Anda Seorang Fresh Graduate? Miliki Attitude Kerja ini

fresh graduate

Para fresh graduate yang baru selesai menempuh pendidikan, pastinya akan dihadapkan dengan dunia kerja. Salah satu hal yang perlu diperhatikan bagi para fresh graduate dalam dunia kerja adalah menjaga attitude. Attitude menjadi bagian yang penting dan menentukan dalam karir seseorang. Ini artinya attitude yang Anda miliki juga akan berpengaruh pada kehidupan orang-orang di sekitar Anda, lingkungan kerja, dan profesi pekerjaan Anda. Attitude juga sangat erat kaitannya dengan sikap dan perilaku seseorang terhadap orang lain, maka sangat penting untuk memiliki attitude yang baik dalam karir Anda.

Seseorang dengan attitude yang baik di kantor, akan sangat disenangi oleh rekan kerjanya. Terlebih, ia akan dapat beradaptasi dengan mudah terhadap lingkungan kerjanya. Inilah kemudian yang menjadi salah satu dasar penilaian perusahaan ketika merekrut seorang karyawan untuk perusahaannya. Mereka akan lebih suka mencari karyawan dengan attitude baik seperti berpikiran terbuka, rendah hati, dan berkepribadian baik agar karyawan tersebut selalu siap dalam menghadapi pekerjaannya dan bersedia ditempatkan di mana saja demi kepentingan perusahaan.

Supaya Anda tidak salah dalam bersikap, berikut ada beberapa attitude dasar yang harus Anda miliki sebagai fresh graduate ketika berada di tempat kerja.

  1. Bersikap Sopan Santun

sopan e1592711464595 - Anda Seorang Fresh Graduate? Miliki Attitude Kerja ini

Bersikap sopan santun merupakan dasar dari segalanya. Bersikap sopan santun juga merupakan kunci untuk memulai hubungan yang baik dalam dunia kerja. Tidak ada orang yang mau bekerjasama dengan orang yang tidak memiliki sopan santun. Orang dengan sikap sopan santun yang tinggi juga bisa menumbuhkan positive vibes di kantor. Biasakan untuk mengucapkan “terima kasih”, “maaf”, “tolong”, ketika berinteraksi dengan orang lain. Hal ini mudah dilakukan tapi sering terlewat dan dianggap tidak penting. Padahal ketiga kata ini merupakan magic words dalam berkomunikasi, karena akan memberikan kesan nyaman, dihargai, dan mengerti apa yang diharapkan oleh lawan bicara Anda.

  1. Berpikir Sebelum Berbicara

Berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara merupakan attitude paling dasar yang harus dimiliki oleh seorang fresh graduate. Mungkin ada sebagian orang yang tidak masalah ketika Anda berbicara secara blak-blakan, tapi sebagai seorang fresh graduate alangkah baiknya jika Anda menghindari hal itu ketika bekerja. Jangan sampai perkataan Anda menyinggung rekan kerja atau membuat marah atasan.

  1. Tidak Mencampuri Urusan Pribadi Orang Lain

rekan kerja - Anda Seorang Fresh Graduate? Miliki Attitude Kerja ini

Sebagai seorang fresh graduate, ketika masuk dunia kerja Anda harus tau dan belajar bagaimana menghadapi berbagai macam karakter orang dengan profesional. Jangan mencampuri urusan pribadi orang lain jika tidak diminta, karena hal itu bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman ketika mereka bekerja dengan Anda.

  1. Tidak Sembarangan Meminjam Barang

Jika Anda ingin sukses dalam berkarir, maka Anda harus selalu bisa menjaga attitude. Salah satunya adalah dengan tidak sembarangan meminjam atau memakai barang rekan kerja Anda tanpa izin. Anda tidak boleh berbuat sesuka hati hanya karena mereka bersikap ramah kepada Anda. Biasakan untuk meminta izin terlebih dahulu jika ingin meminjam barang yang bukan milik Anda.

  1. Tidak Sombong

Apapun kelebihan atau kemampuan yang Anda miliki, jangan pernah menyombongkannya di tempat kerja apalagi Anda adalah seorang fresh graduate. Sebagai seorang fresh graduate tentu Anda harus mengetahui hal ini, sebab di dalam dunia kerja yang dinilai adalah attitude, profesionalitas Anda ketika bekerja, dan juga bagaimana Anda bisa menempatkan diri.

  1. Tidak Bermalas-malasan saat Jam Kerja

waktu - Anda Seorang Fresh Graduate? Miliki Attitude Kerja ini

Dalam dunia kerja, bermalas-malasan tentu bukanlah tindakan yang tepat ketika masih jam kerja. Tidak ada perusahaan yang suka mempekerjakan orang yang suka malas-malasan. Jika pekerjaan Anda sudah selesai, maka kerjakanlah hal lain yang berguna agar Anda tetap bisa produktif selama jam kerja.

  1. Tidak Menyepelekan Waktu Kerja

Cara bersikap sebagai seorang fresh graduate yang wajib Anda lakukan adalah dengan tidak menyepelekan waktu kerja. Menyepelekan waktu kerja merupakan salah satu attitude buruk yang harus dihindari. Memang, ada sebagian perusahaan yang tidak mempermasalahkan kedatangan Anda ke tempat kerja yang sering terlambat. Akan tetapi, jika attitude buruk ini dilakukan secara terus-menerus akan tertanam dalam memori rekan kerja bahkan atasan Anda yang menyimulkan bahwa Anda seorang pemalas.

  1. Tidak Mengeluh

Attitude lain yang harus Anda miliki sebagai seorang fresh graduate adalah dengan tidak banyak mengeluh. Ada efek negatif yang akan Anda hadapi jika Anda terus-menerus mengeluh. Efek negatif ini tentu akan sangat merugikan Anda. Anda akan dicap sebagai karyawan tanpa passion karena sering mengeluh tanpa sebuah tindakan yang nyata. Saat Anda mengeluhkan pekerjaan Anda terhadap rekan kerja, ini juga akan menciptakan sebuah ruang negatif bagi perusahaan Anda. Jadikan hal ini untuk lebih fokus mencari jalan keluar dalam menyelesaikan pekerjaaan. Terlalu sering mengeluh juga akan membuat Anda terlihat buruk di mata atasan dan rekan kerja yang lain.

Baca Juga: Ingin Bekerja di Malaysia Setelah Selesai Kuliah? Cek Infonya di Sini

Demikianlah tips yang bisa Anda lakukan di kantor sebagai seorang lulusan yang baru memasuki dunia kerja.

Bagi Anda yang sudah bekerja sebagai fresh graduate di Malaysia, pastinya juga harus cermat mengatur keuangan di masa depan. Salah satu cara tepat agar dapat mengatur pengeluaran adalah dengan menggunakan aplikasi keuangan hemat biaya seperti QelolaQelola merupakan aplikasi keuangan yang dapat membantu Anda untuk melakukan transfer secara langsung kepada rekening bank tujuan di Indonesia secara real time. Selain itu, Qelola juga bisa membantu Anda untuk membayar berbagai macam tagihan seperti tagihan listrik secara online, BPJS, dan pajak. Jadi tunggu apalagi, segera download aplikasi Qelola sekarang juga.

 

Tags: , , , , , , , ,