Memilih Jurusan Psikologi, Simak Dulu Sekilas Bahasannya

Jurusan Psikologi

Pernahkah Anda berpikir untuk melanjutkan studi ke jurusan psikologi? Tahukah Anda, bahwa lulusan jurusan ini memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan? Jurusan yang belajar mengenai perilaku, kebiasaan, kesehatan mental, dan interaksi antar manusia baik sebagai individu atau kelompok ini ternyata diminati oleh cukup banyak calon mahasiswa yang berhasil melihat peluang dan potensinya.

Pada artikel ini, Anda, baik sebagai calon mahasiswa atau sebagai orang tua yang mencari rekomendasi jurusan kuliah untuk buah hati, akan diberikan penjelasan singkat mengenai jurusan favorit ini. Mulai dari alasan, rekomendasi kampus, prospek kerja, hingga perkiraan biaya kuliah.

Mari lihat dahulu apa alasan yang membuat Anda harus memilih jurusan ini.

Alasan Memilih Jurusan Psikologi

Untitled design762 - Memilih Jurusan Psikologi, Simak Dulu Sekilas Bahasannya

Selain memiliki prospek kerja yang baik, alasan lain untuk memilih jurusan ini adalah bahwa fokus studi yang dilakukan di sini merupakan manusia. Artinya, bidang ini tidak akan berhenti berkembang, seiring dengan perkembangan manusia sebagai makhluk individu atau makhluk sosial. Ilmunya sangat dinamis, meski tetap berpegang pada nilai-nilai dasar yang sudah disepakati.

Pada beberapa universitas dengan standar jurusan psikologi yang tinggi, ditawarkan pula program magang yang memungkinkan mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung di dunia kerja. Selain itu, praktek ilmu yang sudah didapat juga bisa dilakukan, sehingga dapat memberikan hasil belajar yang lebih optimal.

Sebagai lulusan jurusan ini, mahasiswa juga nantinya bisa memiliki pemahaman lebih lanjut mengenai pola perilaku dan pola interaksi di masyarakat. Ini memberikan perspektif yang lebih luas, sehingga lulusan dari jurusan ini bisa memandang persoalan dengan cara yang lebih kritis.

Setelah memahami hal ini, adakah rekomendasi universitas atau kampus yang memiliki jurusan psikologi dengan kualitas yang terbaik?

Rekomendasi Universitas untuk Melakukan Studi

Untitled design761 - Memilih Jurusan Psikologi, Simak Dulu Sekilas Bahasannya

Jika mencari rekomendasi, mungkin akan disarankan untuk mengambil universitas di luar negeri. Tidak perlu terlalu jauh, cukup di Malaysia saja. Hal ini dikarenakan banyak kampus di Malaysia menawarkan jurusan ini, dengan standar dan kualitas yang bersaing di dunia internasional.

Pertama adalah University of Malaya, yang menjadi salah satu universitas paling bergengsi di seantero Negeri Jiran ini. Selain menempati urutan 19 sebagai universitas terbaik di Asia, University of Malaya juga memiliki ‘portofolio’ menjanjikan jika dilihat dari lulusannya. Ada nama besar seperti Mahathir Mohamad (Perdana Menteri Malaysia) serta Anwar Ibrahim yang tercatat pernah mengenyam pendidikan di sini.

Kedua adalah Raffles University Iskandar Malaysia, resmi diakui sebagai lembaga pendidikan multi-nasional pada tahun 2011 lalu oleh Ministry of Higher Education Malaysia, universitas ini juga merupakan salah satu yang direkomendasikan jika Anda ingin mencari jurusan psikologi di Malaysia. Berlokasi di Johor Bahru, Anda bisa merasakan kualitas pendidikan yang setara dengan universitas yang ada di Eropa.

Lalu bagaimana dengan prospeknya di dunia kerja? Apakah benar-benar menjanjikan?

Prospek Dunia Kerja Lulusan Jurusan Psikologi

Untitled design760 - Memilih Jurusan Psikologi, Simak Dulu Sekilas Bahasannya

Dengan kemampuan dan kompetensi yang dimiliki lulusan jurusan ini menjadi ‘buruan’ banyak perusahaan bahkan sebelum mahasiswanya lulus. Fokus studi di bagian perilaku manusia membuat posisi Human Resources Development menjadi incaran empuk bagi setiap lulusannya.

Namun demikian, pekerjaan yang bisa diperoleh dengan ijazahnya tidak hanya itu, masih ada kesempatan menjadi psikolog, konsultan karir, penulis, terapis anak, trainer, ahli riset, peneliti, ahli intervensi sosial, market researcher, guru, dosen, dan masih banyak lagi. Mengingat permintaan dari industri dan pasar tenaga kerja yang tinggi, tak heran jika lulusan jurusan psikologi terus dicari.

Bagaimana dengan Biayanya?

Jenjang pendidikan kuliah tak akan bisa dilepaskan dari alokasi dana yang harus dikeluarkan, mulai dari ketika saat pendaftaran, masuk, hingga lulus kuliah. Jika ingin dirata-rata, sebenarnya biaya kuliah psikologi di Malaysia terbilang cukup ekonomis, dibandingkan dengan universitas di Eropa atau Amerika. Secara biaya hidup juga terpaut cukup jauh, karena biaya hidup di Malaysia mirip dengan biaya hidup di kota besar Indonesia.

Untuk universitas negeri, biaya kuliah setiap semester yang harus disiapkan sekitar Rp30.000.000 sampai dengan Rp100.000.000 untuk program S1. Sedangkan program yang sama di universitas swasta akan memakan biaya setidaknya Rp30.000.000 sampai dengan Rp150.000.000 tiap semesternya.

Bagaimana dengan program S2? Kisaran biayanya adalah antara Rp45.000.000 sampai dengan Rp300.000.000, tergantung status universitas dan fokus yang diambil.

Baca Juga: Info Seputar Tes IELTS yang Perlu Anda Tahu 

Setelah menempuh pendidikan di jurusan psikologi, tentu besar harapan agar bisa diterima bekerja di posisi yang baik. Ketika sudah sampai di titik ini, jangan lupa bahwa mahasiswa yang lulus ini adalah harapan dari keluarga yang ada di Indonesia. Sisihkan penghasilan dan kirimkan kepada keluarga yang ada di Indonesia untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Untuk urusan ini, Qelola bisa jadi layanan remitansi yang diandalkan. Dengan pengiriman cepat dan biaya transfer yang rendah, Qelola selalu siap membantu tenaga kerja Indonesia yang ada di Malaysia. Unduh aplikasinya di sini, dan semoga sukses di Malaysia!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,