5 Tips Menjaga Sistem Imun Agar Tidak Mudah Sakit

Untitled design660 - 5 Tips Menjaga Sistem Imun Agar Tidak Mudah Sakit

Menjaga sistem imun tubuh agar tetap berada dalam kondisi terbaik merupakan hal yang menjadi satu keharusan belakangan ini. Mungkin sebenarnya sudah sejak lama, namun isu ini kembali naik ke permukaan seiring dengan terjadinya pandemi virus yang melanda di seluruh dunia (Covid-19). Hingga saat ini, obat dan vaksin untuk virus tersebut belum ditemukan, sehingga cara terbaik agar tidak terjangkit adalah dengan melakukan langkah pencegahan.

Tidak hanya untuk Anda yang berada di dalam negeri saja, namun juga untuk Anda yang tengah berada di luar negeri untuk keperluan bekerja, liburan, atau kuliah. Setiap manusia yang ada di dunia kini diwajibkan memiliki sistem imun yang kuat dan menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari virus dan bisa bersama-sama menekan jumlah penularannya.

Lalu untuk menguatkan sistem imun, apa yang harus dilakukan?

Makan Makanan Bernutrisi

Untitled design659 - 5 Tips Menjaga Sistem Imun Agar Tidak Mudah Sakit

Tentu, pertama dan utama untuk menjaga daya tahan tubuh atau imun tetap dalam kondisi prima adalah mengkonsumsi makanan bernutrisi. Komposisi yang tepat antara buah, sayur, daging, dan sumber nutrisi lain setiap hari bisa memberikan ‘bahan bakar’ untuk tubuh dalam membangun sistem imun yang kuat. Idealnya, dengan asupan nutrisi yang cukup maka tubuh dapat memiliki daya tahan yang baik pada serangan virus dan penyakit.

Tidak hanya pemilihan bahan makanan saja, Anda juga wajib memperhatikan cara memasak makanan tersebut. Ada beberapa jenis bahan makanan yang jika dimasak tidak dengan cara yang benar, justru bisa berisiko membawa penyakit. Maka dari itu, ketika akan memasak makanan tertentu ada baiknya Anda mencari rekomendasi olahan yang bersifat sehat, tanpa mengesampingkan cita rasa makanan.

Workout di Rumah

Untitled design658 - 5 Tips Menjaga Sistem Imun Agar Tidak Mudah Sakit

Olahraga jadi cara selanjutnya dalam membantu sistem imun yang kuat. Memang sedikit muncul persoalan ketika Anda diharuskan berolahraga namun tidak boleh keluar dari tempat tinggal karena peraturan yang berlaku, namun workout di rumah bisa jadi pilihan olahraga yang cukup menarik.

Banyak sekali belakangan muncul panduan-panduan workout sederhana yang bisa dilakukan di rumah tanpa menggunakan alat bantu khusus. Ada yang memberikan contoh hanya dengan bantuan kursi saja atau benar-benar tanpa alat bantu. Jika dilakukan secara rutin dan konsisten, tubuh Anda tetap akan mendapat cukup asupan gerakan setiap hari dan membuatnya tetap sehat.

Istirahat yang Teratur dan Cukup

Untitled design661 - 5 Tips Menjaga Sistem Imun Agar Tidak Mudah Sakit

Pola istirahat juga dapat menentukan kekuatan sistem imun yang dimiliki oleh tubuh Anda. Ketika tubuh diberikan asupan nutrisi yang cukup dan olahraga yang rutin, tubuh juga perlu waktu istirahat untuk memulihkan sel-sel tubuh yang telah dilatih. Waktu istirahat ini tidak hanya harus cukup, namun juga teratur.

Menerapkan pola tidur yang teratur memang tidak mudah, namun harus tetap diusahakan. Setidaknya, tubuh manusia dewasa memerlukan waktu tidur selama 7 hingga 8 jam setiap harinya, tergantung dengan kondisi tubuh. Ketika waktu istirahat ini dapat dipenuhi dengan pola yang teratur, idealnya tubuh juga akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat terhadap serangan virus dan penyakit.

Mengelola Stres dengan Baik

Untitled design662 - 5 Tips Menjaga Sistem Imun Agar Tidak Mudah Sakit

Banyak dari penyakit yang datang menghampiri disebabkan oleh daya tahan tubuh yang lemah. Kekuatan sistem imun ini ternyata juga dipengaruhi oleh tingkat stres yang berlebih, sehingga membuat kerja organ penting di dalam tubuh terganggu. Kabar bahwa kesehatan pikiran bisa mempengaruhi kesehatan fisik ternyata benar-benar nyata.

Mengelola stres dengan baik menjadi cara selanjutnya dalam meningkatkan daya tahan dan sistem imun tubuh. Dengan selalu berpikir positif, membagi waktu kerja dan waktu istirahat, serta pandai mengatur emosi, Anda bisa terhindar dari stres berlebih yang dapat menurunkan kebugaran tubuh.

Bila Perlu, Perkuat Sistem Imun dengan Suplemen

Untitled design663 - 5 Tips Menjaga Sistem Imun Agar Tidak Mudah Sakit

Sebenarnya cara yang paling disarankan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi adalah dengan konsumsi makanan dan minuman yang sehat. Namun demikian, jika sekiranya Anda sulit melakukan hal ini, Anda juga dapat mendukung pemenuhan nutrisi harian dengan konsumsi suplemen.

Catatan penting yang harus diingat adalah suplemen yang Anda pilih sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kepercayaan Anda. Bukan tanpa sebab, hal ini agar suplemen yang dikonsumsi bisa benar-benar sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Jadi setiap nutrisi dari suplemen yang masuk benar-benar terserap sempurna dan tidak ada yang terbuang.

Baca Juga: Rekomendasi Berobat ke Melaka: Rumah Sakit Mahkota 

Menjaga kesehatan tubuh sebenarnya tidak hanya dilakukan pada masa pandemi seperti ini saja, namun juga wajib dilakukan setiap saat. Dengan tubuh yang sehat, setiap kegiatan bisa dilakukan dengan optimal dan tanpa halangan. Jadi, apapun yang Anda geluti bisa memberikan hasil terbaik, jika dimulai dengan tubuh yang sehat.

Menjaga sistem imun tak hanya dapat mengurangi resiko terjangkitnya virus yang kini melanda dunia, namun juga berbagai virus lain yang senantiasa mengancam kesehatan. Hal ini juga berlaku untuk Anda yang menjadi TKI di Malaysia. Nah, untuk menjaga kesehatan hubungan dengan keluarga di tanah air, tentu jangan sampai terlambat mengirimkan uang bulanan. Gunakan Qelola untuk urusan ini. Unduh aplikasinya di sini, dan semoga Anda tetap sehat selama pandemi!

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , , ,