Menghadapi Tantangan Shift Kerja Malam, Baca Dulu Tipsnya!

Shift Kerja

Bekerja berdasarkan shift memang menjadi satu tantangan tersendiri. Selain karena harus bergantian mengambil shift kerja malam, tubuh juga secara konstan harus dikondisikan tetap dalam keadaan prima. Menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh tidak semudah membalikkan telapak tangan ketika Anda harus bekerja pada shift malam. Namun hal ini bukan tidak mungkin, jika Anda benar-benar bisa mengatur pola istirahat yang tepat.

Jika Anda merupakan pekerja yang bekerja berdasarkan shift, mungkin kopi akan menjadi sahabat baik Anda. Padahal dalam kenyataannya, konsumsi kopi ketika shift malam harus dikontrol dalam takaran yang tepat. Minum kopi beberapa kali pada saat bekerja di malam hari justru akan membuat kualitas istirahat Anda setelah bekerja menurun.

Selain fakta sederhana di atas, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk tetap menjaga stamina dan kondisi kesehatan meski harus mengambil shift kerja malam. Berikut daftarnya.

Bekerja dengan Shift Bergantian

Untitled design679 - Menghadapi Tantangan Shift Kerja Malam, Baca Dulu Tipsnya!

Shift kerja umumnya dibagi berdasarkan peraturan tertentu. Hal ini memungkinkan untuk pergiliran pekerja yang menjalani shift malam yang tentu terasa lebih berat dari shift lain. Tidak hanya menyelesaikan pekerjaan, ketika bekerja di malam hari Anda juga harus melawan jam biologis tubuh Anda yang sudah terpola sedemikian lama.

Peraturan mengenai shift malam sendiri sudah ditentukan pada regulasi baku yang ada. Peraturan ini dibuat agar dapat melindungi kesehatan pekerja, dan tetap menjaga performa pekerja ketika harus menjalani shift malam. Selalu pastikan ada pergantian giliran shift kerja malam ketika Anda menjalani satu pekerjaan dengan sistem shift.

Tidur Sejenak Ketika Shift

Melaksanakan shift kerja malam biasanya dilakukan bersama beberapa orang. Sederhana, tujuannya agar terdapat pekerja yang standby setiap saat. Kerja dalam tim seperti ini bisa dimanfaatkan untuk mengambil giliran tidur sejenak. Melakukan power nap selama setidaknya 30 menit dapat membuat kondisi tubuh tetap segar selama bekerja di malam hari.

Nah, misalnya Anda memiliki beberapa orang yang pekerja yang bekerja pada tim shift malam, Anda bisa membuat kesepakatan sederhana untuk secara bergantian tidur. Meski terdengar sangat singkat, hanya 30 menit, namun jika dilakukan dengan tepat waktu istirahat ini bisa benar-benar membuat tubuh terasa segar dan tidak mudah lelah.

Singkirkan Distraksi sebelum Tidur

Untitled design680 - Menghadapi Tantangan Shift Kerja Malam, Baca Dulu Tipsnya!

Ketika Anda selesai bekerja jam malam, sangat direkomendasikan untuk segera pulang ke rumah dan beristirahat. Usahakan sebisa mungkin tidak ada distraksi yang mengganggu proses tidur Anda ini, seperti misalnya penggunaan smartphone atau televisi yang menyala. Istirahat dalam kondisi gelap dan tenang bisa membuat tubuh mengembalikan kesegarannya lebih efektif.

Untuk Anda yang sudah terbiasa memegang dan menggunakan smartphone di tempat tidur hal ini mungkin tidak mudah. Namun, menjauhkan perangkat elektronik yang memancarkan radiasi seperti smartphone memiliki efek baik untuk tubuh. Lagipula Anda masih bisa menggunakan smartphone ketika bangun nanti bukan?

Kopi sebelum Shift Kerja Malam, Bukan Menjelang Berakhir

Kembali pada bagian awal yang sudah disebutkan tadi, konsumsi kopi atau minuman mengandung kafein diperbolehkan, asal dalam takaran yang tepat dan waktu yang benar. Waktu paling direkomendasikan adalah ketika Anda akan memulai shift kerja malam, sebanyak satu cangkir kopi.

Idealnya, rasa kantuk akan hilang sampai pada saat shift selesai dilaksanakan. Tidak sedikit pekerja yang mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang cukup banyak, misalnya ketika mulai shift, pertengahan, dan menjelang berakhirnya jam kerja. Hal ini tidak direkomendasikan, karena konsumsi kafein sesaat sebelum shift kerja berakhir akan membuat Anda kesulitan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Jam Tidur yang Teratur

Untitled design681 - Menghadapi Tantangan Shift Kerja Malam, Baca Dulu Tipsnya!

Meski sulit, sebisa mungkin Anda harus menerapkan jam tidur yang teratur. Misalkan, pada satu minggu kerja Anda mendapatkan 2 kali jatah shift malam, maka pada dua hari ini Anda harus tidur dan bangun pada jam yang sama. Berat tentu ketika awal dicoba, namun dengan menerapkan hal ini tubuh akan lebih mudah beradaptasi atas jam tidur yang dimiliki serta bisa menjaga kesehatan lebih baik.

Jam tidur dan bangun juga harus diterapkan pada hari ketika Anda menjalani shift siang dan pagi. Intinya, tubuh manusia dapat tetap terjaga dalam kondisi stabil jika memiliki jam tidur yang teratur setiap waktu.

Baca  Juga: Mengetahui Cara Membuat Visa Kerja, Begini Detailnya 

Bekerja dengan shift yang senantiasa berganti akan selalu jadi tantangan untuk tubuh Anda. Meski sudah terbiasa, ada kalanya tubuh tetap akan merasa lelah dan kurang bersemangat. Dukung cara-cara yang disebutkan di atas dengan konsumsi makanan sehat dan minum cukup air putih agar tubuh tidak mengalami dehidrasi ketika beraktivitas.

Shift kerja yang diterapkan pada beberapa pekerjaan nyatanya memberikan timbal balik yang cukup sepadan dengan gaji yang diterima. Nah, misalkan Anda adalah pekerja yang berada di Malaysia, tentu uang akan secara rutin dikirimkan kepada keluarga yang ada di Indonesia bukan? Untuk urusan yang satu ini, Anda bisa menggunakan layanan remitansi Qelola. Pengiriman uang yang dilakukan secara efektif dan murah, menjadikan layanan ini yang terbaik di ranah remitansi saat ini. Unduh aplikasinya di sini!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,