Besarnya Peluang Kerja TKI Sektor Formal dan Domestik di Luar Negeri

Untitled design 2020 07 03T121118.397 - Besarnya Peluang Kerja TKI Sektor Formal dan Domestik di Luar Negeri

Memiliki pengalaman kerja di luar negeri akan memberikan nilai tambah pada resume Anda. Kerja di luar negeri tidak dapat dipungkiri mampu mengasah keterampilan-keterampilan penting dalam berkarir seperti adaptasi diri pada lingkungan yang berbeda, penggunaan bahasa asing, kepercayaan diri serta kesempatan untuk perluas jejaring dan relasi dari seluruh dunia. Peluang kerja di luar negeri sangatlah terbuka lebar baik dalam sektor formal maupun sektor domestik. Yuk, ketahui berbagai peluang kerja di luar negeri sebagai gerbang awal meraih karir dan kesejahteraan hidup yang lebih baik. Check this out!

TKI Sektor Formal

analyzing statistical data with colleagues 1098 17760.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.828127243 - Besarnya Peluang Kerja TKI Sektor Formal dan Domestik di Luar Negeri

TKI formal adalah orang-orang yang bekerja di luar negeri pada berbagai perusahaan atau organisasi yang berbadan hukum, memiliki surat perjanjian dan kontrak kerja yang kuat, dan dilindungi secara hukum di negara penempatan. Tenaga Kerja Indonesia atau sering dikenal dengan Pekerja Migran Indonesia yang bekerja pada sektor formal di luar negeri cukup banyak. Dengan bermodalkan keahlian khusus (hardskill and softskill), para pekerja migran dari Indonesia ini terbukti mampu bersaing dengan pekerja migran dari negara lainnya. Berikut ini adalah beberapa peluang kerja pada sektor formal di luar negeri yang perlu Anda ketahui.

1. Information Technology (IT) – Software

Sebagai negara berkembang, Malaysia membuka lebar peluang dan kesempatan kerja di bidang teknologi informasi. Tidak sedikit perusahaan di Malaysia yang mencari kandidat dengan latar belakang dan kualifikasi IT mumpuni. Gaji minimum per bulan yang diterima terbilang cukup tinggi, yaitu RM2452 atau sekitar Rp9.073.700.

2. Actuarial Science

Apakah Anda menyukai angka dan tertarik ingin mempelajari segala hal tentang investasi? Nah, Malaysia menjadi salah satu jawaban dan tempat yang tepat untuk belajar tentang Actuarial Science. Menurut sebuah laporan, Malaysia mengeluarkan jutaan ringgit setiap tahunnya untuk menghasilkan produk-produk finansial, seperti asuransi, pensiun, dan hipotek. Gaji minimum per bulan yang diterima sebesar RM2475 atau sekitar Rp9.158.000.

3. Geofisika

Saat ini Malaysia memerlukan banyak ahli geofisika untuk industri yang berhubungan dengan tanah dan masalah polusi yang terus memburuk. Jurusan ini cocok bagi Anda pecinta lingkungan dan menginginkan bayaran yang tinggi. Gaji minimum per bulan terbilang mapan, sekitar RM2600 atau Rp9.621.300.

4. Aviasi atau Penerbangan

Pekerjaan di bidang aviasi atau penerbangan tidak hanya menjadi pilot saja. Jenis pekerjaan lainnya di bidang aviasi, seperti mencarter pesawat, komuter atau penerbangan perusahaan atau pribadi, dan bisnis lainnya yang berhubungan dengan aviasi. Berbagai program aviasi ditawarkan di beberapa perguruan tinggi Malaysia. Antara lain Universiti Kuala Lumpur (UniKL), Erican College, Open University Malaysia (OUM), HM Aerospace, Reliance College, dan Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Gaji minimum untuk bidang penerbangan setiap bulan adalah RM2533 atau sekitar Rp9.373.400.

