Kuliah Jurusan Marketing di Malaysia: Keuntungan dan Prospek Kerja

marketing dan pemasaran

Memutuskan untuk kuliah di luar negeri merupakan tantangan tersendiri bagi Anda yang ingin mencoba belajar hal baru. Selain mendapatkan kualitas pendidikan yang luar biasa, belajar di luar negeri bisa membuat pikiran Anda lebih terbuka pada banyak hal. Anda juga bisa belajar budaya dan keterampilan baru karena Anda akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia. Dengan standar pendidikan terbaik, Malaysia menjadi salah satu pilihan yang patut Anda pertimbangkan sebagai calon mahasiswa internasional. Bahkan Anda bisa menemukan universitas dan institusi pendidikan di Malaysia yang masuk dalam jajaran 200 universitas terbaik di dunia. Tak terkecuali dalam menawarkan program pendidikan untuk jurusan marketing.

Jurusan marketing (pemasaran) menjadi salah satu jurusan kuliah yang paling diminati di Malaysia. Sehingga tidak heran jika banyak universitas yang membuka kelas untuk jurusan pemasaran. Meskipun banyak peminat, apakah Anda yakin Anda cocok berada di jurusan ini? Lalu apa keuntungannya mengambil jurusan marketing di Malaysia? Serta bagaimana prospek kerja kedepannya? Berikut ini penjelasanya.

1.  Alasan dalam Memilih Jurusan Marketing dan Mengambilnya di Malaysia

Pertama, tentu saja lulusan jurusan marketing banyak dibutuhkan oleh dunia kerja. Mulai dari perusahaan baru, perusahaan besar, bahkan instansi pemerintahan pun membutuhkannya terutama untuk mempromosikan kegiatan atau kebijakan baru untuk masyarakat. Terlebih lagi jika Anda lulusan universitas luar negeri, jaringan pertemanan Anda akan lebih luas dan beragam.

Apabila Anda mengambil kuliah di Malaysia, Anda dapat melaksanakan magang selama 6 hingga 12 bulan. Waktu yang sangat cukup untuk mendapatkan pengalaman, koneksi, bahkan bisa jadi Anda direkrut melalui jalur prestasi di perusahaan tersebut. Sehingga bukan tidak mungkin Anda bisa bekerja juga di Malaysia, atau bahkan negara lainnya. Untuk gajinya, jangan ditanya lagi jika Anda berhasil kerja di luar negeri.

Kedua, ilmu dan pengalaman marketing saat kuliah dan magang di perusahaan adalah bekal yang sangat penting dalam memulai bisnis. Jika Anda tidak tertarik menjadi tenaga kerja, Anda dapat memulai usaha. Bisnis apapun yang baru saja mulai pasti membutuhkan pemasaran atau marketing produk, dan Anda sudah memilikinya. Bahkan nantinya Anda bisa bekerja sama dengan teman kuliah yang memiliki passion sama. Bayangkan jika Anda mengambil kuliah di Malaysia atau negara lain. Kesempatan untuk melebarkan usaha akan jauh lebih besar bukan?

cafe 768771 960 720 - Kuliah Jurusan Marketing di Malaysia: Keuntungan dan Prospek Kerja

2.  Prospek Kerja Lulusan Jurusan Marketing dan Gajinya

  • Koordinator Marketing, atau bisa juga disebut dengan eksekutor strategi pemasaran yang telah dirancang oleh perencana marketing. Tugasnya adalah mengawasi kinerja para sales atau bagian penjualan dan memastikan target penjualan tercapai untuk waktu tertentu. Gaji yang didapatkan berkisar antara Rp4 – Rp6 juta per bulan dan bisa lebih tinggi lagi jika bekerja di perusahaan multinasional.
  • Manajer Marketing, yang bertugas untuk menganalisis produk dan jasa yang dimiliki perusahaan dan pesaingnya, kemudian menemukan strategi pemasaran yang tepat. Salah satu strategi tersebut adalah dengan mengidentifikasi pasar yang potensial bagi produk perusahaan. Gaji yang didapatkan berkisar antara Rp5 – Rp7 juta per bulan dan bisa lebih tinggi lagi jika bekerja di perusahaan multinasional.
  • Konsultan Marketing, yang memiliki tugas dalam memberikan jasa konsultasi dalam bidang marketing. Mulai dari bagaimana merancang produk, menentukan harga, menentukan desain kemasan, wilayah distribusi, hingga strategi persaingan. Gaji yang didapatkan berkisar antara Rp4 – Rp6 juta per bulan dan bisa lebih tinggi lagi jika bekerja di perusahaan multinasional.
  • Spesialis Marketing Online (SEO), yang bertugas dalam mengoptimalkan website dan media online lain milik perusahaan dalam kaitannya dengan promosi produk. SEO fokus pada peningkatan kinerja website agar tampil pada halaman pertama hasil pencarian kata kunci yang berhubungan dengan produk. Gaji yang didapatkan berkisar antara Rp3 – Rp3,5 juta per bulan untuk pemula dan Rp4 – Rp7 juta per bulan untuk yang telah berpengalaman.

seo 758264 960 720 - Kuliah Jurusan Marketing di Malaysia: Keuntungan dan Prospek Kerja

Hal penting yang harus digaris bawahi adalah jika Anda lulusan universitas luar negeri, kesempatan untuk bekerja di perusahaan multinasional akan lebih besar. Selain kemampuan Anda yang diperhitungkan, koneksi dan pengalaman magang seperti yang ditawarkan beberapa universitas di Malaysia juga akan berpengaruh. Jadi bukan tidak mungkin gaji Anda akan jauh lebih tinggi dari kisaran gaji di atas.

Baca Juga: Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Ini Jurusan Paling Diminati

Itu tadi beberapa informasi penting bagi Anda yang ingin kuliah jurusan marketing di luar negeri, khususnya Malaysia. Jika Anda baru terpikirkan sekarang untuk kuliah di luar negeri, maka tidak ada salahnya mencoba mendapatkan beasiswa kuliah di Malaysia yang banyak ditawarkan, baik dari perusahaan maupun dari pemerintah Indonesia. Sedangkan bagi Anda yang sudah lama mengimpikan kuliah di luar negeri, sampai mana persiapan Anda? Apakah urusan kirim mengirim biaya kuliah dan biaya hidup antar negara sudah Anda siapkan? Jika belum, ada aplikasi transfer dan pembayaran tagihan yang harus Anda coba. Aplikasi dengan berbagai fitur dan biaya transfer murah ini adalah Qelola. Yuk download aplikasi Qelola di sini.

Tags: , , , ,