Buktikan! 5 Keuntungan Melamar Pekerjaan di Event Bursa Kerja

job fair

Di berbagai kota besar kini sering diadakan event job fair yang diselenggarakan oleh kampus-kampus ternama atau instansi besar. Perusahaan yang turut ambil bagian pada bursa kerja ini pun biasanya adalah perusahaan-perusahaan ternama yang sudah tidak diragukan lagi kredibilitasnya. Mencari pekerjaan di acara bursa kerja sejatinya membuka peluang besar bagi Anda untuk bisa mendapatkan profesi impian yang selama ini Anda cari. Selain itu, ada banyak keuntungan lainnya jika Anda mengajukan surat lamaran kerja pada saat job fair berlangsung. Ingin tahu apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1.  Efisiensi Waktu dan Tenaga

Bagi sebagian pelamar kerja, event bursa kerja adalah acara yang selalu ditunggu-tunggu untuk dihadiri. Dalam satu tempat, ada puluhan bahkan ratusan perusahaan bonafit yang menawarkan berbagai lowongan kerja sesuai dengan bidangnya. Posisi yang dibuka pun sangat menjanjikan karir gemilang di masa depan. Selain itu, iming-iming gaji yang diberikan pun sangat menarik nominalnya.

Tentu kesempatan ini tidak boleh Anda lewatkan bukan. Apalagi Anda tidak perlu mendatangi satu persatu perusahaan yang ingin Anda lamar. Cukup dengan menyambangi satu tempat, Anda bisa menaruh surat lamaran kerja ke perusahaan yang diinginkan. Selain hemat waktu dan tenaga, pengeluaran untuk bensin atau sarana transportasi juga bisa diminimalkan. 

2.  Walk-In Interview Sekaligus

group diverse people are waiting job interview 53876 88115 - Buktikan! 5 Keuntungan Melamar Pekerjaan di Event Bursa Kerja

Sebagian perusahaan yang membuka lowongan di bursa kerja ada yang sekaligus melakukan walk-in interview selama acara berlangsung. Bagi perusahaan, hal ini juga cukup menghemat waktu agar posisi yang kosong bisa segera terisi. Seleksi penerimaan pegawai pun bisa mereka cicil per harinya sesuai dengan lamaran yang masuk. Tentu hal ini cukup efisien daripada mengumpulkan surat lamaran pada jangka waktu tertentu kemudian memilah-milahnya dan menghubngi pelamar satu per satu. 

Baik calon pegawai dan perusahaan pun sama-sama diuntungkan dengan sistem wawancara langsung seperti ini. Jadi jangan sia-siakan jika menemui kesempatan tersebut ya, karena tidak perlu repot bolak balik apabila lolos pada syarat administrasi.

Baca Juga: 6 Tips Wawancara Kerja, Perbesar Kesempatan Diterima Kerja!

3.  Peluang Kerja yang Luas

Pada saat mengikuti bursa kerja, mungkin Anda sudah punya pandangan akan menjatuhkan surat lamaran ke perusahaan yang sudah lama jadi incaran. Namun saat tiba di tempat, Anda bisa saja menemukan perusahaan lain yang ternyata juga cukup menarik dan menjanjikan. Selain itu, Anda mungkin menemukan posisi kerja yang Anda kuasai walau tidak sesuai dengan background pendidikan yang dimiliki. Tidak ada salahnya untuk mencoba hal-hal tersebut karena bisa saja hal-hal yang diluar dugaan bisa jadi salah satu jalan sukses Anda di masa depan nanti.

4.  Memperluas Relasi

Nah, memiliki banyak relasi itu juga sangat penting lho! Dalam event bursa kerja, pastinya Anda akan bertemu dengan banyak pelamar kerja lainnya. Manfaatkan momen ini untuk berkenalan dengan para pengunjung yang juga hadir di situ. Dengan bertambahnya teman atau relasi, Anda bisa berbagi informasi apabila ada info lowongan pekerjaan lain yang tak kalah menariknya. Selain itu Anda bisa belajar pada para pengunjung yang sudah punya jam kerja lebih tinggi untuk tahu tips-tips jitu agar lamaran Anda bisa dilirik oleh perusahaan impian. 

5.  Menambah Wawasan tentang Dunia Kerja

two businesswoman muslim success meeting 73740 662 - Buktikan! 5 Keuntungan Melamar Pekerjaan di Event Bursa Kerja

Bagi pemain baru di dunia kerja, mungkin banyak hal yang belum dipahami saat mengajukan lamaran di bursa kerja. Nah, ajang ini justru bisa Anda jadikan sebagai pengalaman untuk menambah wawasan tentang dunia kerja tersebut. Dari gelaran job fair tersebut Anda bisa mempelajari karakteristik dari tiap-tiap perusahaan yang ingin Anda lamar. 

Selain itu Anda bisa cari tahu tentang kriteria pegawai yang berpotensi besar diterima pada perusahaan yang Anda impikan. Berbekal pengalaman dan wawasan tersebut Anda jadi bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik. Jadi apabila kali ini gagal, besar kemungkinan Anda akan diterima pada bursa kerja selanjutnya.

Demikian informasi tentang berbagai keuntungan yang diperoleh apabila melamar ke perusahaan pada saat berlangsungnya bursa kerja. Setelah membaca artikel di atas, jadi semakin mantap kan untuk ikut ambil bagian pada event job fair di kotamu? Pastikan untuk membuat surat lamaran kerja dan curriculum vitae yang bisa membuat perusahaan tertarik untuk merekrut Anda. Selain itu perhatikan juga penampilan diri karena kesan pertama juga sangat mempengaruhi nasib Anda nantinya.

Mempersiapkan karir di masa depan juga sama pentingnya dengan pengelolaan uang. Nah, dalam hal ini gunakanlah aplikasi keuangan terkini yang bisa Anda andalkan untuk mengatur keuangan bulanan Anda. Ada banyak aplikasi keuangan aman dan terpercaya yang bisa jadi pilihan Anda untuk pengelolaan uang tersebut seperti aplikasi Qelola. Aplikasi ini bisa Anda unduh melalui Playstore secara gratis di ponsel Anda. Ketahui lebih jauh tentang aplikasi Qelola dengan mengunjungi website resminya di sini.

 

Tags: , , , , ,