10 Negara Bebas Visa, Peluang Emas Berwisata Bagi Anda

negara bebas visa

Wisata, perjalanan bisnis, hingga mengunjungi saudara atau keluarga di luar negeri, dan sebagainya, merupakan keperluan-keperluan yang tidak membutuhkan waktu lama namun dokumen perjalanan tetap harus lengkap. Hal inilah yang membuat kebanyakan orang malas untuk terbang ke luar negeri karena harus mengurus dokumen perjalanan, dalam hal ini visa. Namun sudahkah Anda tahu bahwa terdapat beberapa negara bebas visa untuk warga Indonesia? Artinya, WNI yang akan berkunjung ke negara-negara ini tidak perlu membuat atau membawa visa. Keuntungan ini diperoleh karena paspor Indonesia termasuk dalam paspor terkuat di dunia. Maka Anda sebagai WNI juga harus memanfaatkan hal ini sebagai kesempatan untuk menjelajah negara tersebut. Mana saja negara bebas visa yang cocok untuk wisata? Ini daftarnya.

1.  Kolombia: berlaku 90 hari

Negara Kolombia memiliki banyak sekali wisata alam yang harus dicoba jika Anda memiliki kesempatan untuk berkunjung di sini. Selama setidaknya 90 hari Anda dapat menikmati objek wisata seperti hutan hujan di Parque Nacional Natural Tyrona, katedral bawah tanah di Katedral Garam, pantai di Rosario Island, gunung Monserrate, hingga wisata sejarah di Gold Museum, Bogota, serta masih banyak lagi tempat wisata lainnya.

2.  Dominika: berlaku 21 hari

Meskipun negara Dominika hanya memiliki waktu bebas visa maksimal 21 hari, Anda dapat memanfaatkannya dengan mengunjungi tempat wisata terkenal di sana. Beberapa diantaranya adalah melihat terumbu karang di Pantai Bavaro, mengunjungi 27 air terjun di 27 Waterfalls, mengamati paus bungkuk di Pantai Saman Bay hingga wisata sejarah di Museum Alcazar de Colon.

3.  Brazil: berlaku 30 hari

Sebagai negara yang pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA tahun 2014, Brazil terkenal memiliki banyak sekali destinasi wisata ikonik dunia dan patut dicoba meski hanya memiliki waktu 30 hari. Beberapa diantaranya yang paling populer adalah Patung Kristus Penebus di puncak gunung, menikmati gondola di puncak Sugarloaf Mountain, hingga bukit pasir di Taman Nasional Lencois Maranhenses.

4.  Jepang: berlaku 3 tahun

rsz 1paspor - 10 Negara Bebas Visa, Peluang Emas Berwisata Bagi Anda

Jika Anda memiliki e-paspor, yaitu paspor dengan chip yang ditanamkan dalam buku, maka Anda akan bebas visa di Jepang selama 3 tahun penuh. Perlu tahapan khusus untuk membuat e-paspor (ketahui di sini). Kerja sama negara Jepang dan Indonesia ini sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin mengambil program pertukaran pelajar bagi mahasiswa. Terlebih lagi jika Anda hanya ingin berwisata, tentu 3 tahun adalah waktu yang lebih dari cukup.

5.  Maroko: berlaku 90 hari

Negara Maroko memang terkenal dengan wilayahnya yang mayoritas gurun dan pegunungan. Namun Anda harus memanfaatkan waktu bebas visa 90 hari tersebut dengan mengunjungi banyak objek wisata di sana. Terlebih lagi bagi Anda yang gemar dengan wisata religi karena Maroko memiliki beberapa masjid bersejarah yang sayang untuk dilewatkan. Masjid-masjid ini diantaranya adalah Masjid Koutoubia, Masjid Hassan II, dan Menara Masjid Hassan. Serta masih banyak tempat wisata yang direkomendasikan lainnya.

6.  Vietnam: berlaku 30 hari

Salah satu negara Asia Tenggara ini sayang sekali untuk dilewatkan. Terlebih lagi dengan masa bebas visa hingga 30 hari, Anda dan keluarga dapat menikmati berbagai wisata di Vietnam. Mulai dari wisata alam di Teluk Ha Long dan/atau Danau Hoan Kiem, mencicipi makanan lokal di Pasar Ben Thanh, hingga wisata sejarah di Kuil Sastra, serta masih banyak tempat wisata lainnya.

7.  Laos: berlaku 30 hari

Negara Laos memang terkadang masih diremehkan dalam hal wisatanya, padahal negara ini memiliki banyak sekali objek wisata yang sayang untuk dilewatkan. Terlebih lagi bagi Anda penikmat sejarah, beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi adalah stupa emas super besar di Pha That Luang, kuil buddha di Wat Xieng Thong, hingga melihat peninggalan megalitik di Plain of Jars Site 3. Untuk penikmat tantangan wisata alam, Anda harus mencoba naik kayak di Sungai Si Phan Don.

8.  Singapura: berlaku 30 hari

Singapura, sebagai salah satu negara tetangga terdekat dengan Indonesia, memberikan waktu bebas visa hingga 30 hari dan akan sangat cukup bagi Anda yang tertarik dengan wisata di sana. Beberapa destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi adalah Kebun Binatang Singapura seluas 25 hektar, menikmati suasana kebun binatang malam hari di Safari Malam Singapura, hingga yang populer yaitu naik bianglala setinggi 165 m di Singapore Flyer.

9.  Thailand: berlaku 30 hari

Dengan masa berlaku bebas visa hingga 30 hari, negara Thailand memiliki berbagai objek wisata yang sangat menarik Anda eksplor. Beberapa diantaranya adalah museum mewah peninggalan raja di Istana Raja, lalu kuil dengan menara terkenal di Wat Arun, hingga mengikuti festival full moon dan sunrise di Pantai Ko Pha Ngan. Bahkan Anda dapat liburan anti mainstream di pulau terpencil Pantai Railay.

10.  Malaysia: berlaku 90 hari

wisata malaysia 1024x683 - 10 Negara Bebas Visa, Peluang Emas Berwisata Bagi Anda

Memiliki peraturan bebas visa hingga 90 hari, negara Malaysia cocok sekali dijadikan tujuan berwisata yang komplit. Mulai dari berbagai bentuk aktivitas di objek wisata alam hingga wisata suasana perkotaan yang seru. Coba saja kunjungi theme park terbesar Sunway Lagoon, spot snorkeling di Pulau Redang, wisata kuliner di Batu Pahat, serta wilayah-wilayah unik yang menarik di Penang, Melaka, dan kota-kota lainnya.

Baca Juga: Negara Bebas Visa yang Bisa Dikunjungi dengan Budget Minimalis

Dari 10 daftar negara bebas visa tersebut, adakah yang pernah Anda kunjungi? Malaysia dan Singapura menjadi negara terdekat dengan Indonesia yang patut dikunjungi. Terlebih lagi dengan daya tarik wisatanya yang telah banyak direkomendasikan. Rencanakan liburan luar negeri Anda dari sekarang agar mudah dan lancar selama di sana. Khusus untuk urusan transfer dan membayar tagihan rutin, serahkan hal ini kepada aplikasi Qelola. Dengan berbagai fiturnya, Anda dapat mengirim uang dan membayar tagihan di Indonesia meskipun Anda sedang di luar negeri. Coba Qelola untuk tahu manfaatnya dengan download di sini.

Tags: , , , , ,