Perhatikan Etika dalam Bekerja Berikut Demi Karir Anda di Masa Depan

etika kerja

Etika adalah istilah yang mengacu kepada sifat, watak, adat, dan kebiasaan. Selain itu etika juga diartikan sebagai nilai tentang benar dan salah yang dianut oleh masyarakat. Etika ini sangat penting diterapkan di mana saja termasuk di lingkungan kerja. Menerapkan etika dalam bekerja akan membawa banyak dampak positif bagi Anda, rekan kerja, dan juga atasan di perusahaan. 

Kepribadian diri akan menjadi lebih baik, interaksi dengan sesama karyawan dan atasan berjalan harmonis bahkan bisa jadi mendongkrak karir Anda nantinya. Lalu etika apa saja yang harus diterapkan dalam lingkungan kerja. Informasi selengkapnya bisa Anda simak lewat artikel berikut ini.

Menjaga Penampilan

lifestyle business people holding laptop computer office desk 1150 10180 - Perhatikan Etika dalam Bekerja Berikut Demi Karir Anda di Masa Depan

Tampil rapi dan sopan di lingkungan kerja termasuk etika dalam bekerja. Bahkan dalam syarat lowongan kerja sering disebutkan bahwa penampilan harus menarik. Ya, bekerja di suatu perusahaan tentu saja akan berhadapan dengan banyak orang. Dengan memperhatikan penampilan dan mengenakan busana yang sesuai dengan citra perusahaan tentu akan meningkatkan kepercayaan diri serta kenyamanan dalam bekerja. 

Selain itu, orang yang punya penampilan menarik juga punya nilai plus tersendiri di mata atasan atau klien perusahaan. Apalagi jika Anda harus mewakili perusahaan untuk datang ke acara-acara tertentu, menjaga penampilan agar terlihat menarik tentunya juga akan membawa nama baik perusahaan.

Sikap Hormat dan Menghargai Atasan Serta Rekan Kerja

car mechanic female customer talk hold hands repair car girl 140555 479 - Perhatikan Etika dalam Bekerja Berikut Demi Karir Anda di Masa Depan

Nah, karena Anda adalah bagian kecil dalam suatu perusahaan maka sudah seharusnya bersikap baik dan hormat kepada siapa saja. Tidak hanya berlaku untuk atasan Anda saja, tapi juga sesama rekan kerja bahkan para bawahan di kantor. Sikap hormat ini harus selalu Anda tunjukkan agar suasana kerja di kantor bisa selalu harmonis dan terhindar dari keributan personal. Sikap hormat bisa Anda tunjukkan dengan memberikan sapaan santun kepada atasan dan rekan kerja saat berpapasan. 

Bisa juga dengan permohonan maaf apabila Anda melakukan kesalahan yang mungkin sifatnya masih bisa ditolerir. Sikap hormat bisa diperlihatkan juga dengan melampirkan surat izin kerja apabila sakit atau berhalangan untuk berangkat kerja. Saat ada niat untuk mengundurkan diri pun, Anda tidak bisa main kabur begitu saja tanpa pemberitahuan. Buatlah surat resign jauh-jauh hari dengan alasan yang masuk akal sehingga Anda tetap punya hubungan yang baik dengan perusahaan sekalipun sudah tidak bekerja di sana lagi.

Baca Juga: Paklaring Adalah Surat Keterangan Bekerja, Intip Informasinya Berikut Ini

Memiliki Jiwa yang Bertanggung Jawab

two women working office 1150 14250 - Perhatikan Etika dalam Bekerja Berikut Demi Karir Anda di Masa Depan

Saat bekerja di kantor, pekerjaan Anda adalah tanggung jawab Anda. Pelajari pekerjaan Anda dengan sungguh-sungguh dan kerjakanlah sebaik mungkin. Apabila Anda melakukan kesalahan, itu wajar, namun cobalah untuk introspeksi diri dan berusaha memperbaiki kesalahan tersebut. Jangan sampai Anda malah mencari kambing hitam dan mencari-cari alasan karena tidak mau disalahkan. 

Pekerjaan Anda di kantor juga berhubungan dengan hajat hidup orang banyak terutama karyawan dalam perusahaan itu sendiri. Jadi apabila Anda membuat kesalahan bisa saja mempengaruhi kinerja karyawan yang lain. Maka dari itu, apapun kesalahan atau kegagalan yang dibuat selalu coba untuk selesaikan dengan baik. Apabila terasa berat, Anda bisa berdiskusi dan minta pertolongan kepada sesama rekan kerja atau atasan.

Tidak Membawa Urusan Pribadi ke Lingkungan Kerja

lifestyle beautiful asian business young woman using laptop computer office desk 1150 15422 - Perhatikan Etika dalam Bekerja Berikut Demi Karir Anda di Masa Depan

 

Etika dalam bekerja yang tak kalah penting lainnya adalah dengan tidak mencampur adukkan masalah pribadi ke ranah kerja. Sesekali Anda pasti punya masalah pribadi yang mengganggu pikiran. Masalah ini pun sering mempengaruhi mood sehingga emosi Anda menjadi tidak stabil. Nah, jangan sampai suasana hati Anda yang sedang kacau ini terbawa ke lingkungan kantor karena bisa fatal akibatnya.

Bos Anda tentunya tidak mau tahu dengan konflik batin yang sedang Anda alami. Apabila masalah pribadi Anda membuat kinerja menjadi buruk, baik perusahaan dan Anda juga akan dirugikan. Latihlah pribadi Anda agar bisa mengontrol emosi sebaik mungkin. Bersikaplah profesional saat bekerja apapun masalah yang tengah dihadapi. Dengan begitu Anda pun akan memiliki mental yang kuat.

Selain etika dalam bekerja, perhatikanlah pengelolaan gaji bulanan Anda agar tersalurkan sesuai dengan anggaran yang telah dibuat. Gunakanlah aplikasi keuangan berbasis online untuk membantu pengaturan pendapatan tersebut. Salah satu aplikasi terpercaya dan aman yang bisa Anda coba adalah aplikasi Qelola.

Aplikasi Qelola pada awalnya adalah sebuah aplikasi online yang dirancang khusus untuk TKI di Malaysia yang ingin berkirim uang ke tanah air. Uang yang Anda kirim pun langsung masuk ke rekening tujuan di hari itu juga dalam sekejap saja. Selain kirim uang, Qelola juga mendukung Anda untuk bisa membayar berbagai tagihan di Indonesia lho! Mulai dari tagihan listrik, air, TV Kabel, bahkan BPJS Kesehatan dapat Anda lunasi langsung dari Malaysia. Caranya bagaimana? Cukup dengan mengunduh aplikasi Qelola di ponsel pribadi, kini Anda bisa kirim-kirim uang dan bayar-bayar tagihanmu di mana saja dan kapan saja. Lebih lanjut tentang aplikasi ini, Anda bisa mampir ke website resmi Qelola di sini!

 

 

 

Tags: , , ,