Inilah 4 Kelebihan E Paspor yang Belum Banyak Orang Ketahui

e paspor

Bagi Anda yang hobi travelling ke luar negeri tentunya sudah sejak lama memiliki paspor. Ya, paspor adalah dokumen wajib yang harus dibawa saat ingin melakukan perjalanan ke mancanegara. Guna meningkatkan pelayanan, kini juga tersedia paspor elektronik atau yang sering disebut e paspor. Walaupun biaya membuat e paspor ini lebih mahal dari paspor biasa, namun manfaat yang didapat pun juga sepadan. Yuk segera ganti paspor biasa Anda dan rasakan kelebihan e paspor berikut ini.

Kelebihan E Paspor yang Perlu Anda Tahu

Pemegang paspor biasa mungkin belum tahu manfaat apa saja yang bisa didapat jika beralih ke paspor elektronik. Ada juga yang ingin memperbaharui ke e paspor tapi malas mengeluarkan biaya lebih. Memang benar biaya membuat paspor elektronik jauh lebih mahal, namun keuntungannya juga sangat memuaskan lho! Ketahui apa saja benefit yang bisa diraih dari e paspor hanya dengan membaca artikel ini.

Bebas Visa ke Negara Jepang

asian women wearing traditional japanese kimono yasaka pagoda kyoto japan 73503 875.jpg?size=626&ext=jpg&uid=A&ga=GA1.2.1202749483 - Inilah 4 Kelebihan E Paspor yang Belum Banyak Orang Ketahui

Kabar gembira nih buat Anda semua yang hobi plesir ke negeri sakura. Jika memiliki e paspor, Anda tak perlu repot-repot lagi buat mengurus visa sebagai berkas pendukung lainnya. Walaupun biaya bikin paspor elektronik bikin Anda boros uang, namun jadi hemat saat ingin bepergian ke Jepang karena tidak perlu keluar dana lagi untuk mengurus visa. Selain menghemat biaya Anda juga hemat waktu dan tenaga karena bebas dari pengurusan visa. Masa berlaku singgah ke Jepang bagi Warga Negara Indonesia pemegang e paspor adalah 15 hari kerja. Sebelum berangkat ke Jepang Anda hanya perlu datang ke Kedutaan Besar Jepang atau Konsulat Jepang di Indonesia untuk melakukan registrasi paspor elektronik. Prosesnya pun berlangsung singkat karena hanya menunggu 2 hari kerja saja.

Paspor Tidak Bisa Disalahgunakan

hands show fingerprint scanner screen access personal user online 175201 73.jpg?size=626&ext=jpg&uid=A&ga=GA1.2.1202749483 - Inilah 4 Kelebihan E Paspor yang Belum Banyak Orang Ketahui

Nah, kelebihan e paspor yang kedua ini berhubungan dengan keamanan data pribadi. Perlu Anda ketahui bahwa paspor elektronik menggunakan teknologi biometrik yang ditanam pada chip dan tersemat pada buku paspor. Di dalam chip ini tersimpan data-data penting Anda seperti sidik jari dan bentuk wajah yang akan dikenali saat pemindaian di negara tujuan. Peluang paspor elektronik untuk dipalsukan atau disalahgunakan pun sangat kecil karena data yang tersimpan benar-benar akurat. Terang saja demikian karena sulit untuk bisa memalsukan sidik jari ataupun bentuk wajah. Jadi pihak imigrasi di negara tujuan pun tidak akan kecolongan.

Lebih Gampang Saat Mengurus Visa

negara bebas visa untuk indonesia - Inilah 4 Kelebihan E Paspor yang Belum Banyak Orang Ketahui

Bepergian ke luar negeri terkadang tidak hanya butuh paspor saja namun juga visa, baik visa biasa atau visa on arrival. Surat izin untuk bisa memasuki negara lain ini akan lebih mudah diperoleh jika Anda memiliki paspor elektronik. Kenapa bisa demikian? Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa data-data yang tersimpan di dalam chip biometrik e paspor sangat akurat dan valid. Sehingga verifikasi data akan lebih mudah dilakukan oleh pihak kedutaan negara yang dituju. Persetujuan visa Anda pun berjalan mulus dan lebih cepat prosesnya.

Jalur Khusus Autogate Tanpa Antri Imigrasi

close up lower body woman traveler with luggage suitcase going around world 10307 856.jpg?size=626&ext=jpg&uid=A&ga=GA1.2.1202749483 - Inilah 4 Kelebihan E Paspor yang Belum Banyak Orang Ketahui

Kelebihan e paspor selanjutnya yang bisa diperoleh pemegang paspor elektronik adalah tidak perlu mengantri di bagian imigrasi. Sebelum berangkat, biasanya Anda harus menjalani pemeriksaan dahulu di bagian imigrasi, antrinya pun cukup panjang dan lama. Spesial bagi pemegang e paspor Anda bisa mendapat free pass dari pemeriksaan manual dan bisa langsung menuju autogate untuk melakukan pemindaian paspor. Anda hanya perlu menuju lorong tempat mesin autogate berada. Selanjutnya tinggal scanning paspor dan pintu secara otomatis akan terbuka. Setelah itu melewati lorong selanjutnya untuk scanning sidik jari. Jika proses di atas sudah berhasil dilalui, maka Anda bisa langsung masuk ke boarding room. Di Indonesia sendiri, layanan autogate baru dimiliki di dua tempat yaitu Bandara Soekarno-Hatta Jakarta dan Bandara Ngurah Rai Bali. Tapi tenang, perlahan tapi pasti fasilitas autogate ini akan hadir di seluruh bandar udara yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Inilah Prosedur, Biaya, dan Syarat Pembuatan Paspor Anak

Berapa ya Biaya Bikin E Paspor?

Pasti Anda juga bertanya-tanya berapa uang yang harus siap dikeluarkan untuk bisa menikmati keuntungan-keuntungan di atas. Memang benar paspor elektronik ini memakan budget mahal yakni sebesar 600 ribu rupiah untuk 48 halaman. Nominal tersebut masih ditambah lagi dengan biaya jasa penggunaan teknologi sistem informasi keimigrasian sebesar 55 ribu. Jadi total biaya bikin e paspor ini adalah 655 ribu rupiah. Jika menilik manfaat yang akan diperoleh tentunya harga tersebut sangat pantas, jadi tidak perlu perhitungan lagi ya!

Selain layanan e paspor penting juga untuk melakukan berbagai transaksi pembayaran secara elektronik. Caranya bagaimana? Tentu saja dengan memanfaatkan aplikasi pembayaran digital seperti aplikasi Qelola. Aplikasi Qelola adalah aplikasi keuangan yang menawarkan berbagai fitur menarik yang aman dan terpercaya. Salah satu layanannya adalah transfer uang hingga ke mancanegara. Selain itu aplikasi Qelola juga cocok digunakan untuk membayar berbagai tagihan pokok seperti tagihan listrik, air, dan juga BPJS Kesehatan. Dengan melakukan pembayaran lewat aplikasi ini akan membuat Anda tertib dan tepat waktu dalam membayar karena bisa dilakukan langsung dari ponsel. Fitur lainnya yang bisa Anda nikmati adalah pembelian pulsa, kuota internet, dan juga voucher games

Untuk bisa menikmatinya pun caranya cukup mudah. Anda hanya perlu men-download aplikasi Qelola pada Playstore dan lakukan pendaftaran. Lakukan top up dan fitur-fitur di dalamnya dapat Anda nikmati seketika. Informasi lain terkait aplikasi Qelola dapat Anda simak melalui website resminya di sini.

 

Tags: , , ,