Ketahui Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan Saat Pandemi Covid-19

asuransi kesehatan

Di dalam perencanaan keuangan, asuransi memiliki peranan yang sangat penting dan menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam rencana keuangan itu sendiri. Karena selain berisi cara mencapai tujuan keuangan, rencana keuangan yang baik juga harus memperhitungkan segala risiko yang mungkin terjadi. Jika tidak diperhitungkan, risiko itu bisa jadi akan menggagalkan semua rencana keuangan yang telah disusun. Setidaknya ada 4 jenis asuransi yang wajib ada di dalam perencanaan keuangan yang sehat. Selain Asuransi Jiwa, Asuransi Properti, dan Asuransi Kendaraan, ada juga Asuransi Kesehatan yang wajib ada di dalam rencana keuangan Anda.

Apalagi di masa pandemi seperti ini, memiliki asuransi kesehatan merupakan langkah yang tepat. Meskipun demikian, beberapa cara juga perlu dilakukan untuk menjaga diri dari risiko terjangkitnya virus Corona seperti makan makanan yang sehat, rajin berolahraga, serta menjaga imunitas tubuh. Tahukah Anda bahwa terdaftar sebagai peserta dan memiliki paket asuransi kesehatan memiliki berbagai manfaat. Termasuk pada saat masa pandemi seperti ini, mengingat paparan COVID-19 bisa terjadi kapan saja termasuk ketika kondisi keuangan Anda sedang tidak sehat. Yuk, ketahui apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan jika Anda memiliki asuransi kesehatan.

Baca Juga: BPJS Kesehatan, Asuransi Kesehatan Terbaik yang Bisa Diandalkan

1.  Untuk Melatih Lebih Disiplin

asuransi kesehatan 1 - Ketahui Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan Saat Pandemi Covid-19

Kedisiplinan merupakan salah satu karakteristik yang harus Anda miliki untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih kedisiplinan Anda, dan salah satunya adalah dengan asuransi kesehatan. Apapun jenis asuransi yang dipilih, pastinya akan mewajibkan Anda untuk melakukan pembayaran premi setiap bulannya. Pembayaran ini harus Anda bayarkan sesuai dengan besar dana yang sudah ditentukan sebelumnya. Waktu pembayaran asuransi pun sudah ditentukan. Dengan begitu, mau tidak mau Anda harus membayar premi asuransi sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan setiap bulannya. Hal ini bisa melatih kedisiplinan Anda. Tenor atau jangka waktu asuransi yang Anda pilih juga turut serta dalam melatih kedisiplinan. Semakin panjang tenor yang Anda pilih, maka akan semakin lama Anda berlatih disiplin dengan membayar asuransi setiap bulan. Apabila hal ini sudah dilakukan dalam waktu yang lama, maka bersikap disiplin akan menjadi kebiasaan dan bisa menjadi karakteristik Anda pribadi.

2.  Sebagai Antisipasi Biaya Berobat

asuransi kesehatan 2 - Ketahui Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan Saat Pandemi Covid-19

Memiliki asuransi kesehatan akan memberikan Anda kesempatan untuk mempertahankan atau memulihkan kesehatan dengan biaya yang rendah untuk berobat ke dokter, atau membeli obat. Hal ini tentu saja akan memberikan Anda ketenangan pikiran ketika mengetahui bahwa Anda memiliki hak untuk menggunakan layanan medis dan mampu menjalani hidup tanpa masalah. Memiliki asuransi kesehatan pada masa pandemi COVID-19 juga dapat membuat Anda menjadi lebih tenang karena ketika hal buruk terjadi seperti terjangkit COVID-19, maka biaya pemeriksaan atau pengobatan dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi yang Anda miliki.

Selain itu, memiliki asuransi kesehatan juga akan bermanfaat untuk memastikan bahwa setiap masalah kesehatan dapat diselesaikan dengan kompensasi yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Termasuk dari COVID-19, karena paparan virus ini bisa terjadi kapan saja meskipun sudah diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dengan memegang polis asuransi kesehatan, baik sebagai karyawan perusahaan atau secara mandiri, maka dapat meningkatkan jaminan kesehatan. Sebab perusahaan asuransi akan memastikan bahwa setiap masalah kesehatan dapat diselesaikan sehingga kesehatan akan menjadi lebih terjamin.

3.  Sebagai Investasi Masa Depan

asuransi kesehatan 3 - Ketahui Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan Saat Pandemi Covid-19

Beberapa asuransi kesehatan biasanya sudah menyertakan investasi di dalamnya, seperti saham atau reksadana. Jadi, selagi Anda membayar premi untuk asuransi, berarti Anda juga sudah melakukan investasi yang tentunya sangat bermanfaat bagi Anda di masa depan. Meskipun begitu, beberapa asuransi juga ada yang berdiri sendiri sehingga Anda harus mengajukan investasi pada layanan yang berbeda. Namun, jika Anda merasa hal itu cukup menyulitkan, memilih asuransi yang disertai dengan investasi langsung merupakan pilihan yang tepat. Sehingga dalam sekali bayar, Anda sudah bisa membayar asuransi dan investasi setiap bulannya.

Tidak ada salahnya saat Anda membayar asuransi kesehatan juga membayar investasi untuk masa depan, bukan? Oleh karena itu, Anda harus menyisihkan uang setiap bulannya untuk investasi juga. Namun, pastikan bahwa Anda telah memilih perusahaan asuransi yang terpercaya, ya. Karena dengan investasi melalui asuransi kesehatan seperti ini, berarti Anda telah menjaga nilai uang dari inflasi dengan baik, tidak seperti menabung. Anda juga bisa menyesuaikan pengeluaran dengan baik agar bisa melakukan kedua hal tersebut. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam merasakan manfaatnya.

4.  Lebih Hemat dan Melindungi Keuangan

Sebagai karyawan kantor misalnya, jika perusahaan tempat Anda bekerja memberikan perlindungan kesehatan, itu berarti Anda tidak perlu menghabiskan banyak dari tabungan untuk urusan kesehatan. Namun jika rencana pertanggungan ini diperoleh secara individu atau sebagai anggota keluarga, maka manfaatnya akan mengurangi pajak. Sehingga Anda akan bisa lebih berhemat dalam hal mengelola keuangannya.

Itulah beberapa manfaat menjadi pemegang polis atau memiliki asuransi kesehatan, terutama di masa pandemi virus Corona seperti saat ini. Bagi Anda yang sudah memiliki BPJS Kesehatan, Anda bisa bernafas lega. Karena dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan, kesehatan Anda juga kan terjamin. Agar Anda bisa menggunakan layanan BPJS Kesehatan kapan saja, pastikan Anda tidak terlambat membayar tagihan setiap bulannya. Karena jika Anda tidak melakukan pembayaran, status kepesertaan BPJS Anda akan menjadi tidak aktif. Bayar tagihan BPJS sekarang lebih mudah menggunakan aplikasi Qelola. Bahkan, Anda bisa membayarkan tagihan BPJS seluruh anggota keluarga meskipun Anda sedang berada di Malaysia. Cara menggunakan aplikasi Qelola sangat mudah, prosesnya juga cepat. Yuk, pakai Qelola untuk bayar tagihan ini-itu kapan dan dari mana saja. Download aplikasinya di sini!

Tags: , , , , , ,