Bagaimana Cara Mengurus Visa Kerja ke Malaysia? Ini Infonya

cara mengurus visa kerja ke malaysia

Cara mengurus visa kerja ke Malaysia adalah informasi dasar yang harus Anda ketahui sebelum bekerja di Malaysia. Seperti yang Anda ketahui, saat ini, makin banyak masyarakat Indonesia yang ingin kerja di luar negeri termasuk Malaysia. Namun sebagaimana wajarnya, pekerja Indonesia yang ingin bekerja di Malaysia wajib memiliki kelengkapan dokumen agar bisa tinggal dan bekerja di negara tersebut. Salah satu kelengkapan dokumen itu adalah visa kerja.

Visa kerja wajib Anda miliki sebagai bukti bahwa Anda memiliki izin bekerja di Malaysia. Jika tidak ada visa kerja, maka Anda akan dianggap sebagai pekerja ilegal. Tentunya ada konsekuensi hukum untuk pekerja ilegal, mulai dari penjara hingga deportasi. Anda pasti tidak mau mengalami hal tersebut bukan? Itulah sebabnya penting bagi Anda untuk memiliki visa kerja. Untuk membantu Anda dalam mendapatkan visa kerja ke Malaysia, berikut beberapa panduan mengenai cara mengurus visa kerja ke Malaysia yang perlu Anda pahami.

Syarat Dokumen untuk Mengurus Visa Kerja

pile documents stack up table 101448 80 - Bagaimana Cara Mengurus Visa Kerja ke Malaysia? Ini Infonya

Sebelum mengetahui cara mengurus visa kerja ke Malaysia, Anda tentu harus memahami syarat-syarat dokumen yang harus dipersiapkan. Berikut adalah beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk mengurus visa kerja ke Malaysia.

  1. 2 pas foto resmi berukuran 4X6.
  2. Fotokopi paspor semua halaman, termasuk halaman yang kosong.
  3. Surat rekomendasi atau keterangan kerja dari perusahaan.
  4. Resume atau CV.
  5. Fotokopi kemampuan akademis berbahasa Indonesia (ijazah terakhir atau sertifikasi dari lembaga pendidikan).
  6. Fotokopi kemampuan akademis berbahasa Inggris atau berbahasa Melayu, dengan cap dari penerjemah tersumpah.
  7. Uraian pekerjaan (job description).

Walaupun nantinya dokumen yang diminta adalah salinannya, Anda tetap harus membawa dokumen asli untuk ditunjukkan. Jika tidak, pihak kedutaan tidak akan melayani Anda hingga semua dokumen asli dibawa secara lengkap. Selain itu, untuk pekerja yang sudah menikah harus mempersiapkan beberapa dokumen tambahan, meliputi:

  1. Kartu Keluarga (KK).
  2. Buku nikah.
  3. Akta Kelahiran anak (jika ada).
  4. Fotokopi paspor anggota keluarga.

Sementara untuk pihak perusahaan tempat Anda bekerja, wajib menyediakan beberapa dokumen seperti surat kontrak dan surat persetujuan visa. Dokumen-dokumen ini nantinya dibutuhkan saat mengurus visa kerja di kantor perwakilan negara Malaysia.

Cara Mengurus Visa Kerja ke Malaysia

visa application form travel immigration document money passport map travel plan 36325 967 - Bagaimana Cara Mengurus Visa Kerja ke Malaysia? Ini Infonya

Cara mengurus visa kerja ke Malaysia bisa Anda lakukan melalui agensi atau datang langsung ke kantor perwakilan negara Malaysia. Semuanya tergantung dari kebijakan perusahaan tempat Anda bekerja nantinya. Bagi Anda yang mengurus visa kerja ke Malaysia melalui kantor perwakilan, cara-cara atau prosedur yang harus Anda jalani yaitu sebagai berikut:

  • Mengumpulkan dokumen dan legalisir

Sebelum Anda atau perusahaan mengurus permohonan visa kerja, pastikan semua dokumen lengkap. Termasuk dokumen mana yang butuh legalisir dari kedutaan dan notaris. Secara umum, negara Malaysia mengharuskan pekerja asing untuk melegalisir semua dokumen ke pihak kedutaan. Jadi, pastikan Anda melakukan hal itu sebelum mengajukan permohonan visa kerja.

