Cicipi 7 Jajanan Malaysia Tradisional Paling Enak dan Maknyus ini!

jajanan malaysia

Satu hal yang tak boleh ketinggalan saat pergi berlibur ke luar negeri adalah berwisata kuliner. Negara Malaysia memang dikenal dengan ‘surga’ bagi para pecinta kuliner. Jajanan menjadi menu utama yang harus Anda cicipi terlebih dahulu sebelum mencoba makanan berat. Simak artikel ini untuk mengetahui rekomendasi jajanan Malaysia yang wajib Anda cicipi selama berada di Malaysia. Check this out!

1. Cekodok, Gorengan dari Buah Pisang

Untitled design 2020 07 01T235916.463 - Cicipi 7 Jajanan Malaysia Tradisional Paling Enak dan Maknyus ini!

Sumber: archanaskitchen.com

Jajanan Malaysia berbentuk mungil dan rasanya sangat manis ini cocok menjadi camilan saat berada di Malaysia. Cara pembuatan cekodok sangat mudah, yaitu buah pisang yang telah dihaluskan, dicampur dengan adonan tepung terigu dan gula pasir, dibentuk bulat kecil-kecil kemudian digoreng. Cekodok sangat mudah ditemukan di warung-warung jajanan tradisional Malaysia. Harganya pun sangat murah meriah di kantong. Cukup dengan merogoh sekitar RM1 Anda mendapat 6-8 butir cekodok. Murah banget kan!

2. Pulut Udang, Lemper Khas Malaysia

Untitled design 2020 07 01T233324.189 - Cicipi 7 Jajanan Malaysia Tradisional Paling Enak dan Maknyus ini!

Sumber: daridapur.com

Sekilas bentuk Pulut Udang mirip dengan lemper khas Indonesia. Sama-sama dibuat dari beras ketan, perbedaannya makanan ini memiliki isian berupa sambal kelapa dan udang. Pulut Udang merupakan ketan kukus isi yang super-lezat. Rasanya gurih legit dengan kemewahan rasa isi adonan udang berbumbu. Penampilannya pun cantik, ketannya berwarna kuning, isi kemerahan dengan bungkus dadar di luarnya. Sebelum dikukus, Pulut Udang dibalut dengan daun pisang untuk menghasilkan aroma wangi dan lezat. Biasanya Pulut Udang dijual dengan harga RM0,9 atau senilai dengan Rp3.000 per bijinya. Dijamin rasanya nikmat dan mengenyangkan!

3. Cucur Udang dengan Disiram Saus Kacang Pedas

Cucur udang Malaysia seperti halnya bakwan di Indonesia. Ya, cucur udang dibuat dari campuran tepung dan potongan sayuran diganti dengan campuran tepung, daun seledri cincang, dan udang utuh yang kemudian digoreng hingga matang dan kering. Biasanya, cucur udang disajikan saat masih hangat dan terlebih dulu dipotong menjadi beberapa bagian. Tak lupa, potongan cucur udang disirami saus kacang pedas yang pasti akan menggugah selera Anda. Dengan merogoh kocek RM5 atau sekitar Rp15.000, Anda sudah bisa menikmati seporsi cucur udang di warung jajanan tradisional yang tersebar di Malaysia.

4. Cita Rasa Manis Gurihnya Tepung Pelita

Hidangan penutup paling favorit di Malaysia salah satunya adalah Tepung Pelita. Jajanan kue khas Malaysia ini dibuat dari tepung beras dan santan yang kemudian dibungkus menggunakan daun pisang. Tepung Pelita memiliki cita rasa manis gurih, tekstur yang lembut, dan pasti bikin ketagihan. Kue lezat ini tidak tahan lama, sehingga Anda dianjurkan untuk langsung memakannya setelah membeli tepung pelita di beberapa pasar tradisional.

5. Apam Balik

Untitled design 2020 07 01T235046.359 - Cicipi 7 Jajanan Malaysia Tradisional Paling Enak dan Maknyus ini!

Sumber: beautynesia.id

Sekilas apam balik ini mirip dengan martabak manis dari Indonesia. Perbedaannya, bentuk apam balik lebih tipis dan teksturnya lebih lembut dibandingkan dengan martabak manis. Selain itu, penyajian apam balik dilipat menjadi dua, sehingga lebih mirip dengan pancake. Di bagian tengah adonan apam balik diberi sup jagung yang kental, kemudian diberi selai kacang yang semakin menambah kenikmatan.

6. Roti Canai: Jajanan Campuran Melayu dan India

Jajanan Malaysia satu ini merupakan akulturasi kuliner dari bangsa Melayu dan bangsa India Tamil. Biasanya pemilik kedai roti canai adalah keturunan India atau Bangladesh yang tinggal di Malaysia. Bahan dan cara pembuatan roti canai pun cukup mudah. Tinggal mencampurkan tepung terigu, garam, dan mentega, kemudian diuleni atau di aduk hingga tercampur rata dan tidak lengket. Kemudian ambil sedikit adonan untuk dipipihkan. 

Nah, teknik memipihkan roti inilah yang menjadikan keunikan tersendiri. Hanya orang tertentu yang bisa melakukannya. Salah sedikit, adonan roti bisa sobek atau bahkan terlempar karena harus dilempar dan diputar di udara. Selain roti canai, ada juga varian barunya, yaitu roti milo, roti’O, roti pisang, roti tisu, dan roti kaya. Harga satu buah roti canai original atau roti kosong cukup murah, sekitar RM1,5 atau Rp4.500.

7. Air Mata Kucing

Untitled design 2020 07 01T234054.046 - Cicipi 7 Jajanan Malaysia Tradisional Paling Enak dan Maknyus ini!

Sumber: cookpad.com

Air Mata Kucing menjadi salah satu minuman andalan Malaysia. Mata kucing adalah nama lain dari buah kelengkeng di Malaysia. Sedangkan air mata kucing adalah minuman yang terdiri dari buah kelengkeng yang sudah dikupas dan dibuang bijinya, kemudian dicampur dengan air dan gula serta es. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, air mata kucing juga bisa untuk meredakan panas dalam. Wajib coba, ya!

Baca Juga: Rekomendasi 7 Nasi Lemak, Kuliner Malaysia Paling Mendunia

Sebelum berangkat liburan, pastikan Anda menyusun budget dengan teliti. Pastikan Anda bisa mengatur budget dengan baik agar tetap bisa puas mencicipi berbagai jajanan Malaysia tersebut di atas. Rencanakan dan siapkan biaya liburan Anda mulai sekarang menggunakan aplikasi Qelola. Ketika sudah berada di Malaysia, Anda tak perlu bingung lagi ketika harus membayar berbagai tagihan bulanan keluarga di rumah. Qelola menyediakan layanan multi-billing payment dan transfer uang ke Indonesia untuk segala pembayaran berbagai kebutuhan secara online. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Ajak teman-teman dan keluarga Anda juga untuk memanfaatkan layanan sesama pengguna aplikasi Qelola. Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk menikmati berbagai layanan keuangan. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , ,