Ingin Liburan di Luar Negeri? Cermati Cara Mengatur Keuangan Ini!

Cara Mengatur Keuangan

Siapa diantara Anda yang membaca artikel ini tidak merindukan liburan ke luar negeri? Hal menyenangkan yang satu ini memang harus tertunda karena satu dan lain hal, yang seperti kita tahu, tidak bisa dipungkiri. Namun demikian, tidak ada salahnya Anda sedikit membaca beberapa cara mengatur keuangan ketika berlibur ke luar negeri, sebagai satu langkah persiapan untuk liburan nantinya.

Tidak sedikit dari orang Indonesia memiliki waktu yang menyenangkan ketika berlibur ke luar negeri. Tak perlu jauh ke Eropa atau Amerika, Malaysia juga bisa jadi tujuan yang cukup menyenangkan. Terlebih untuk Anda yang gemar mencari lokasi liburan dengan harga terjangkau, Malaysia menawarkan banyak sekali objek dengan kriteria seperti ini. Nah, untuk semakin menekan pengeluaran Anda, Anda wajib tahu cara mengatur keuangan yang tepat selama Anda berlibur.

Agar tetap menyenangkan tanpa beresiko melubangi kantong Anda, simak beberapa cara mengatur keuangan berikut ini!

Penukaran Uang di Indonesia Bisa Jadi Cara Mengatur Keuangan Utama

Untitled design690 - Ingin Liburan di Luar Negeri? Cermati Cara Mengatur Keuangan Ini!

Sebelum Anda berangkat untuk liburan, pastikan Anda menukarkan sejumlah uang yang Anda perlukan untuk liburan di Indonesia. Well, mungkin terpautnya tidak akan banyak jika dihitung satuan, namun jika Anda menukarkan seluruh kebutuhan uang yang Anda gunakan di Malaysia nanti, akan cukup banyak yang akan Anda hemat.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa penukaran uang asing di negeri asalnya akan menjadi lebih mahal. Hal ini dikarenakan penukaran uang di negara asal paham jika Anda memerlukan mata uang tersebut untuk bertransaksi, dan Anda tidak memiliki banyak pilihan. Pastikan memilih tempat penukaran uang yang memberikan nilai penukaran terbaik ketika di Indonesia.

Cara Mengatur Keuangan Ketika Liburan, Cukup Uang Tunai

Untitled design689 - Ingin Liburan di Luar Negeri? Cermati Cara Mengatur Keuangan Ini!

Cara praktis yang digunakan banyak orang ketika akan bepergian ke luar negeri adalah dengan menggunakan kartu debit atau kredit dalam transaksi yang dilakukan. Padahal, cara ini merupakan satu pemborosan. Mengapa? Setiap transaksi akan dikenakan biaya administrasi yang tidak sedikit, biaya ini jika Anda gunakan untuk berbelanja mungkin bisa jadi oleh-oleh yang cukup banyak.

Cara kedua dalam mengatur keuangan ketika liburan adalah bawa cukup uang tunai. Jadi logikanya semakin sedikit Anda menggunakan transaksi elektronik yang memiliki biaya administrasi, maka pos pengeluaran ini dapat ditekan. Selalu berhati-hati dalam membawa uang di negeri orang, kewaspadaan adalah hal utama ketika Anda berlibur di luar negeri untuk menghindari suatu hal yang tidak diinginkan terjadi.

Tawar Barang yang Anda Beli, Kenapa Tidak?

Untitled design688 - Ingin Liburan di Luar Negeri? Cermati Cara Mengatur Keuangan Ini!

Salah satu keseruan dalam berbelanja adalah proses tawar menawar yang terjadi ketika akan dilakukan transaksi. Tidak hanya di Indonesia saja, hal ini juga awam dilakukan oleh turis ketika berada di luar negeri. Dengan kepiawaian alami dalam urusan tawar menawar yang Anda miliki, banyak sekali uang yang bisa dihemat.

Lakukan penawaran dengan harga yang masih masuk akal. Pastikan harga yang akan Anda bayar adalah harga terbaik dari beberapa lapak dagangan yang Anda temui. Ingat, dalam urusan berhemat Anda tidak boleh malu-malu dan tidak mau repot. Segala hal bisa dilakukan demi mendapatkan kebahagiaan dengan harga terjangkau.

Tidak Perlu Tempat Istirahat yang Mahal

Untitled design687 - Ingin Liburan di Luar Negeri? Cermati Cara Mengatur Keuangan Ini!

Menginap di hostel atau penginapan dengan harga ekonomis jadi cara mengatur keuangan yang wajib Anda lakukan. Ketika Anda berkunjung ke Malaysia dalam rangka liburan, pengalaman utama yang Anda perlukan adalah ke tempat baru dan menyenangkan. Urusan beristirahat tidak terlalu urgent untuk lokasi yang mengesankan dan mahal. Kecuali memang Anda menyiapkan budget lebih untuk pos ini, maka tidak jadi masalah.

Jika liburan murah dan ekonomis yang Anda rencanakan, Malaysia memiliki banyak sekali pilihan penginapan dengan harga terjangkau yang dapat membuat rencana Anda jadi kenyataan. Lebih lanjut, bahkan Anda bisa menginap di tempat kerabat atau kenalan Anda yang ada di sana. Tidak perlu malu, toh Anda juga memintanya dengan cara yang baik dan tidak memaksa.

Baca Juga: Tips dan Trik Liburan Murah ke Luar Negeri yang Wajib Dicoba 

Liburan memang selalu jadi saat yang ditunggu oleh semua orang. Baik liburan di dalam atau luar negeri, semua memiliki harapan yang sama yakni membawa kebahagiaan dan dapat mengisi kembali semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Namun demikian agar tetap dapat mengontrol pengeluaran, cara-cara di atas bisa Anda terapkan. Asalkan Anda bisa mengontrol diri dan tetap disiplin, Anda tak perlu ragu kantong Anda bolong setelah liburan nanti.

Cara mengatur keuangan selama liburan sangat tepat diterapkan tak hanya untuk liburan backpacking, namun juga liburan dengan alokasi dana yang lebih besar. Dengan perencanaan yang tepat, Anda bisa mengoptimalkan dana yang Anda miliki untuk mendapatkan pengalaman yang benar-benar mengesankan. Hal ini akan berjalan lancar, apabila Anda tidak harus direpotkan dengan datangnya tagihan awal bulan bukan? Untuk urusan yang satu ini, Anda bisa mempercayakannya pada Qelola. Layanan remitansi ini dapat membantu Anda menyelesaikan pembayaran tagihan rutin dalam hitungan menit melalui aplikasinya. Unduh aplikasinya di sini, dan rencanakan liburan Anda sebaik mungkin!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,