Daftar Universitas di Malaysia yang Membuka Manajemen Bisnis

universitas manajemen bisnis

Menentukan jurusan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi memang bukan perkara mudah. Bagi sebagian lulusan SMA atau SMK mungkin memiliki daftar calon jurusan yang akan dituju dan berbagai hal yang dipertimbangkan. Salah satu jurusan yang mendapat banyak perhatian adalah jurusan manajemen bisnis. Tidak sedikit para calon mahasiswa yang menginginkan kuliah manajemen bisnis di luar negeri. Karena selain pengalaman dan ilmu yang didapat bisa lebih luas, perkembangan bisnis yang pesat di luar negeri juga patut untuk dipelajari langsung di negara tersebut. Satu dari banyak negara yang memiliki kualitas jurusan manajemen bisnis bagus adalah negara Malaysia. Berikut ini adalah universitas internasional dan lokal yang membuka jurusan manajemen bisnis di Malaysia.

1.  Universitas di Malaysia yang Membuka Manajemen Bisnis

Terdapat 2 kategori universitas yang menyediakan jurusan manajemen bisnis, baik bagi mahasiswa Malaysia maupun mahasiswa internasional seperti Anda. 2 kategori tersebut adalah universitas internasional hasil kerjasama Malaysia dengan kampus pusat yang ada di luar negeri, dan universitas lokal milik pemerintah Malaysia. Jika dilihat dari jumlahnya, universitas lokal memang lebih banyak membuka jurusan manajemen bisnis daripada kampus internasional. Meskipun begitu, kualitasnya bukan dilihat dari lokal atau bukan, karena keduanya sama-sama memiliki program pendidikan yang bagus.

a. Universitas Internasional di Malaysia

  • Monash University (MU) Malaysia, kerjasama dengan MU Australia.
  • Curtin University (CU) Malaysia, kerjasama dengan CU Australia.
  • Swinburne University (SU) Malaysia, kerjasama dengan SU Australia.
  • Heriot-Watt University Malaysia, kerjasama dengan Heriot-Watt University Inggris.
  • University of Reading (UR), kerjasama dengan UR Inggris.

b. Universitas Lokal Malaysia

MUM ican education.com 2 700x366 - Daftar Universitas di Malaysia yang Membuka Manajemen Bisnis

2.  Biaya Kuliah Jurusan Manajemen Bisnis

Biaya kuliah untuk jurusan manajemen bisnis di Malaysia memang berbeda bagi setiap universitas. Namun jumlah tersebut sudah mencakup biaya pendaftaran, biaya perkuliahan, premi kesehatan dari kampus, serta biaya-biaya lainnya. Serta memiliki kemungkinan berkurang atau bahkan gratis jika Anda mendapatkan beasiswa. Anda dapat menghubungi universitas pilihan Anda melalui telpon atau media sosial mereka untuk mengetahui rincian biayanya. Berikut ini kisaran biaya kuliah untuk jurusan manajemen bisnis di universitas negeri dan swasta:

Jenjang dan Universitas Biaya Kuliah per Tahun (2 Semester)
Sarjana/S1 universitas negeri Rp30 – Rp40 juta
Sarjana/S1 universitas swasta Rp40 – Rp175 juta
Master/S2 universitas negeri Rp60 – Rp80 juta
Master/S2 universitas swasta Rp65 – Rp200 juta

Baca Juga: Kira-Kira Berapa Biaya Kuliah di Malaysia Sampai Lulus?

3.  Syarat Kuliah di Malaysia

Syarat umum bagi mahasiswa internasional, termasuk calon mahasiswa dari Indonesia yang ingin kuliah di Malaysia, sama untuk hampir semua universitas. Baik untuk jurusan manajemen bisnis atau bukan, berikut ini beberapa syarat yang harus dipenuhi para calon mahasiswa:

  • Ijazah SMA dengan nilai rata-rata 7 hingga 9.
  • Ijazah D3 dengan IPK minimal 2,5 bagi mahasiswa yang akan meneruskan program sarjana dengan ilmu yang relevan.
  • Sertifikat IELTS dengan skor minimal 4 (sarjana/S1) dan minimal 6,5 (master/S2)*.
  • Sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450 hingga 550 (PBT) untuk S1, dan minimal 600 (PBT) untuk S2*.
  • Lulus program foundation/GCE/O Level/IB.
  • Kualifikasi setara lain yang ditentukan pemerintah Malaysia.
  • Surat Rekomendasi dari universitas sebelumnya, khusus bagi calon mahasiswa S2*.

Catatan: * = syarat bagi calon mahasiswa S2.

 

rsz kent 20191112175038 - Daftar Universitas di Malaysia yang Membuka Manajemen Bisnis

4.  Perlukah Paspor dan Visa Pelajar?

Paspor dan visa pelajar adalah dokumen perjalanan dan syarat tinggal di Malaysia. Sehingga keduanya wajib dimiliki oleh mahasiswa internasional. Namun, untuk mengurus kedua dokumen ini, khususnya visa pelajar, Anda harus sudah resmi diterima oleh salah satu universitas di Malaysia terlebih dahulu. Karena mulai tahun 2014, mahasiswa tidak bisa menggunakan visa berkunjung yang dikonversikan ke visa studi. Universitas yang menerima Anda tersebutlah yang akan membantu mengurus visa pelajar Anda dengan mengeluarkan Offer Letter.

Mendapatkan Offer Letter berarti Anda bisa meneruskan ke tahap selanjutnya hingga mendapatkan Single Entry Visa (SEV). Dari SEV inilah Anda baru diperbolehkan mengkonversikannya menjadi Multi Entry Visa (MEV). Untuk proses dan tahapan yang lebih rinci klik di sini.

Itu tadi beberapa informasi penting bagi Anda yang ingin kuliah manajemen bisnis di luar negeri, khususnya Malaysia. Jika Anda baru terpikirkan sekarang untuk kuliah di luar negeri, maka tidak ada salahnya mencoba mendapatkan beasiswa kuliah di Malaysia yang banyak ditawarkan, baik dari perusahaan maupun dari pemerintah Indonesia. Sedangkan bagi Anda yang sudah lama mengimpikan kuliah di luar negeri, sampai mana persiapan Anda? Apakah urusan kirim mengirim biaya kuliah dan biaya hidup antar negara sudah Anda siapkan? Jika belum, ada aplikasi transfer dan pembayaran tagihan yang harus Anda coba. Aplikasi dengan berbagai fitur dan biaya transfer murah ini adalah Qelola. Yuk download aplikasi Qelola di sini.

Tags: , , , ,