demikian? Ternyata, menyiapkan dana darurat di awal bulan dapat memudahkan Anda untuk mengatur keuangan secara keseluruhan. Itu karena pada awal bulan, gaji Anda masih utuh dan belum banyak terpakai, sehingga Anda bisa mengatur keuangan secara lebih leluasa. Menyiapkan dana darurat di awal bulan juga memungkinkan Anda untuk dapat mengatur budget bulanan dengan baik, tanpa harus mengganggu atau mengurangi tabungan yang telah Anda simpan.

5. Menghindari Kartu Kredit

cara menabung dari gaji yang kecil 5 - Ingin Sehat Finansial? Pahami 5 Cara Menabung dari Gaji yang Kecil

Ternyata bukan hanya kartu ATM saja, namun penggunaan kartu kredit juga perlu Anda hindari. Jika Anda menggunakan kartu kredit, hal itu justru bisa membuat Anda semakin boros, karena Anda akan lebih mudah tergoda untuk membelanjakan uang untuk barang yang Anda inginkan. Padahal, barang-barang tersebut belum tentu merupakan barang yang penting.

Sebenarnya terdapat banyak cara menabung dari gaji yang kecil yang bisa Anda coba. Beberapa tips di atas bisa Anda ikuti, sehingga dapat membantu Anda mewujudkan kondisi finansial yang sehat. Untuk membantu memudahkan Anda dalam mengatur pengeluaran setiap bulan, sebaiknya manfaatkan aplikasi untuk membayar setiap tagihan. Mulai dari bayar tagihan PDAM, listrik, BPJS, dan lainnya. Ada banyak aplikasi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda menginginkan aplikasi yang memungkinkan Anda bayar tagihan sekaligus bisa diandalkan untuk transfer uang, Anda harus pakai Qelola. Qelola ini bisa digunakan untuk transfer uang dari Malaysia ke Indonesia dengan biaya administrasi yang sangat murah. Selain itu, setiap transaksi yang Anda lakukan juga akan diproses secara cepat. Coba unduh aplikasinya di sini, dan segera lakukan pendaftaran akun.

Tags: , , , , , , ,