Segera Capai Financial Freedom untuk TKI, Berikut 4 Tips Jitunya!

financial freedom

Keuangan adalah salah satu aspek terpenting dalam kehidupan. Keuangan yang baik tentu akan menghasilkan kehidupan yang baik pula. Segala kebutuhan hidup akan membutuhkan uang agar bisa terpenuhi. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan terbesar seorang pekerja bekerja di luar negeri karena prospek karir dan gaji yang menjanjikan. Bekerja adalah strategi menambah pendapatan agar mencapai kebebasan dalam keuangan. Pada akhirnya semua orang pasti juga berharap bisa terbebas secara finansial atau financial freedom. Tidak ada satupun orang yang menginginkan terjajah secara keuangan. Lalu, bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai financial freedom khususnya para TKI di luar negeri. Check this out!

Pengertian dari Financial Freedom

Financial freedom atau kebebasan keuangan adalah kondisi seseorang bebas secara finansial atau keadaan seseorang memiliki kekayaan yang mencukupi segala kebutuhan hidup tanpa harus bekerja sangat keras. Bisa dikatakan bahwa seseorang bisa melakukan apapun yang dikehendaki dan dibutuhkan dari segi keuangan. Umumnya kondisi ini terjadi setelah melalui proses panjang dan dinikmati di masa tua. Bagi seseorang yang telah mencapai kebebasan keuangan, aset yang dimilikinya dapat menghasilkan pundi-pundi yang nilainya lebih besar dibanding biaya hidupnya. 

1. Pahami Kondisi Finansial Terkini

Pahami kondisi keuangan Anda sekarang mulai dari jumlah pengeluaran dan pendapatan. Apakah pendapatan sudah mampu menutupi semua pengeluaran? Penting bagi Anda untuk bisa menghitung berapa besar uang yang diperoleh dalam sebulan agar pendapatan melebihi pengeluaran. Dengan demikian Anda akan lebih fokus dalam menentukan tujuan keuangan mendatang.

2. Tentukan Tujuan Keuangan Anda

business lady with tablet computer 1098 17702 - Segera Capai Financial Freedom untuk TKI, Berikut 4 Tips Jitunya!

Tujuan keuangan harus Anda tentukan sedini mungkin agar lebih mudah dalam menyusun strategi untuk meraihnya. Tujuan yang tidak jelas hanya akan menghambat kesuksesan Anda dalam keuangan. Contoh tujuan keuangan yang jelas seperti: bulan ini Anda harus mengurangi sekitar 25% dari total pengeluaran di bulan sebelumnya. Nah kemudian dalam beberapa bulan ke depan Anda menargetkan penambahan 40% dari pendapatan Anda sekarang.

3. Cari Sumber Pemasukan Lain

stack coins invest wooden blocks near house model with silver keys white surface 23 2148038693 - Segera Capai Financial Freedom untuk TKI, Berikut 4 Tips Jitunya!

Ciptakan aset yang mampu menghasilkan pemasukan menjadi salah satu langkah terbaik untuk meraih financial freedom. Kemudian pantau pendapatan yang dihasilkan dari aset Anda dan pastikan segala pengeluaran atau kebutuhan Anda tertutupi. Sementara itu, pendapatan pokok dari gaji Anda bisa digunakan untuk menciptakan aset tambahan atau memenuhi kebutuhan di luar pengeluaran pokok.

  • Bisnis

Berbisnis dianggap menjadi cara tepat untuk menciptakan aset tambahan baru yang akan menambah pendapatan. Mayoritas bisnis pasti membutuhkan modal, besar kecilnya tentu tergantung pada bisnis apa yang ingin Anda bangun. Siapkan juga model bisnis yang baik sehingga akan lebih berpotensi untuk maju dan berkembang. Diharapkan bisnis tersebut bisa menjadi aset yang mampu menghasilkan pemasukan, sehingga Anda lebih dekat untuk meraih financial freedom.

  • Passive Income atau Pendapatan Pasif melalui Internet

Melalui media internet, apapun bisa Anda jadikan sumber pemasukan. Cara paling mudah dengan membuat website/blog yang berisi berbagai informasi penting bagi pembaca. Untuk menciptakan passive income dari blog tersebut, Anda harus konsisten memperbaharui tulisan-tulisan informatif dan menarik. Semakin menarik blog Anda, maka traffic pengunjung akan terus meningkat. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari iklan yang dipasang di blog tersebut.

  • Pendapatan Pasif melalui Investasi

Sudah jadi rahasia umum bahwa pendapatan pasif adalah kunci dari kebebasan finansial. Salah satunya diperoleh dari berinvestasi. Bila Anda menginvestasikan uang, seiring berjalannya waktu uang tersebut akan bertambah nilainya. Jangan pernah membiarkan begitu saja uang dalam tabungan Anda. Pilihlah instrumen investasi yang cocok dan tepat bagi Anda, seperti saham, emas, properti, dan sebagainya. Sebelum memulai investasi, pelajari cara kerja dari masing-masing instrumen investasi dan berapa tingkat pengembaliannya untuk mengurangi risiko. Investasi bukan hanya bermain aman, namun juga harus disertai dengan tujuan yang akan memotivasi Anda untuk mencapai kebebasan finansial.

Baca Juga: Qelola, Aplikasi Keuangan yang Wajib Diunduh oleh TKI di Malaysia

4. Lunasi Hutang yang Dimiliki

tired asian woman sitting office 23 2148327038 - Segera Capai Financial Freedom untuk TKI, Berikut 4 Tips Jitunya!

Upayakan lunasi tagihan atau hutang yang masih berjalan kapan pun Anda memiliki uang yang cukup. Setidaknya pendapatan dari aset harus bisa menutupi segala hutang yang belum lunas. Segera lunasi dan bayar tagihan agar tidak menumpuk dan menghambat rencana keuangan Anda, termasuk cicilan rumah, mobil, dan lainnya. Usahakan jangan biasakan berhutang untuk mendapatkan sesuatu, alangkah baiknya Anda bisa menahan diri dan menabung.

Wah, menarik sekali tips meraih financial freedom atau kebebasan finansial, khususnya bagi para TKI di luar negeri. Anda perlu melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan dengan baik dan benar. Tenang saja, aplikasi Qelola memiliki fitur fund manager untuk mengatur keuangan Anda hanya melalui smartphone. Berbagai transaksi pembayaran online dan kirim uang ke Indonesia juga bisa dilakukan menggunakan aplikasi Qelola. Qelola juga menyediakan berbagai instrumen investasi yang bisa Anda pilih. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk melakukan pembayaran secara aman. Ajak juga teman-teman dan relasi bisnis Anda menggunakan aplikasi Qelola agar bisa saling bertansaksi sesama pengguna Qelola. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , , , ,