5 Hal yang Sering Dilupakan Ketika Memilih Universitas

Memilih Universitas

Ketika akan memilih universitas mana yang dituju untuk melanjutkan studi, berbagai pertimbangan perlu dilakukan. Banyak variabel penting yang harus diperhatikan, agar keputusan pengambilan fokus studi bisa diambil secara tepat. Memilih universitas padahal tak cuma soal kualitas saja, namun juga perlu mempertimbangkan variabel lain yang tidak terlepas dari proses perkuliahan itu sendiri.

Tentu saja, faktor kualitas universitas atau jurusan yang dipilih jadi kunci utama pertimbangan yang akan dilakukan. Namun demikian, agaknya memperhatikan faktor-faktor yang pasti berkaitan dengan proses perkuliahan juga penting. Misalnya saja, terkait situasi dan kondisi kota tempat kuliah, program magang yang tersedia, fasilitas transportasi umum, biaya hidup dan tempat tinggal, serta juga fasilitas kesehatan.

Variabel di atas terkadang dilupakan ketika melakukan pertimbangan. Maka ada baiknya, mari kita sedikit mendalami variabel tersebut agar pertibangan yang dilakukan bisa lebih baik. Terlebih jika akan memilih universitas yang ada di luar negeri, harus semakin detail bukan?

Situasi dan Kondisi Kota Tempat Kuliah

Untitled design753 - 5 Hal yang Sering Dilupakan Ketika Memilih Universitas

Kuliah di luar negeri wajib mempertimbangkan hal ini. Misalnya saja, jika universitas yang dipilih berada di area dengan 4 musim. Tentu persiapan pakaian harus lebih baik. Lain halnya jika universitas yang dituju masih memiliki iklim sama dengan Indonesia, misalnya seperti di Malaysia, maka untuk pakaian mungkin tidak perlu terlalu dipikirkan.

Faktor pertama ini sangat penting karena akan mempengaruhi proses perkuliahan dan kehidupan mahasiswa selama mengenyam pendidikan. Jangan sampai kesempatan yang tersedia gagal hanya karena faktor pertama ini tidak masuk dalam pertimbangan, dan tidak dipersiapkan dengan baik.

Program Magang yang Disediakan

Memilih universitas juga perlu mempertimbangkan ada tidaknya program magang yang disediakan. Program magang sendiri bisa jadi kesempatan yang baik untuk menerapkan ilmu sekaligus beradaptasi dengan dunia kerja. Banyak kampus terkenal menjadikan program ini sebagai satu daya tariknya, agar calon mahasiswa menjatuhkan pilihan di sana.

Misalnya universitas atau program studi yang diinginkan tidak menyediakan program magang, tinjau kembali opsinya. Adakah perusahaan atau jalur magang yang lain guna mengenali dunia kerja dan industri? Pertimbangan ini penting agar calon mahasiswa memiliki bayangan mengenai lingkungan kerja dan benar-benar dapat mengaplikasikan ilmunya secara praktis.

Fasilitas Transportasi Umum

Untitled design752 - 5 Hal yang Sering Dilupakan Ketika Memilih Universitas

Satu hal yang tidak boleh ketinggalan untuk dipertimbangkan adalah keberadaan sarana transportasi umum yang mudah diakses. Memang kebanyakan universitas terkenal yang ada di berbagai negara sudah memiliki layanan fasilitas umum yang mudah diakses. Namun demikian, hal ini tetap harus dipastikan demi menjamin akses dan mobilitas calon mahasiswa.

Di Malaysia misalnya, kebanyakan perguruan tinggi dan universitas sudah dilewati oleh jalur kereta atau bus umum. Jadi setiap mahasiswa yang perlu menggunakan transportasi umum bisa dengan mudah mengakses layanan ini dan melakukan mobilitas dengan leluasa. Akan berbeda ceritanya jika calon mahasiswa akan membawa kendaraan pribadi. Tapi bukankah lebih baik menggunakan kendaraan umum saja agar lebih ekonomis?

Biaya Hidup dan Tempat Tinggal

Dua variabel yang dibahas ini menjadi faktor mutlak yang tidak boleh dilewatkan. Perkuliahan setidaknya akan dilakukan selama 3 tahun. Maka besaran biaya hidup sehari-hari harus benar-benar diperhitungkan, sehingga calon mahasiswa terjamin kecukupan hariannya.

Selain itu, pemilihan tempat tinggal juga perlu diperhatikan. Pastikan tempat tinggal yang dipilih, baik rumah atau kamar indekos, memiliki akses terhadap fasilitas umum yang mudah. Selain menunjang kehidupan selama masa kuliah, hal ini juga untuk memudahkan calon mahasiswa untuk dapat beraktivitas dengan lebih nyaman.

Pastikan Fasilitas Kesehatan Ketika Memilih Universitas

Untitled design751 - 5 Hal yang Sering Dilupakan Ketika Memilih Universitas

Baik fasilitas kesehatan di dalam kampus atau di luar kampus, akan menjadi hal yang harus diperhatikan selanjutnya. Dalam memilih universitas, keberadaan fasilitas kesehatan yang memadai dapat menunjang kualitas hidup calon mahasiswa, sehingga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti gangguan kesehatan atau kecelakaan, bisa ditangani dengan cepat.

Fasilitas kesehatan bisa beragam bentuknya, mulai dari apotek, rumah sakit, klinik, dan lain sebagainya. Setidaknya, pastikan ada klinik yang mudah diakses dan dekat dari tempat tinggal calon mahasiswa agar bisa memberikan pertolongan pertama manakala terjadi hal buruk.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Sistem Pendidikan di Indonesia dan di Luar Negeri

Menentukan universitas yang dipilih memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak sekali variabel yang perlu dipertimbangkan agar proses belajar yang dijalani bisa berjalan optimal dan lancar. Tentu, faktor di atas sudah di luar berbagai faktor utama seperti kualitas program studi dan universitas yang dijadikan pilihan.

Memilih universitas harus dilakukan dengan cermat dan berhati-hati. Pertimbangan yang matang serta variabel pertimbangan yang lengkap menjadi hal mutlak. Ketika nantinya perkuliahan sudah selesai dilaksanakan, tentu jenjang selanjutnya adalah bekerja bukan? Nah, untuk yang mendapatkan pekerjaan di Malaysia, jangan lupa mengirim hasil jerih payah kepada keluarga di Indonesia. Gunakan layanan Qelola untuk hal ini, karena layanan remitansi Qelola akan memberikan banyak keuntungan untuk penggunanya. Unduh aplikasinya di sini, dan semoga diterima di universitas pilihan!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , ,