Bagaimana Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Virus Corona?

kesehatan mental

Tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi virus Corona menimbulkan keresahan bagi semua orang. Virus Corona memang semakin meluas dan telah menjangkit lebih dari 190 negara, termasuk Indonesia. Hingga saat ini, di seluruh dunia ada jutaan orang telah dinyatakan terkonfirmasi terinfeksi virus Corona, dan ada ratusan ribu orang meninggal dunia. Tetapi, ternyata bukan hanya itu saja efek dari pandemi virus Corona. Pandemi ini juga mengancam kesehatan mental banyak orang, mulai dari kecemasan yang terus-menerus seputar virus dan kemungkinan infeksi, hingga kekhawatiran jika orang-orang tercinta terinfeksi virus.

Selain itu, sebagian orang yang membutuhkan fasilitas perawatan jangka panjang juga merasa kecemasan yang berlebihan, hingga pertengkaran dengan pasangan dan anak-anak yang juga sering terjadi. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental selama masa pandemi virus Corona seperti sekarang ini? Berikut ini telah kami rangkum 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi virus Corona. Perhatikan baik-baik, ya!

Baca Juga: Cara Cerdas Menjaga Kesehatan Mental Saat Social Distancing

Penyebab Gangguan Kesehatan Mental di Masa Pandemi Virus Corona

kesehatan mental 1 - Bagaimana Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Virus Corona?

Gangguan kesehatan mental yang menimpa sebagian orang selama pandemi dapat disebabkan oleh berbagai hal. Seperti ketakutan terhadap virus Corona, rasa terasing selama menjalani masa karantina, kesedihan dan kesepian karena jauh dari keluarga atau orang yang dikasihi, kecemasan akan kebutuhan hidup sehari-hari, ditambah lagi dengan kebingungan akibat banyaknya informasi yang simpang siur.

Hal-hal tersebut tidak hanya berdampak pada orang yang telah memiliki masalah kesehatan mental saja, seperti depresi atau gangguan kecemasan umum. Namun juga dapat mempengaruhi orang-orang yang sehat secara fisik dan mental. Beberapa kelompok yang rentan mengalami stres psikologis selama pandemi virus Corona di antaranya adalah anak-anak, lansia, dan petugas medis. Tekanan yang berlangsung cukup lama selama pandemi ini dapat menyebabkan gangguan berupa:

  • Ketakutan dan kecemasan yang berlebihan terhadap keselamatan diri sendiri maupun orang-orang terdekat.
  • Perubahan pola tidur dan pola makan yang signifikan.
  • Perasaan bosan dan stres karena terus-menerus berada di rumah, terutama pada anak-anak.
  • Sulit menjaga konsentrasi.
  • Penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan lainnya.
  • Kesehatan fisik semakin memburuk, terutama pada penderita penyakit kronis, seperti diabetes dan hipertensi.
  • Munculnya gangguan psikologis seperti psikosomatis.

Tips Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi Virus Corona

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mental di masa pandemi virus Corona:

1.  Menjaga Komunikasi Dengan Orang Terdekat

kesehatan mental 2 - Bagaimana Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Virus Corona?

Bertemu dengan keluarga dan teman memang sulit dilakukan di masa pandemi. Tetapi internet masih berfungsi, dan itu adalah kabar baik untuk menjaga kesehatan mental Anda. Dengan koneksi internet, Anda masih bisa menghubungi keluarga di kampung halaman, atau menghubungi teman-teman dekat lainnya hanya untuk tertawa bersama mereka. Jadi, meskipun tidak bisa bertatap muka secara langsung, Anda tetap bisa memanfaatkan alat teknologi yang Anda miliki sebaik mungkin.

2.  Melakukan Aktivitas Fisik

Berbagai jenis olahraga ringan, seperti lari kecil atau lompat di tempat, dapat Anda lakukan selama menjalani masa karantina pribadi di rumah. Dengan melakukan aktivitas fisik tersebut, tubuh Anda akan memproduksi hormon endorfin yang dapat meredakan stres, mengurangi rasa khawatir, bahkan juga bisa berguna untuk memperbaiki mood Anda. Latihan peregangan dan pernapasan juga dapat membantu Anda untuk menenangkan diri, lho. Dan jangan lupa untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi untuk meningkatkan sistem imun.

3.  Mengkonsumsi Makanan yang Bergizi

kesehatan mental 3 - Bagaimana Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Virus Corona?

Selama masa pandemi virus Corona, pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat. Berbagai nutrisi tersebut dapat Anda peroleh dari nasi, cereal, buah-buahan, sayuran, makanan laut, daging, kacang-kacangan, dan susu. Bukan hanya untuk menjaga kesehatan tubuh Anda saja, tapi asupan nutrisi yang cukup juga dapat menjaga kesehatan mental Anda, baik secara langsung maupun tidak langsung.

4.  Bijak dalam Memilah Informasi

Sebaiknya, batasi waktu Anda untuk menonton, membaca, atau mendengarkan berita mengenai pandemi, baik dari televisi, media cetak, maupun media sosial lainnya. Tujuannya adalah untuk mengurangi rasa cemas. Meski begitu, jangan serta merta menutup diri sepenuhnya dari informasi yang penting. Anda bisa memilah informasi yang Anda terima secara kritis dan bijak. Dapatkan informasi mengenai pandemi virus Corona hanya dari sumber yang terpercaya saja.

5.  Membuat Rutinitas Harian

Selama menjalani masa karantina di rumah, Anda juga bisa melakukan hobi atau aktivitas yang Anda sukai. Misalnya memasak, membaca buku, atau bahkan menonton film. Selain meningkatkan produktivitas, berbagai kegiatan tersebut juga dapat menghilangkan rasa jenuh Anda selama berada di rumah saja.

Kelima tips di atas bisa Anda coba praktekkan sendiri. Namun jika Anda memang memiliki gangguan mental, sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda ke dokter. Rasa takut dan cemas memang normal dirasakan semua orang selama masa pandemi seperti ini. Namun, cobalah untuk selalu berpikir positif dan tetap bersyukur. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam menerima keadaan yang sedang Anda hadapi. Batasan untuk pergi ke luar rumah bukan berarti Anda tidak bisa melakukan apa-apa. Anda bisa mengandalkan smartphone dan jaringan internet untuk bayar tagihan, beli pulsa, dan kirim uang. Aplikasi Qelola hadir sebagai solusi yang tepat untuk kirim uang antar negara dengan proses yang cepat dan murah. Selain kirim uang, Qelola juga bisa memenuhi kebutuhan Anda dalam bayar tagihan listrik, air, dan lainnya. Yuk, coba download aplikasi Qelola sekarang.

Tags: , , , , , ,