Miliki Sertifikat TOEIC untuk Bekerja dan Kuliah di Luar Negeri

toeic

TOEIC adalah singkatan dari ‘The Test of English for International Communication’ yang bertujuan untuk menguji kemampuan bahasa Inggris, seperti halnya TEOFL dan IELTS. Tes ini hanya diselenggarakan hanya di negara-negara yang tidak berbahasa ibu bahasa Inggris. Pada tes ini, di tahapan reading and speaking, Anda dihadapkan dengan 200 soal dengan rentang skor antara 10 – 990 poin. Kemampuan bahasa Inggris peserta tes akan dinyatakan baik ketika memenuhi skor di atas 500. Tes ini juga menjadi bagian dari serangkaian tes yang harus dilalui ketika melamar pekerjaan di luar negeri, mengurus pengajuan visa atau untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Simak informasi lebih lanjut mengenai Tes TOEIC yang harus Anda tahu berikut ini. Check this out!

Keuntungan Memiliki Sertifikat TOEIC 

Saat ini, kemampuan baik dalam bahasa Inggris telah menjadi tanda ekspansi internasional di tengah meningkatnya ekonomi global dan budaya kerja. Para pelamar kerja akan diminta untuk membuat profile yang atraktif dan dapat menunjukkan bahwa mereka memang mampu ikut berjuang pada skala internasional. Pemahaman tentang bahasa asing sama pentingnya dengan pengalaman kerja yang Anda miliki. Untuk mengukur kemampuan dalam bahasa Inggris, setiap calon pekerja harus melalui tes TOEIC terlebih dahulu. Peserta diwajibkan menjawab berbagai pertanyaan yang mengarah ke arah bisnis. Dengan memiliki sertifikat TOEIC ini, maka akan menambahkan nilai bagus pada CV dan membuka lebar kesempatan Anda untuk meniti karir di perusahaan asing di luar negeri.

Kategori dalam Tes TOEIC

1. Listening and Reading (LR)

music headphones 23 2148133575.jpg?size=626&ext=jpg&uid=A&ga=GA1.2.828127243 - Miliki Sertifikat TOEIC untuk Bekerja dan Kuliah di Luar Negeri

Tahap tes ini terdiri dari 2 bagian pokok, yaitu reading dan listening yang berisi 200 soal pilihan ganda dan dibagi menjadi 2 bagian.

  • Sesi Listening 

Pada sesi ini, peserta mendengarkan percakapan singkat dalam bahasa Inggris kemudian menjawab berbagai pertanyaan selama 45 menit. Berikut ini adalah updated version pembagian soal dalam sesi listening.

Gambar (Photographs) 6 soal
Pertanyaan – Respon (Question – Response) 25 soal
Percakapan singkat (Short Conversations) 39 soal
Dialog singkat (Short Talks) 30 soal
  • Sesi Reading 

Peserta membaca berbagai macam bacaan dan menjawab pertanyaan yang tersedia dengan rincian sebagai berikut:

Kalimat tidak sempurna (Incomplete Sentence) 30 soal
Melengkapi paragraf (Text Completion) 16 soal
Memahami bacaan (Reading Comprehension) 29 soal
Single Passage 25 soal
Double Passage 10 soal

Penilaian akhir TOEIC ditentukan berdasarkan keseluruhan jumlah jawaban benar yang dikonversikan ke skala penentuan skor. Pada lembar skor tersedia bagian Listening, Reading, dan skor keseluruhan. Rentang skor yang dihasilkan antara 10 – 990. Skor tersebut dapat digunakan untuk mengukur dan menyimpulkan kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris para peserta tes, terutama dalam hal mendengarkan dan membaca. Hasil skor ini hanya berlaku selama 2 tahun. Apabila sudah lebih dari 2 tahun, Anda harus memperbarui dengan melakukan tes ulang jika memang diperlukan.

2. Speaking and Writing (SW)

retro microphone isolated color background 1387 912 - Miliki Sertifikat TOEIC untuk Bekerja dan Kuliah di Luar Negeri

Tahap lanjutan tes Writing dan Speaking biasanya akan direkomendasikan untuk Anda yang mendapatkan total nilai minimal 600 pada tes Reading dan Listening. Tes Writing dan Speaking biasa digunakan untuk mengetahui keterampilan bahasa Inggris dalam hal mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Tes Writing dan Speaking juga dijadikan sebagai standar umum pengukuran untuk mengetahui dan membandingkan kemampuan berbahasa Inggris pada calon karyawan yang dibutuhkan di dunia kerja. Manfaat dari hasil tes Writing dan Speaking antara lain adalah dapat mengukur serta melatih kemampuan berbicara bagi karyawan saat melakukan presentasi bisnis secara efektif dalam bahasa Inggris (meeting, contact call, konferensi melalui video, telekonferensi, dan lain sebagainya).

Level-Level dalam TOEIC

  1. Level 0/0+ : Novice (rentang skor 10 – 250)
  2. Level 1 : Elementary (rentang skor 255 – 400)
  3. Level 1+ : Intermediate (rentang skor 405 – 600)
  4. Level 2 : Basic Working Proficiency (rentang skor 605 – 780)
  5. Level 2+ : Advance Working Proficiency (rentang skor 785 – 900)
  6. Level 3/3+ : General Professional Proficiency (rentang skor 905 – 990)

Baca Juga : Wajib Tahu! Soft Skill Dunia Kerja yang Dibutuhkan Calon TKI

Demikian ulasan mengenai TOEIC sebagai prasyarat yang digunakan ketika akan meniti karir maupun melanjutkan pendidikan di luar negeri. Anda bisa mengikuti tes TOEIC ini di lembaga-lembaga bahasa asing yang diselenggarakan secara offline maupun online. Sertifikat TOEIC biasanya digunakan oleh negara-negara untuk keperluan pengajuan visa untuk pendatang, lamaran pekerjaan maupun aplikasi perguruan tinggi di luar negeri. Malaysia menjadi salah satu negara tujuan paling favorit bagi orang Indonesia untuk bekerja maupun belajar. Selama berada di Malaysia, keuangan menjadi satu hal pokok yang harus Anda siapkan dan kelola dengan baik. Percayakan pada layanan Qelola untuk mengatur biaya hidup Anda selama berada di luar negeri dan multi-billing payment untuk segala jenis tagihan bulanan yang harus Anda bayarkan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan proses pengiriman uang ke Indonesia secara mudah dan praktis. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Ajak teman-teman dan keluarga Anda juga untuk memanfaatkan layanan sesama pengguna aplikasi Qelola. Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk melakukan pembayaran. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , , , ,