Inilah Daftar 6 Universitas Terbaik di Malaysia

universitas terbaik di malaysia

Melanjutkan pendidikan di luar negeri merupakan mimpi bagi sebagian besar pelajar Indonesia. Salah satu negara yang banyak menjadi incaran para pelajar untuk melanjutkan pendidikan adalah Malaysia. Selain jarak yang dekat dengan Indonesia dan biaya pendidikan yang terjangkau, faktor lain yang menjadikan Malaysia ideal untuk melanjutkan pendidikan adalah tingkat kualitas pendidikannya yang terus berkembang pesat. Hal tersebut terbukti dari banyaknya universitas di Malaysia yang masuk dalam daftar universitas terbaik dunia.

Berdasarkan laporan dari Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings, setidaknya ada 6 universitas terbaik di Malaysia yang masuk dalam peringkat universitas terbaik dunia. Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja universitas tersebut, langsung simak rangkumannya berikut ini.

1.  Universiti Malaya

rsz 5 - Inilah Daftar 6 Universitas Terbaik di Malaysia

Sumber: www.clinicalresearch.my

Universiti Malaya merupakan salah satu universitas terbaik di Malaysia yang secara konsisten selalu masuk dalam peringkat universitas terbaik di dunia. Sampai saat ini, Universitas Malaya menempati peringkat 70 universitas terbaik dunia. Universitas ini berlokasi di pinggir Kota Kuala Lumpur, tepatnya di Jalan Universiti, 50603 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia. Universiti Malaya menjadi universitas tertua di Malaysia yang sudah ada sejak tahun 1905.

Jurusan paling unggul di universitas ini adalah jurusan kedokteran. Namun, ada juga jurusan yang berkaitan dengan ilmu ekonomi, hukum, dan akuntansi yang tentunya tidak kalah populer. Universiti Malaya telah bekerja sama dengan beberapa universitas internasional yang ada di Australia, Perancis, Jepang, dan Inggris.

2.  Universiti Putra Malaysia (UPM)

Universitas yang berlokasi di Selangor ini menempati peringkat 159 universitas terbaik dunia. Universiti Putra Malaysia (UPM) mulanya didirikan pada 1931 sebagai sekolah pertanian. Perkembangan pendidikan yang pesat membuatnya berkembang menjadi sebuah universitas pada 1971.

Saat ini, UPM tidak hanya berfokus pada ilmu pertanian, universitas ini telah memperluas program studinya ke berbagai disiplin ilmu seperti teknik, kedokteran, sains murni, ekonomi, dan manajemen. Secara lengkap, UPM menawarkan program sarjana dan pascasarjana dengan 17 fakultas yang mereka miliki. Sementara untuk program riset ditawarkan melalui 9 institusi riset. Universitas dengan jumlah mahasiswa kurang lebih 21.302 orang ini juga memiliki kampus cabang di Kota Serdang dengan luas 700 hektar.

3.  Universiti Kebangsaan Malaysia

Untitled design 35 - Inilah Daftar 6 Universitas Terbaik di Malaysia

Universitas terbaik di Malaysia berikutnya adalah Universiti Kebangsaan Malaysia. Universitas ini menempati peringkat 160 universitas terbaik dunia. Universiti Kebangsaan Malaysia berlokasi di Jalan Reko, Bangi, Selangor, Kuala Lumpur, Malaysia. Universitas ini menyajikan pemandangan kampus yang hijau dan asri karena berada di perbukitan. Sejak tahun 2010, universitas yang memiliki 8 fakultas ini telah menjalin kerja sama dengan Oxford University Inggris dalam hal staf perbantuan tenaga pelajar dan kurikulum.

4.  Universiti Sains Malaysia (USM)

Universiti Sains Malaysia (USM) adalah universitas tertua kedua di Malaysia, yakni telah berdiri sejak 1969. Universitas yang terletak di Pulau Pinang ini dikenal unggul dalam ilmu sains. Tak heran, banyak pelajar yang berminat pada sains begitu mengincar universitas ini. Walaupun unggul di bidang sains, jurusan lain yang ditawarkan universitas ini seperti jurusan kedokteran, arsitektur, sosial humaniora, dan pendidikan juga memiliki kualitas yang tak kalah bagus. USM menempati peringkat 165 universitas terbaik dunia. Pemerintah bahkan memberikan pendanaan ekstra untuk membantu USM meningkatkan statusnya menjadi institusi pendidikan kelas dunia.

5.  Universiti Teknologi Malaysia (UTM)

rsz main gate utm - Inilah Daftar 6 Universitas Terbaik di Malaysia

Sumber: www.media.glassdoor.com

Universiti Teknologi Malaysia (UTM) memiliki banyak penghargaan internasional di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Universitas ini terbagi menjadi dua lokasi yaitu di Johor Bahru dan Kuala Lumpur. Dilihat dari penghargaannya, UTM merupakan salah satu universitas terbaik di Malaysia yang fokus pada bidang riset. Jadi, bagi Anda yang ingin mengambil fokus kuliah di penelitian, universitas ini bisa jadi pilihan utama Anda. Dilihat dari peringkat universitas dunia, Universiti Teknologi Malaysia peringkatnya ada di urutan 217.

6.  UCSI University

Universitas yang menempati peringkat 442 universitas terbaik dunia ini memiliki cabang di beberapa wilayah Malaysia seperti di Kuala Lumpur, Terengganu, dan Serawak. Kampus utamanya berada di Kuala Lumpur. UCSI University terkenal dengan jurusan bisnisnya. Jurusan kuliah bisnis di universitas ini menerapkan teknik Blue Ocean Strategy, sebuah cara kreatif dan sistematis dalam mewujudkan nilai tinggi dalam dunia bisnis. Selain bisnis, jurusan lain seperti farmasi, kedokteran, arsitektur, psikologi, dan ilmu komputer di UCSI University juga tak kalah populer.

UCSI banyak bekerja sama dengan universitas elit di wilayah Amerika Timur Laut seperti Brown University, Columbia University, Cornell University, Dartmouth College, Harvard University, University of Pennsylvania, Princeton University, dan Yale University. Selain itu, UCSI University juga bekerja sama dengan Group of 8, sebuah kumpulan universitas-universitas unggulan yang ada di Australia. Dengan pencapaian kerja sama seperti itu, tak heran UCSI menjadi universitas terbaik di Malaysia

Baca Juga: Wajib Tahu! Inilah Informasi Seputar Universitas di Malaysia

Itulah rangkuman daftar universitas terbaik yang ada di Malaysia. Daftar universitas di atas bisa menjadi referensi dalam menentukan tempat kuliah di Malaysia. Saat berhasil mewujudkan impian kuliah di Malaysia, jangan lupa untuk selalu disiplin dalam mengelola keuangan. Bagaimanapun, topik pendidikan selalu berkaitan dengan bahasan mengenai pengelolaan keuangan bukan?

Untuk mempermudah pengelolaan keuangan, Anda bisa menggunakan layanan keuangan Qelola sebagai solusinya. Dengan berbagai fitur menarik, transaksi dan pengelolaan keuangan Anda selama menempuh pendidikan di Malaysia akan berjalan semakin mudah. Melalui Qelola, transaksi pengiriman dan penerimaan uang dari Malaysia ke Indonesia dapat dilakukan secara cepat dengan biaya terjangkau. Segera unduh aplikasi Qelola dan nikmati manfaat dari berbagai fiturnya sekarang juga!

Tags: , , , , , , , , , , ,