Info Terlengkap Seputar Jurusan Teknik Komputer di Malaysia

jurusan teknik komputer di malaysia

Di era globalisasi saat ini, teknologi komputer dan informasi merupakan aspek penting yang membantu kehidupan masyarakat. Seperti yang Anda tahu, hampir semua sektor pemerintahan, swasta, maupun akademik bergantung pada teknologi komputer untuk melancarkan kegiatan operasional. Perkembangan yang pesat dalam bidang teknologi komputer membuat sumber daya manusia yang berkeahlian di bidang tersebut sangat dibutuhkan dan semakin dihargai para pemberi kerja. Itulah sebabnya jurusan teknik komputer kini sangat diminati para pelajar di seluruh dunia.

Jurusan teknik komputer dinilai tidak akan kadaluarsa dan akan selalu bisa Anda manfaatkan seumur hidup Anda. Apabila Anda berminat kuliah jurusan teknik komputer, Malaysia bisa menjadi salah satu negara tujuan studi yang tepat untuk bidang tersebut. Malaysia merupakan salah satu negara yang memiliki perkembangan pesat dalam bidang teknik komputer. Lulusan jurusan teknik komputer di Malaysia akan memiliki banyak kesempatan untuk bekerja di berbagai perusahaan berskala internasional. Agar mengetahui lebih lanjut mengenai jurusan teknik komputer di Malaysia, langsung simak uraian berikut ini.

Mengapa Mengambil Jurusan Teknik Komputer di Malaysia?

asian female programmers wearing yellow shirts are pointing their laptop screen presentation executives 36897 562 - Info Terlengkap Seputar Jurusan Teknik Komputer di Malaysia

Industri teknologi komputer dan informasi sedang berkembang pesat di Malaysia. Pemerintah Malaysia sangat mendukung pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas di sektor tersebut. Bagi Anda yang kuliah di Malaysia, Anda akan mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah Malaysia. Dukungan tersebut salah satunya berupa fasilitas kuliah yang canggih dan inovatif serta lingkungan kuliah yang aman dan kondusif. Selain itu, dukungan lain dari pemerintah Malaysia adalah memberi kesempatan kerja yang banyak dan beragam kepada para lulusan jurusan teknik komputer di Malaysia. Selain itu, Anda berkesempatan untuk menapaki karir di perusahaan berskala internasional setelah lulus nanti. Sangat menarik bukan?

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Teknik Komputer?

cropped shot startup ux ui front end designers developing programming coding mobile application from prototype wireframe layout mobile application developer workplace concept 68339 165 - Info Terlengkap Seputar Jurusan Teknik Komputer di Malaysia

Saat kuliah jurusan teknik komputer di Malaysia, Anda akan mempelajari perangkat keras maupun perangkat lunak di bidang komputer. Berikut beberapa contoh mata kuliah yang akan Anda pelajari selama kuliah.

  • Matematika dan Aljabar Linear.
  • Algoritma dan Struktur Data.
  • Teori Komputasi.
  • Teori Rangkaian Listrik.
  • Elektronika Dasar.
  • Sistem dan Jaringan Komputer.
  • Pemrograman.
  • Desain Basis Data.
  • Pengembangan Sistem.
  • Sinyal dan Sistem.
  • Kewirausahaan.
  • Analisis Statistik.
  • Perancangan Perangkat Lunak.
  • Teknik Perangkat Keras.
  • Manajemen Rekayasa.

Rekomendasi Universitas

low angle graduation diploma 23 2148522174 - Info Terlengkap Seputar Jurusan Teknik Komputer di Malaysia

Terdapat beberapa universitas di Malaysia baik negeri maupun swasta yang terkenal dengan jurusan teknik komputernya. Berikut daftar rekomendasinya:

  • University of Malaya
  • Universiti Teknologi Malaysia
  • Universiti Putra Malaysia
  • Limkokwing University of Creative Technology
  • Universiti Pendidikan Sultan Idris
  • Universiti Tunku Abdul Rahman
  • Infrastructure University Kuala Lumpur

Prospek Kerja Lulusan Teknik Komputer

asian people working together office creative thinkin successful team 46139 12 - Info Terlengkap Seputar Jurusan Teknik Komputer di Malaysia

Prospek kerja utama lulusan jurusan ini terletak pada bidang teknologi informasi dan komunikasi, khususnya dalam hal perancangan perangkat lunak, desain sistem, keamanan, dan jaringan. Beberapa prospek kerja yang memungkinkan bagi lulusan jurusan ini antara lain analisis sistem komputer, pengembang website, arsitek jaringan komputer, programmer, perekayasa perangkat lunak, analisis keamanan informasi, dan administrator basis data.

Jika membahas mengenai prospek kerja, maka hal tersebut tentu berhubungan dengan gaji yang diterima. Rata-rata gaji kerja di perusahaan Malaysia untuk bidang teknologi komputer berkisar antara RM17.000 hingga RM133.000 per bulan. Jika dikonversikan ke dalam rupiah gaji tersebut mencapai puluhan hingga ratusan juta. Namun demikian, gaji yang dapat Anda peroleh sebagai lulusan jurusan teknik komputer di Malaysia tentu bervariasi, bergantung pada bidang pekerjaannya dan berapa besar pengalaman bekerja yang Anda miliki.

Biaya Kuliah Jurusan Teknik Komputer di Malaysia

graduation hat piggy bank with stack coins money green background saving money education concept 106094 271 - Info Terlengkap Seputar Jurusan Teknik Komputer di Malaysia

Biaya kuliah untuk jurusan teknik komputer di Malaysia bervariasi, bergantung pada universitas dan program kuliah yang Anda pilih. Secara umum, kisaran biaya kuliah di Malaysia untuk jurusan tersebut adalah RM13.000 – RM18.000. Biaya tersebut hanya biaya kuliah saja, belum termasuk biaya hidup selama di sana. Namun tenang saja, Malaysia terkenal dengan biaya hidup yang terjangkau untuk pelajar jika dibandingkan dengan negara-negara lain seperti Inggris, Australia, dan Amerika.

Baca Juga: Berapa Total Biaya Hidup Mahasiswa di Malaysia? Cek di Sini

Biaya hidup di Malaysia tentu jauh lebih murah daripada biaya kuliah yang harus Anda bayar. Biaya hidup yang dibutuhkan selama kuliah di Malaysia berkisar antara RM1.000 hingga RM1.600 per bulan. Besaran biaya hidup ini tentu tergantung pada gaya hidup masing-masing orang. Untuk menghemat pengeluaran untuk biaya hidup, pastikan Anda selalu disiplin mengelola keuangan. Untuk mempermudah pengelolaan keuangan, Anda bisa menggunakan layanan keuangan Qelola sebagai solusinya.

Qelola menawarkan kemudahan pengiriman dan penerimaan uang dari Malaysia ke Indonesia. Dengan fitur menarik seperti e-wallet, transfer uang domestik dan internasional, serta layanan multi-billing payment, pengelolaan keuangan selama menempuh pendidikan di Malaysia akan lebih praktis dan efisien. Melalui Qelola, Anda sudah bisa melakukan berbagai transaksi keuangan dengan proses yang cepat dan biaya terjangkau. Tunggu apalagi? Unduh aplikasi Qelola sekarang juga! Jangan lupa lakukan pendaftaran akun dan pengisian saldo agar Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari setiap fiturnya.

Tags: , , , , , , , , , ,