Work From Home? Tetap Produktif dengan Tips Berikut ini!

work from home

Work From Home (WFH)  atau kerja dari rumah atau kerja remote sebenarnya sudah menjadi kebiasaan sebagian orang-orang yang dapat menyelesaikan pekerjaannya dari rumah sejak lama. Namun semenjak merebaknya pandemi Covid-19, berdasar anjuran pemerintah, kerja dari rumah mengalami tren lonjakan pesat di kalangan masyarakat. Tak terkecuali bagi para TKI di luar negeri, beberapa dari mereka harus menyelesaikan pekerjaannya dari rumah karena perusahaan tutup sementara. Bagi orang yang terbiasa kerja dari rumah, adaptasi kebiasaan baru ini tentu bukan suatu masalah yang besar. Nah, bagi Anda yang belum terbiasa kerja remote, simak tips tetap produktif saat menjalani work from home berikut ini. 

1. Siapkan Alat Kerja yang Dibutuhkan

Siapkan terlebih dahulu semua alat dan sarana yang dibutuhkan untuk bekerja dari rumah. Anda bisa membuat checklist peralatan apa saja yang Anda butuhkan, seperti: laptop/komputer desktop, mouse, keyboard, modem/akses internet, dan meja kerja.

Anda juga harus menyiapkan berbagai software sesuai dengan kebutuhan yang dapat menunjang kerja Anda. Contohnya jika Anda bekerja di bidang keuangan, pastikan Anda sudah meng-install seluruh aplikasi keuangan yang Anda butuhkan di laptop. Satu lagi jangan lupa install aplikasi yang menunjang Anda berkomunikasi dan berkoordinasi dengan partner kerja, seperti aplikasi Slack.

2. Tentukan Waktu Bekerja di Rumah

woman working from home 23 2148542209 - Work From Home? Tetap Produktif dengan Tips Berikut ini!

Kerja dari rumah bukan berarti jadwal kegiatan Anda akan berantakan. Justru sebaliknya, WFH membuat jadwal kegiatan Anda seharian jadi semakin padat. Atur durasi bekerja Anda agar tidak mengganggu kegiatan lainnya di rumah. Anda bisa bekerja seperti biasanya sesuai dengan jam kantor atau mengikuti kebijakan perusahaan. Dengan waktu yang teratur dan telah ditentukan inilah maka hari-hari Anda akan diisi dengan kegiatan yang produktif.

3. Pastikan Koneksi Internet Lancar dan Aman

Bekerja dari rumah berarti never-ending concall, koordinasi tim via chat, dan mengirim dokumen. Nah, pastikan koneksi internet Anda lancar. Jika Anda pelanggan internet kabel, tentu tidak perlu khawatir. Namun untuk Anda yang menggunakan jaringan seluler, selalu pastikan sinyal dan koneksi lancar.

Selain lancar, koneksi internet juga harus aman. Apalagi jika pekerjaan berhubungan dengan data-data penting dan rahasia, seperti data keuangan, data pelanggan, dan sebagainya harus dikirim melalui jaringan yang aman dengan VPN. Virtual Private Network adalah layanan koneksi internet secara private melalui jaringan public.

4. Buat Target Harian yang Jelas

yellow list top view 23 2148475388 - Work From Home? Tetap Produktif dengan Tips Berikut ini!

Ukur produktivitas Anda dengan membuat target harian. Mengapa hal ini penting? Bisa saja tanpa sadar Anda bekerja lebih sedikit dari biasanya. Atau mungkin Anda bekerja tanpa henti karena merasa belum cukup produktif (overwork). Dengan membuat target harian yang jelas, pekerjaan Anda akan terselesaikan dalam satu hari. Alat yang bisa Anda gunakan untuk mencatat target harian adalah to-do-list, seperti Google Task dan Google Keep. Jika semua daftar pekerjaan sudah selesai, sisa hari Anda bisa lebih santai! 

5. Ciptakan Ruang Kerja yang Nyaman

Ruang kerja menjadi salah satu penunjang produktivitas saat Work From Home. Buatlah ruang kerja Anda senyaman mungkin dengan menggunakan meja dan kursi maupun lesehan di karpet. Tujuannya agar Anda tetap fokus bekerja meskipun tidak seperti di ruang kantor. Pastikan orientasinya adalah kenyamanan untuk bekerja, bukan untuk beristirahat yang akan mengganggu konsentrasi bekerja.

Baca Juga: Ketahui Apa Saja Profesi Tenaga Kerja Indonesia di Malaysia

6. Tetap Berkomunikasi dengan Rekan Kerja

video conference 1098 16593 - Work From Home? Tetap Produktif dengan Tips Berikut ini!

Di masa physical distancing menuju new normal, tetaplah proaktif jika ada hal yang perlu dikomunikasikan dengan rekan kerja Anda. Gunakan aplikasi komunikasi online antar tim. Walaupun berkomunikasi secara virtual dan jarak jauh, anggaplah seolah-olah Anda melakukan interaksi secara langsung. Libatkan diri Anda dalam pembicaraan dan berikan hak kepada rekan kerja yang lain untuk berpendapat.

7. Jaga Kesehatan Psikis

Bagi sebagian orang akan rentan mengalami stres jika tidak bisa pergi kemana-mana. Memang komunikasi dan interaksi tatap muka akan sangat terbatas selama masa physical distancing. Jaga jarak fisik bukan menandakan hubungan sosial Anda dengan sekitar turut berjarak juga. Di sela-sela waktu istirahat, cobalah melakukan kegiatan seru bersama keluarga di rumah atau sekedar menanyakan kabar pada teman-teman melalui telepon, chat maupun video call. 

Itulah beberapa tips agar tetap produktif selama menjalani work from home. Selalu jaga performa saat bekerja dari rumah dan tetap jaga kesehatan. Selain urusan pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah, Anda juga bisa mengatur keuangan Anda dari rumah saja menggunakan aplikasi Qelola. Berbagai transaksi keuangan seperti berbelanja, membayar tagihan, dan kirim uang bisa dilakukan menggunakan aplikasi Qelola. Anda bisa melakukan transaksi kirim uang ke Indonesia dengan biaya murah. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Daftar dan aktifkan akun Qelola serta ajak juga teman-teman Anda menggunakan aplikasi Qelola agar bisa saling bertansaksi sesama pengguna Qelola. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , , ,