Mencicipi Sensasi Era Kolonial di Fort Cornwallis

Fort Cornwallis

Wisata Malaysia tak melulu tentang keindahan alam, atau modernitas yang ada di area Kuala Lumpur. Beberapa bangunan bersejarah juga banyak tersebar di negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia ini. Salah satu dari yang paling menarik untuk dikunjungi adalah Fort Cornwallis, yang sudah berusia lebih dari 200 tahun.

Benteng yang dibangun pada masa kolonial, sekitar tahun 1800-an ini, masih memiliki bentuk asli karena sepanjang sejarah mencatat, tidak pernah ada serangan pada benteng yang cukup megah ini. Tapi jika tak pernah diserang, bukankah berarti area ini aman? Lalu apa menariknya?

Pembangunan Benteng Fort Cornwallis

Untitled design616 - Mencicipi Sensasi Era Kolonial di Fort Cornwallis

Dibangun pada tahun 1786, benteng ini awalnya ditujukan untuk melindungi rute perdagangan yang dimiliki oleh Inggris dari serangan bajak laut dan pasukan Perancis. Namun demikian, karena pengamanan yang dilakukan cukup ketat, benteng ini kemudian banyak digunakan sebagai pusat administrasi oleh tentara dan golongan kolonial guna menunjang operasional perdagangan.

Adalah Sir Francis Light, yang menjadi tokoh besar dalam pembangunan benteng Fort Cornwallis ini. Jika Anda mengunjungi tempat ini, Anda bisa melihat patung besarnya di bagian muka benteng. Hal ini ditujukan sebagai bentuk penghargaan atas jasanya pada masa lalu, sehingga bisa tetap menjadi pengingat hingga saat ini.

Keindahan Benteng yang Terjaga dengan Baik

Jika kebanyakan benteng yang berdiri sejak jaman dahulu sudah rusak akibat termakan usia atau akibat serangan yang terjadi, lain halnya dengan benteng ini. Karena sejak dahulu area ini tidak pernah berhenti dari aktivitas manusia, struktur bangunan serta kualitas konstruksinya tetap terjaga. Anda bisa benar-benar merasakan sensasi era kolonial di Malaysia ketika berkunjung di sini.

Hal ini juga didukung dengan keberadaan pemandu wisata dan petugas yang menggunakan pakaian khas zaman kuno. Banyak area yang bisa dikunjungi, dan memuat cerita mengenai sejarah benteng ini. Anda bisa dengan mudah meminta bantuan pemandu wisata yang bertugas di sana untuk menjelajah dan menikmati salah satu benteng terbesar di Malaysia ini.

Beberapa area yang menjadi favorit untuk wisatawan biasanya adalah area gudang amunisi, dimana Anda bisa melihat koleksi magasin yang masih berisi peluru, area kapel yang dahulu digunakan sebagai tempat ibadah, dan area penjara yang hingga kini masih memiliki bentuk dan struktur sama persis dengan keadaannya di masa lalu.

Koleksi Andalan Benteng Fort Cornwallis

Untitled design615 - Mencicipi Sensasi Era Kolonial di Fort Cornwallis

Jika berbicara mengenai apa yang menjadi andalan dari benteng besar ini, jawaban yang paling tepat mungkin adalah Meriam Sri Rambai. Meriam Sri Rambai merupakan meriam paling besar yang dimiliki benteng ini. Secara keseluruhan, terdapat setidaknya 17 meriam yang bisa dilihat dan dinikmati keindahannya. Tentu, pesan utamanya adalah agar Anda berhati-hati ketika menikmati keindahan benda-benda kuno di sini agar tidak merusak benda koleksinya.

Uniknya, meriam Sri Rambai juga memiliki mitos yang dipercaya warga sekitar sebagai salah satu alat bantu meningkatkan kesuburan. Kabarnya, jika seorang wanita memasukkan bunga ke dalam lubang meriam ini, maka kesuburan wanita tersebut akan meningkat. Mitos ini menjadi satu daya tarik tersendiri bagi turis yang juga ingin sekaligus melakukan ‘ritual’ meminta buah hati.

Tarif Ekonomis dan Souvenir Menarik

Ketika Anda berkunjung ke benteng ini, jangan lupa membawa sejumlah uang agar kunjungan Anda dapat dipandu oleh petugas yang ada di sana. Harga tiket dan biaya yang dikenakan untuk menggunakan jasa pemandu tidak mahal, sehingga tidak akan memberatkan dompet Anda.

Setelah puas menikmati berbagai area yang dapat dikunjungi dari Fort Cornwallis, Anda bisa mampir ke toko souvenir yang ada pada satu bagian di benteng ini. Pernak-pernik cantik yang berkaitan dengan benteng bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau, sehingga bisa jadi kenang-kenangan bahwa Anda pernah merasakan sensasi masa kolonial di benteng ini.

Di Mana Lokasinya?

Untitled design617 - Mencicipi Sensasi Era Kolonial di Fort Cornwallis

Terletak di Georgetown dan dekat dengan Victoria Memorial Clock, Anda bisa mendatangi benteng ini dengan menggunakan angkutan umum yang banyak tersedia di Malaysia. Mulai dari bis hingga kereta yang keberangkatannya sangat terjadwal, Anda bisa memilih mana angkutan yang Anda inginkan.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Gratis di Penang yang Wajib Anda Tahu 

Berwisata menikmati bangunan bersejarah merupakan salah satu agenda wisata yang cukup unik, mengingat Anda bisa mendapatkan banyak pengetahuan baru di sana. Tentu, bangunan bersejarah yang ada di Malaysia tidak hanya Fort Cornwallis saja, namun masih banyak bangunan bersejarah lain yang bisa Anda kunjungi.

Kunjungan ke Fort Cornwallis akan terasa lebih seru jika Anda tidak diganggu dengan masuknya tagihan rutin bulanan. Ketika tagihan ini datang, Anda bisa dengan cepat menyelesaikannya dengan menggunakan aplikasi remitansi Qelola. Ya, meski layanan utamanya adalah pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia, Qelola juga menyediakan fitur pembayaran tagihan listrik, PDAM, dan juga BPJS. Unduh aplikasinya di sini, dan maksimalkan waktu liburan Anda di Malaysia!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,