Wajib Tahu! ini Tips Mudah Menguasai Bahasa Malaysia

tips mudah menguasai bahasa malaysia

Manusia dilahirkan dengan insting berbahasa. Otak kita secara alami terikat pada bahasa. Otak memiliki kemampuan untuk memproses informasi rumit dari suara, gerakan, dan konteks. Dan kapasitas bahasa ini akan meluas sepanjang hidup. Artinya, Anda dapat belajar bahasa apapun, kapanpun termasuk bahasa Malaysia. Terutama jika Anda mengetahui tips mudah menguasai bahasa Malaysia.

Bahasa Malaysia disebut juga dengan Bahasa Melayu. Bahasa ini memiliki pelafalan yang kurang lebih sama dengan Bahasa Indonesia. Kalaupun berbeda hanya sedikit saja. Tapi beberapa kosakatanya kadang membuat kamu gagal paham. Banyak kata serapan yang masuk dalam bahasa ini. Tidak heran jika kosakata ini akan memberikan kesulitan sendiri.

Ketika Anda mempelajari bahasa Malaysia, ada beberapa peraturan yang harus diperhatikan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Pertama adalah banyaknya kosakata yang diserap dari bahasa Inggris ketika digunakan dalam percakapan. Penulisannya juga sama, hanya saja kosakata tersebut langsung diterapkan dalam sebuah kalimat. Contohnya adalah kata best, confident, dan nervous.
  • Kedua adalah kosakata yang diserap dalam Bahasa Inggris dirubah penulisannya. Contohnya adalah mesej, colej, universiti dan lain-lain.
  • Ketiga adalah memiliki penulisan dan pelafalan sama, tapi maknanya berbeda dengan yang ditemukan di bahasa Indonesia. Contohnya adalah kemalangan berarti kecelakaan (melayu) dan tertimpa nasib sial (Indonesia).

Baca Juga: Kuasai Bahasa Malaysia Sehari-hari Sebagai Bekal Selama Kuliah di Sana

Tips Mudah Menguasai Bahasa Malaysia

Belajar lebih dari satu bahasa di satu waktu membutuhkan perencanaan yang matang dan strategi jitu. Tidak seperti ilmu eksak, tidak ada metode universal dalam mempelajari sebuah bahasa. Di bawah ini kami berikan tips dan trik yang dapat memudahkan Anda belajar Malaysia.

Pelajari Kosakata yang Tepat dengan Cara yang Benar

pexels photo 4049987 - Wajib Tahu! ini Tips Mudah Menguasai Bahasa Malaysia

Kosakata merupakan rintangan yang paling umum dalam mempelajari sebuah bahasa (bahasa Indonesia sekalipun), dan yang paling sering membuat orang menyerah bahkan sebelum benar-benar memulai.

Tips mudah menguasai bahasa Malaysia maupun bahasa asing lainnya adalah mendekatkan diri dengan kata-kata yang familiar dan sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Cari tahu kosakata dan frase apa saja yang paling umum digunakan oleh masyarakatnya saat berbicara — pindahkan ke dalam catatan bikinan Anda sendiri atau gunakan aplikasi.

Hal ini akan memungkinkan Anda untuk dapat menerjemahkan bahasa asing baris demi baris dan dengan mudah menguraikan bagaimana kalimat dan tata bahasa sebuah bahasa dibangun. Anda juga dapat merujuk pada versi bahasa Indonesianya saat Anda ingin memeriksa ulang pemahaman Anda dari waktu ke waktu.

Pentingnya Variasi

pexels photo 1031588 - Wajib Tahu! ini Tips Mudah Menguasai Bahasa Malaysia

Memiliki beragam kegiatan belajar sangat penting untuk menghindari kebosanan. Meski pengulangan adalah inti dari proses pembelajaran, namun metode yang terlalu mekanis dapat membosankan Anda. Ada tiga jenis variasi yang bisa Anda gunakan sebagai tips mudah menguasai bahasa Malaysia:

