Cara Booking Tiket Mudah Bagi Anda yang Baru Pertama Naik Pesawat

booking tiket pesawat

Perjalanan menggunakan pesawat terbang merupakan hal yang sangat mungkin bagi setiap orang dari berbagai kalangan. Dengan moda transportasi jalur udara ini, Anda dapat bepergian ke wilayah-wilayah yang jauh dan butuh waktu lama untuk sampai, misal ke luar negeri, dengan lebih cepat. Tidak hanya itu, pesawat terbang juga memiliki fasilitas yang membuat perjalanan menjadi lebih nyaman. Meskipun begitu, mungkin beberapa dari Anda yang belum pernah naik pesawat merasa kesulitan ketika harus booking tiket, baik secara offline maupun secara online. Jika dilihat dari perkembangan zaman saat ini, booking tiket secara online memang lebih populer. Namun booking tiket offline juga masih dilayani dan bisa jadi masih banyak dipilih oleh orang-orang yang baru pertama kali naik pesawat. Berikut ini adalah cara booking tiket offline dan online yang perlu Anda ketahui sebelum naik pesawat.

a.  Booking Tiket Pesawat Offline

Cara offline berarti Anda harus datang ke tempat yang menjual tiket pesawat secara langsung. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi langsung agen travel terdekat. Meskipun saat ini jarang ditemui, namun biasanya di dekat terminal atau stasiun setidaknya ada 1 agen travel.
  2. Sampaikan tanggal keberangkatan dan tujuan Anda kepada petugas. Nantinya, petugas akan mencarikan beberapa tiket yang memiliki jadwal keberangkatan berbeda. Kemudian Anda tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan Anda, termasuk harga tiket yang Anda anggarkan.
  3. Kemudian Anda akan dimintai informasi terkait data diri, seperti nama, alamat, nomor handphone, dan sebagainya. Jangan lupa untuk membawa KTP atau SIM Anda karena petugas juga akan membutuhkan nomor identitas.
  4. Langkah terakhir adalah melakukan pembayaran secara langsung atau dengan uang tunai. Selanjutnya tiket Anda akan dipesan atau di-booking. Ketika pemesanan selesai, petugas akan langsung mencetak tiket tersebut dan diberikan kepada Anda.
1295822576p - Cara Booking Tiket Mudah Bagi Anda yang Baru Pertama Naik Pesawat

Sumber: peluangusaha.kontan.co.id

b.  Booking Tiket Pesawat Online

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk datang langsung ke agen travel, Anda dapat booking tiket pesawat secara online. Justru saat ini banyak sekali platform yang menyediakan jasa ini. Anda hanya perlu smartphone dan jaringan internet untuk mengaksesnya.

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah download aplikasi pemesanan tiket. Beberapa aplikasi yang bisa diakses saat ini adalah traveloka, tiket.com, pegi-pegi, dan masih banyak lagi lainnya. Jika Anda bingung harus memilih aplikasi yang mana, Anda dapat melihat review dan rekomendasi beberapa pengguna di media sosial atau Google.
  2. Setelah men-download aplikasinya, Anda akan diminta untuk mendaftar atau registrasi terlebih dahulu. Biasanya langkah ini akan membutuhkan e-mail dan nomor handphone Anda.
  3. Baru kemudian Anda mulai untuk berburu tiket pesawat. Carilah penerbangan dari bandara mana ke bandara mana. Nantinya, Anda akan mendapatkan beberapa pilihan jadwal keberangkatan, harga tiket, serta maskapai penerbangannya. Pilihlah tiket yang sesuai dengan jadwal dan harga yang Anda butuhkan.
  4. Setelah menentukan dan memilih tiket, Anda akan diarahkan untuk mengisi form data diri  Anda sebagai pemesan dan penumpang yang akan berangkat. Pastikan data yang Anda isikan adalah benar dan dapat dihubungi. Bahkan beberapa aplikasi dapat menambahkan asuransi perjalanan melalui langkah ini.
  5. Selanjutnya adalah melakukan pembayaran yang dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari cara transfer dari ATM melalui mobile banking atau internet banking, dengan kartu kredit, virtual account, hingga pilihan membayar melalui minimarket. Pilihlah salah satu cara tersebut serta bank apa yang Anda gunakan.
  6. Terakhir, setelah Anda sukses melakukan pembayaran, booking tiket telah berhasil Anda lakukan. Tiket pesanan akan dikirimkan ke e-mail Anda berupa e-tiket (tiket elektronik) dalam waktu kurang lebih 60 menit sejak pembayaran Anda dikonfirmasi. E-tiket ini dapat langsung Anda gunakan untuk masuk bandara keberangkatan dan ditukarkan dengan boarding pass. Mudah kan?

EP 5 4 700x429 - Cara Booking Tiket Mudah Bagi Anda yang Baru Pertama Naik Pesawat

Catatan tambahan untuk langkah booking tiket secara online ini, beberapa aplikasi tersebut menyediakan pilihan mengubah jadwal keberangkatan atau membatalkan tiket pesawat yang berhasil Anda booking. Perhatikan juga apakah biaya yang Anda bayarkan dapat kembali sepenuhnya atau beberapa persen saja. Setiap jasa pemesanan tiket pesawat, baik online maupun melalui agen travel, akan memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing.

Baca Juga: Strategi Mencari Tiket Pesawat Murah Promo Paling Jitu

Setelah langkah-langkah booking tiket pesawat di atas Anda ketahui, jangan lupa untuk mempersiapkan perjalanan udara Anda. Kenapa perlu dipersiapkan? Karena untuk naik pesawat, setidaknya Anda harus datang ke bandara 1 jam sebelum jam keberangkatan Anda. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum naik pesawat dengan melihat artikel ini.

Berbicara soal naik pesawat, pasti ada kaitannya dengan luar negeri. Keperluan apapun yang akan Anda jalani di luar negeri, tentu akan lebih mudah jika urusan mengirim uang antar negara juga lebih mudah. Aplikasi Qelola hadir sebagai teknologi dengan berbagai fitur yang akan memudahkan Anda melakukan transfer uang antar negara serta keperluan keuangan lain yang berhubungan dengan Indonesia dan negara lain, khususnya Malaysia. Rasakan berbagai fiturnya dengan download Qelola di sini.

Tags: , , , ,