  • Mengajukan permohonan visa kerja ke Malaysia

Umumnya, saat mengajukan permohonan visa kerja, Anda akan diminta untuk mengirimkan hasil scan semua dokumen lewat e-mail. Sedangkan, surat kerja atau kontrak kerja harus dikirim lewat pos, karena pihak kantor perwakilan Malaysia akan meminta tanda tangan asli Anda. Lama waktu persetujuan dari pengiriman dokumen antara satu sampai dua minggu. Setelah mendapat surat persetujuan permohonan, baru Anda bisa datang kembali ke kantor perwakilan Malaysia untuk mendapatkan visa kerja.

  • Mendapatkan visa kerja ke Malaysia

Saat Anda datang ke kantor perwakilan Malaysia, Anda akan diminta mengisi formulir. Isi data dengan warna pena yang ditentukan, biasanya pena warna hitam atau biru. Setelah itu, petugas akan memeriksa semua dokumen termasuk apakah pengisian formulir sudah benar atau belum. Jika semua lengkap, maka Anda bisa membayar sesuai tarif yang ditentukan. Kemudian, serahkan paspor yang nantinya akan dimasukkan visa kerja di dalamnya kepada petugas. Setelah itu, Anda akan menerima struk untuk pengambilan paspor dan visa kerja nantinya. Proses pembuatan visa kerja tidak bisa sehari jadi, Anda harus menunggu sekitar 5-7 hari kerja hingga visa kerja diterbitkan.

Lama Waktu yang Dibutuhkan dalam Mengurus Visa Kerja

portrait beautiful young asian woman show clock alarm 74190 10483 - Bagaimana Cara Mengurus Visa Kerja ke Malaysia? Ini Infonya

Dari setiap cara mengurus visa kerja ke Malaysia, sejak pengumpulan dokumen hingga Anda benar-benar memiliki visa kerja, lama waktu yang dibutuhkan sekitar 30 sampai 45 hari. Mengingat waktu yang dibutuhkan cukup lama, ada baiknya jika Anda mengurus visa kerja ke Malaysia dari jauh-jauh hari keberangkatan. Waktu yang efektif untuk mengurus visa kerja adalah 3–4 bulan sebelum keberangkatan.

Baca Juga: Berapa Lama Proses Pembuatan Paspor? Cek Infonya di Sini

Demikian beberapa panduan mengenai cara mengurus visa kerja ke Malaysia yang wajib Anda pahami. Mengurus visa kerja memang membutuhkan kesabaran. Anda harus mau mengantri serta bolak-balik ke kantor kedutaan dan kantor perwakilan negara Malaysia, serta harus mempersiapkan fotokopi berkas-berkas yang dibutuhkan. Namun tenang saja, usaha yang Anda lakukan dalam mengurus visa kerja tersebut adalah salah satu cara untuk memastikan urusan administratif bekerja di Malaysia dapat berjalan lancar.

Namun perlu Anda ingat, tak cukup dengan memastikan dokumen untuk tinggal di Malaysia lancar, Anda juga perlu memastikan pengiriman uang dan pembayaran tagihan dari Malaysia ke Indonesia juga bisa dilakukan dengan aman dan mudah. Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola sebagai solusinya. Tak perlu repot antre di bank, hanya dengan aplikasi Qelola di smartphone, Anda sudah bisa mengirim uang dan membayar berbagai tagihan ke Indonesia secara cepat, praktis, dan murah. Tunggu apalagi? Segera unduh aplikasi Qelola sekarang juga!

Tags: , , , , , , , , ,