TKI Informal Sektor Domestik (Domestic Worker)

Untitled design 18 - Besarnya Peluang Kerja TKI Sektor Formal dan Domestik di Luar Negeri

TKI yang hendak bekerja di luar negeri memang harus memiliki fokus kerja yang lebih spesifik dan terukur sesuai dengan jabatan kerja yang diduduki. Pekerja sektor domestik harus memiliki posisi yang jelas dan diakui oleh negara penempatan yang bersangkutan. Negara-negara penempatan harus mengakui TKI sebagai pekerja dengan jabatan dan profesi tertentu yang memiliki hak-hak normatif. Hak normatif diantaranya hak jam kerja, hak libur, hak pendapatan atau gaji sesuai standar minimum upah, asuransi, dan jaminan sosial seperti pekerja sektor formal (skilled worker).

1. Penata Laksana Rumah Tangga (Housekeeper)

Pekerjaan untuk mengurus rumah tangga di luar negeri diakui paling banyak dicari di agen penyalur tenaga kerja. Tak terhitung jumlah TKI yang bekerja sebagai Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) di luar negeri, salah satunya karena faktor peluang kerja dan gaji yang lebih besar. Adapun tugas dari seorang PLRT di luar negeri seperti umumnya tugas Asisten Rumah Tangga, antara lain:

  1. Membersihkan ruangan rumah
  2. Membersihkan ruang dapur dan kamar mandi
  3. Membersihkan dan merapikan kamar tidur
  4. Membersihkan dan merawat peralatan, perabotan, dan aksesoris rumah tangga
  5. Mencuci dan menyetrika pakaian

2. Babysitter (Pengasuh Bayi)

Peluang kerja menjadi baby sitter atau pengasuh anak di luar negeri kini sangat terbuka luas. Minimnya lowongan pekerjaan ini di Indonesia nampaknya menjadi salah satu penyebab mengapa calon tenaga kerja wanita memilih untuk bekerja di luar negeri. Penawaran pekerjaan sebagai pengasuh bayi dimanfaatkan oleh sejumlah agen penyalur TKI untuk menciptakan tenaga kerja baby sitter yang baik dan profesional dalam bekerja.

3. Supir Pribadi

Supir menjadi pekerjaan informal pilihan bagi para WNI di luar negeri dengan cukup bermodalkan kemampuan mengemudi yang baik. Banyak WNI yang memilih menjadi supir pribadi yang tidak terlalu terikat kontrak namun tetap profesional. Sebagian orang mungkin menganggap pekerjaan ini sebelah mata. Jangan sangka, bagi sebagian orang pekerjaan menjadi supir di mana pun menjadi pekerjaan yang mulia. Pekerjaan supir juga memerlukan keahlian mengemudi dengan mengutamakan keselamatan di jalan. Jam kerja yang pasti dengan fasilitas lengkap menjadi daya tarik para calon supir. Gaji seorang supir bukan main-main, lho! 

Baca Juga: Strategi Pemasaran Bisnis Rumahan untuk Sampingan TKI, Ini Tipsnya!

Pahami betul berbagai peluang kerja di luar negeri pada sektor formal dan domestik, termasuk segala persyaratan dan tugasnya. Alangkah baiknya sebelum memutuskan bekerja di luar negeri, para calon TKI harus melakukan banyak pertimbangan dan mencari informasi dari berbagai sumber tentang kondisi pekerjaan. Hal yang tak kalah penting, berdiskusilah dengan teman dan keluarga untuk mematangkan pilihan bekerja dan kelangsungan hidup selama di luar negeri. Tentu jika seorang TKI telah berhasil mencukupi kebutuhan hidupnya dengan sangat layak, terkadang mereka bisa mengirimkan uang atau membayarkan kebutuhan dari Malaysia. Tidak perlu bingung lagi, selama kerja di Malaysia, Anda bisa kirim uang ke Indonesia dan membayarkan tagihan listrik, air, pajak motor, pendidikan keluarga di rumah dengan menggunakan aplikasi Qelola. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran, pengaktifan akun, dan top up saldo Qelola untuk mengirimkan uang dan melakukan pembayaran tagihan. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , , ,