Bingung Jadi Karyawan Baru? Simak Cara Mengatasinya di Sini

menerima karyawan baru

Sebagai seorang karyawan baru, terkadang tidak mudah untuk menyesuaikan diri di tempat kerja Anda yang baru. Anda akan bertemu dengan rekan kerja baru, Anda berusaha untuk membuat kesan pertama yang baik, mencoba menyesuaikan diri dengan formalitas perusahaan, dan berharap tidak dinilai buruk di mata atasan. Hal ini sering sekali menimbulkan kecemasan, apalagi untuk Anda yang bekerja di luar negeri sebagai TKI dan belum pernah mempunyai pengalaman kerja sebelumnya. Tapi sekarang Anda tidak perlu khawatir, karena berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan di bulan pertama Anda masuk kerja sebagai karyawan baru.

1.  Datang Lebih Awal di Hari Pertama

pexels photo 3760810 - Bingung Jadi Karyawan Baru? Simak Cara Mengatasinya di Sini

Seperti yang kita tahu bahwa kesan pertama itu sangat penting. Sebagai seorang karyawan baru, tentunya Anda ingin memberikan kesan yang baik kepada orang-orang sekitar. Cara bersikap sebagai karyawan baru yang paling mendasar dan wajib Anda tunjukkan adalah dengan bertanggungjawab terhadap waktu. Artinya, Anda wajib untuk datang tepat waktu, bahkan akan lebih baik lagi jika Anda bisa datang lebih dulu dari waktu yang ditetapkan. Hal ini perlu diperhatikan apalagi bagi Anda yang diwajibkan untuk mengikuti masa orientasi di hari pertama. Biasanya ada kemungkinan besar bagi Anda untuk berkenalan dengan sesama karyawan baru. Manfaatkan waktu yang lebih awal untuk bisa berkenalan agar Anda tidak terlalu cemas dan merasa sendiri di hari pertama kerja.

2.  Cari Peluang untuk Bisa Mengembangkan Potensi Diri

Di bulan pertama Anda bekerja, Anda harus tetap fokus semaksimal mungkin pada pekerjaan supaya terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan. Anda bisa mengembangkan potensi diri dengan mempelajari hal baru atau menyusun strategi komunikasi yang lebih efektif. Tapi yang perlu diingat adalah jangan melangkah keluar dari regulasi perusahaan atau membuat perubahan besar tanpa memberitahu ke orang-orang yang berhak untuk diberitahu lebih dulu.

3.  Usahakan untuk Selalu Disiplin dan Teratur

Sebagai karyawan baru, membuat kesan yang baik tentu adalah sebuah keharusan. Usahakan untuk selalu disiplin dan teratur. Meja kerja yang berantakan adalah salah satu contoh buruk yang akan dinilai di mata rekan kerja yang lainnya. Bisa saja Anda menganggap hal itu sepele, tapi itu adalah salah satu citra dan kualitas diri yang bisa melekat pada diri Anda, apalagi Anda adalah seorang karyawan baru. Jadi usahakan untuk tetap rapi dari segi pakaian, kebersihan meja kerja, serta hal-hal sederhana lainnya.

4.  Mempelajari Banyak Hal dari Rekan Kerja

Pertama kali Anda masuk kerja, Anda dituntut untuk bisa beradaptasi dengan segala hal baru. Kemungkinan Anda akan merasa bingung atau bahkan frustrasi dengan situasi di tempat kerja baru Anda. Untuk itu, Anda harus mencari tahu bagaimana rekan kerja Anda melakukan tugas mereka. Tidak peduli seberapapun sulit prosesnya, itu adalah cara terbaik untuk memenuhi semua kebutuhan perusahaan yang dilimpahkan kepada Anda. Setelah Anda mempelajari bagaimana proses dan cara kerjanya, Anda akan terbiasa dengan hal itu dan bisa menerapkan metode sendiri yang jauh lebih baik.

5.    Bertanyalah Jika Anda Merasa Ragu

Jika Anda menemui kesulitan selama menjadi karyawan baru, jangan pernah ragu untuk bertanya. Sering kali Anda takut jika terlihat tidak kompeten dengan tidak menanyakannya, padahal dengan bertanya Anda justru akan mendapat arahan yang jelas. Jika Anda merasa tidak jelas dengan arahan dari atasan jangan berpura-pura mengerti yang pada akhirnya justru akan membuat Anda malah kebingungan sendiri dan membuat kesalahan. Ada baiknya Anda meminta bantuan dan penjelasan daripada harus memalsukan pengetahuan agar tidak dinilai bodoh.

6.  Membuat Perencanaan yang Spesifik

people woman coffee meeting - Bingung Jadi Karyawan Baru? Simak Cara Mengatasinya di Sini

Meskipun Anda adalah seorang karyawan baru, bukan berarti Anda tidak bisa mengembangkan kualitas kerja Anda. Anda bisa mulai menyelesaikan tugas-tugas kecil dan tidak memiliki risiko besar yang bisa membahayakan karir Anda. Anda bisa memulainya dengan beberapa tugas spesifik, seperti menentukan strategi pribadi yang tepat sesuai pekerjaan yang ditugaskan kepada Anda sebagai bentuk tanggung  jawab Anda kepada perusahaan.

7.  Memperluas Jejaring Sosial

pexels photo 3184465 - Bingung Jadi Karyawan Baru? Simak Cara Mengatasinya di Sini

Dalam dunia kerja, memperluas jejaring sosial dengan semua rekan kerja baru adalah hal yang terpenting. Hampir semua orang setuju dengan hal ini. Apalagi jika Anda adalah seorang leader baru, hal tersebut tentunya sangat penting. Namun yang perlu diingat, koneksi Anda tidak harus dengan orang-orang dibidang Anda saja, Anda juga bisa menjangkau rekan kerja dari bidang yang lain.

8.  Jangan Mengeluh

Pada minggu-minggu pertama sebagai karyawan baru, biasanya akan ada culture shock terutama dalam masa transisi dari pekerjaan lama ke pekerjaan yang baru. Cara menghadapi pekerjaan baru yang paling baik adalah dengan tidak mengeluh, apalagi membanding-bandingkan dengan pekerjaan terdahulu. Pekerjaan yang baru tentunya harus dilakukan dengan semangat baru dan cara pandang yang baru. Jadikan hal ini untuk lebih fokus mencari jalan keluar dalam menyelesaikan pekerjaaan. Terlalu sering mengeluh di awal-awal pekerjaan akan membuat Anda terlihat buruk di mata atasan dan rekan kerja yang lain.

Baca Juga: Kerja di Luar Negeri Tanpa Biaya, Dapatkah Dilakukan?

Menyesuaikan diri sebagai karyawan baru tidaklah mudah, terutama sebagai TKI di luar negeri. Tetapi seiring waktu, Anda akan dapat melaluinya dengan baik tanpa masalah.

Satu hal yang perlu diingat, jika Anda telah sukses bekerja di tempat baru, maka jangan lupa untuk mengatur keuangan Anda dengan baik. Qelola sebagai salah satu aplikasi keuangan antara Malaysia – Indonesia dapat membantu Anda. Dengan biaya transfer termurah dan fitur pembayaran langsung untuk beberapa tagihan di Indonesia, aplikasi Qelola jelas unggul di bidangnya. Tunggu apalagi, segera download Qelola sekarang juga.

Tags: , , , , , , , , ,