  • Variasi materi : Keberagaman materi pembelajaran dapat membuat Anda terus terpacu. Pada awalnya, Anda bisa menggunakan satu jenis materi — buku teori, misalnya — dan kemudian dengan cepat beralih ke metode lain, seperti games bahasa interaktif. Bahkan film kartun berbahasa Indonesia seperti Upin dan Ipin bisa jadi sumber media belajar Anda.
  • Variasi kegiatan : Membaca dan mendengarkan adalah dua kegiatan yang sangat bermanfaat untuk dapat menguasai bahasa, tetapi dua metode ini bukan satu-satunya. Semakin bervariasi cara pendekatan Anda terhadap bahasa — seperti melatih percakapan dengan teman, pelatih, atau orang pribumi yang menggunakan bahasa tersebut, atau menggunakan gambar — semakin baik. Sangat penting untuk terlibat dalam aktivitas yang bertujuan untuk mengasah bahasa dalam otak, sekaligus menjaga Anda tetap termotivasi.
  • Variasi posisi : Mungkin Anda akan sedikit terkejut saat mengetahui bahwa posisi tubuh dan bagaimana kita bergerak memainkan peran penting dalam pembelajaran. Dengan kata lain, posisi tubuh memiliki dampak pada konsentrasi, yang juga berpengaruh pada kemampuan Anda menyimpan informasi Anda. Jadi, jangan cuma duduk diam! Coba untuk dengarkan podcast bahasa Malaysia saat Anda jogging sore atau membaca bacaan berbahasa Malaysia sambil tiduran.

Cari Keterkaitan Satu Sama Lain

Saat belajar bahasa asing, sebenarnya Anda sudah mengetahui beberapa kata dasar tanpa sadar. Misalnya, kata “anak”, “sakit”, atau “mahal” dalam bahasa Indonesia, memiliki arti yang sama di bahasa Malaysia dan bahasa Tagalog yang digunakan di Filipina. Dengan banyaknya Anda menemukan keterkaitan bahasa, makin ringkas metode belajar Anda. Hal ini bisa menjadi tips mudah menguasai bahasa Malaysia Anda.

Jaga Kualitas dan Kuantitas Belajar

Belajar bahasa pasti banyak halang rintangannya, dan banyak aspek bahasa yang dapat menyiutkan nyali seseorang. Jadi, terutama di awal pembelajaran, penting untuk menomorsatukan kualitas dalam rangka membangun fondasi yang kuat, dimana untuk kemudiannya kita dapat memperluas pengetahuan kita dalam suatu bahasa. Penting untuk fokus pada porsi-porsi kecil materi dan mempelajarinya secara menyeluruh dari awal sampai Anda benar-benar paham.

Berikut adalah beberapa aturan praktis yang bisa Anda jadikan pedoman:

  • Pahami teks-teks atau unit bahasa Malaysia pendek dan superfisial terlebih dulu. Teks panjang atau dialog dapat menyebabkan Anda mudah terdistraksi.
  • Belajar 1-3 kali sehari, secara berkala dalam pembagian waktu yang adil (misalnya, setiap 4 jam).
  • Persenjatai diri Anda dengan berbagai keterampilan. Misalnya, saat mempelajari unit tata bahasa “simple tense”, pelajari dari perspektif yang berbeda (baca, bicara, dengarkan).
  • Jadwalkan periode belajar Anda dengan efektif. Hindari belajar di waktu-waktu yang riskan untuk Anda terdistraksi — jika Anda mudah mengantuk di sore hari dan lebih mudah untuk terinspirasi di tengah malam, mengapa tidak tukar jadwal Anda sesekali?
  • Fokuskan waktu belajar. Tiga puluh menit dari periode belajar intensif satu bahasa sama saja 10 kali lipat lebih efektif dari “multitasking” dua jam untuk dua bahasa sekaligus (atau mengerjakan suatu unit bahasa yang Anda pikir membosankan atau terlalu sulit).

Komitmen dan Konsisten

Belajar bahasa Malaysia merupakan sebuah proses yang berkelanjutan. Penting untuk melakukan sesuatu yang benar di waktu yang tepat, dan pastikan bahwa hal tersebut sesuai untuk Anda. Adaptasikan cara belajar sesuai dengan level bahasa Anda saat ini. Beberapa hal mungkin terbilang sulit untuk dipahami di awal, dan tidak begitu efektif untuk dilakukan, namun akan semakin mudah seiring dengan waktu.

Demikianlah tips mudah menguasai bahasa Malaysia yang bisa Anda aplikasikan sebagai persiapan sebelum tinggal di sana.

Jika Anda sudah tinggal di Malaysia dan bekerja, maka jangan lupa untuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk keluarga di Indonesia. Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola, untuk membantu masalah pengiriman tersebut. Qelola adalah aplikasi remiten dari Malaysia ke Indonesia dengan biaya transfer termurah. Segera download apalikasi Qelola sekarang juga.

 

Tags: , , , , , ,