Jurusan Culinary Arts, Tak Hanya Belajar tentang Makanan

Culinary Arts

Pernahkah terpikir oleh Anda untuk kuliah di bidang culinary arts? Atau mungkin, frasa tersebut masih asing di telinga Anda? Bidang ini merupakan salah satu bidang kuliah yang fokus pada studi mengenai makanan (bahan, pembuatan, hingga penyajian dan cita rasa) dan mengenai bagaimana bisnis terkait dengan makanan dilaksanakan. Tentu saja, karena studinya cukup luas, banyak hal menarik yang bisa Anda pelajari di sini.

Makanan sendiri, secara khusus, tidak hanya berupa entitas yang ada untuk dimakan dan memuaskan manusia. Makanan juga merupakan hasil dari sebuah kebudayaan yang disusun berdasarkan nilai dari budaya tersebut. Jadi ketika Anda belajar di bidang culinary arts, Anda juga secara langsung akan belajar mengenai budaya yang terkait dengan makanan tersebut.

Alasan Belajar Culinary Arts

Untitled design701 - Jurusan Culinary Arts, Tak Hanya Belajar tentang Makanan

Mempelajar culinary arts merupakan satu hal yang diperlukan jika Anda mengaku sebagai penggemar makanan dari berbagai penjuru dunia. Pasalnya, dengan belajar di bidang ini Anda akan memiliki ilmu yang diperlukan untuk membuat masakan, memahami setiap prosesnya, memahami kandungan yang ada di dalamnya, budaya yang menghasilkan makanan tersebut, hingga strategi pemasaran yang tepat untuk makanan yang dibuat.

Belajar memasak sekaligus belajar mengenai budaya lain menjadi salah satu nilai tambah dari bidang ini. Sebab tidak mungkin Anda belajar mengenai masakan Mongolia, misalnya, tanpa belajar pula mengenai kebudayaan Mongolia yang kemudian dapat menghasilkan makanan lezat tersebut.

Dengan ilmu yang dimiliki dari studi bidang ini, Anda juga akan memiliki pemahaman mengenai kandungan nutrisi pada setiap makanan yang Anda buat. Hal ini penting untuk bidang kesehatan, misalnya saja untuk menyusun menu diet atau untuk menyusun menu makanan yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi harian tanpa mengesampingkan rasa makanan yang disajikan.

Jika Anda ingin menjalani bisnis kuliner, bidang ini juga menawarkan studi mengenai manajemen makanan hingga ke taraf pemasarannya. Makanan merupakan komoditas yang tidak mengenal musim, artinya, bisnis di bidang ini memiliki kesempatan besar untuk terus bertahan dan berkembang dengan baik.

Jadi, sudah cukupkah alasan untuk terjun dan belajar di bidang culinary arts?

Prospek Kerja Bidang Kuliner

Untitled design699 - Jurusan Culinary Arts, Tak Hanya Belajar tentang Makanan

Jika sejauh ini prospek kerja yang terbayang untuk bidang ini hanyalah menjadi koki atau staf dapur saja, Anda salah besar. Banyak sekali pekerjaan yang dapat dimasuki dengan berdasar kemampuan bidang culinary arts. Tentu segmennya sangat jelas, pada bidang kuliner, namun spektrum profesinya tergolong cukup luas dan menjanjikan.

Beberapa profesi yang bisa diperoleh dengan bidang studi ini adalah sebagai berikut:

Chef

Tentu, menjadi salah satu profesi andalan bidang ini adalah sebagai koki. Dengan kemampuan dan pengetahuan tentang masakan, Anda bisa menjadi seorang koki handal dengan gaji cukup tinggi. Koki juga memiliki banyak kategori lebih kecil, sesuai dengan fokusnya masing-masing. Jangan salah, koki di luar negeri merupakan pekerjaan yang prestisius dan bergengsi.

Food Scientist

Sebagai seorang ilmuwan makanan, Anda bisa meneliti banyak hal yang terkait dengan makanan. Mulai dari nutrisi apa yang terkandung, komposisi penyusun suatu makanan agar menciptakan cita rasa yang tinggi, hingga penelitian mengenai sumber pangan baru yang dapat dijadikan alternatif. Cukup keren bukan?

Pengusaha Bidang Kuliner

Dengan memahami manajemen makanan yang diproduksi, Anda bisa menjadi seorang pengusaha di bidang kuliner yang sukses. Menjadi perencana di bidang kuliner, mendirikan kafe atau restoran dengan konsep unik, hingga mengangkat makanan-makanan tradisional yang bercita rasa tinggi sehingga mendapatkan segmen pasar yang baik. Selama Anda bisa jeli melihat kesempatan yang ada, menjadi pengusaha sukses bukan lagi sekedar impian kan?

Dedikasi dan Kedisiplinan

Untitled design702 - Jurusan Culinary Arts, Tak Hanya Belajar tentang Makanan

Seperti semua bidang kuliah yang lain, hal utama yang diperlukan agar Anda sukses belajar mengenai bidang ini adalah dedikasi dan kedisiplinan. Dengan kemauan yang kuat, Anda akan benar-benar mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diterapkan di dunia nyata ketika Anda lulus nantinya. Terlebih jika Anda kembali ke Indonesia, banyak sekali kesempatan untuk menjadi pengusaha bidang kuliner.

Jika Anda memutuskan untuk bekerja di Malaysia, tentu merupakan keputusan yang baik. Dengan bekerja di luar negeri Anda akan mendapatkan pengalaman kerja yang lebih banyak sehingga mampu mengembangkan diri dengan lebih baik. Berbekal dedikasi dan kedisiplinan, lulusan kuliah culinary arts bisa sukses pada bidangnya masing-masing, baik sebagai chef, atau sebagai pengusaha bidang kuliner.

Baca Juga: Dapat Beasiswa Kuliah di Malaysia? Simak 4 Poin Penting Ini!

Mempelajari culinary arts dapat membuka wawasan sekaligus kesempatan karir yang cukup menjanjikan. Gaji yang tinggi serta status sosial yang cukup terpandang, tak heran jika bidang kuliah ini juga banyak diminati oleh calon mahasiswa. Nah, ketika nantinya Anda sudah mendapatkan pekerjaan dengan berbekal ijazah yang didapatkan, jangan lupa untuk mengirimkan uang kepada keluarga di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Anda bisa menggunakan layanan Qelola untuk hal ini. Layanan remitansi Qelola memberikan garansi transfer cepat dan biaya ekonomis, sehingga benar-benar jadi partner terbaik untuk TKI yang ada di Malaysia. Unduh aplikasinya di sini, dan semoga karir Anda sukses!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,