Begini Cara Setor Tunai di ATM Yang Wajib Diketahui TKI

cara setor tunai di atm

Seiring berkembangnya teknologi, kini melakukan setor tunai menjadi semakin mudah. Dengan adanya fasilitas ini, maka Anda tidak perlu berlama-lama mengantri di depan teller bank lagi. Karena setor tunai sudah bisa dilakukan melalui mesin ATM yang biasa disebut dengan mesin CDM (Cash Deposit Machine). Harus datang saat jam kerja dan mengantri lama tentu akan merepotkan dan memakan waktu yang lama. Apalagi jika ada banyak tugas pekerjaan yang tidak bisa Anda tinggalkan. Tentu tidak mungkin Anda harus mengajukan izin hanya untuk melakukan setor tunai di teller bank? Itulah gunanya fasilitas mesin ATM setor tunai atau CDM. Dengan adanya mesin ini, maka Anda dapat menyetorkan uang kapan saja tanpa perlu mengantri. 

Baca Juga: Sudah Tahu Apa Saja Keuntungan Transaksi Non Tunai?

Kelebihan dan Kekurangan Setor Tunai di ATM

Sebelum membahas tentang bagaimana cara setor tunai di ATM, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu informasi tentang apa saja kelebihan dan kekurangan melakukan setoran tunai melalui mesin ATM. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya yang perlu Anda perhatikan.

Kelebihan Setor Tunai di ATM

cara setor tunai di atm 1 - Begini Cara Setor Tunai di ATM Yang Wajib Diketahui TKI

Melakukan setor tunai di ATM tentu saja memiliki kelebihan yang bisa memberikan kemudahan Anda dalam bertransaksi. Apa saja kemudahan tersebut?

  • Tidak perlu repot pergi ke bank dan antri di teller
  • Jika di teller bank Anda hanya diberikan waktu antara pukul 08.00 sampai dengan pukul 15.00 untuk melakukan penyetoran uang. Maka, setor tunai di ATM dapat Anda lakukan kapan saja selama 24 jam setiap harinya.
  • Selain dapat diakses kapan dan di mana saja, dengan mesin ini Anda juga bisa melakukan transfer ke sesama bank maupun ke lain bank tanpa harus memiliki saldo dalam rekening. Sebab dengan mesin ini, otomatis Anda seperti sedang melakukan transaksi menggunakan uang tunai.

Kekurangan Setor Tunai di ATM

cara setor tunai di atm 2 - Begini Cara Setor Tunai di ATM Yang Wajib Diketahui TKI

Adanya mesin setor tunai tentu saja akan memudahkan Anda untuk melakukan transaksi perbankkan. Di luar jam kerja bank, Anda masih bisa melakukan transaksi, terutama untuk melakukan setoran ke rekening Anda pribadi. Namun, setor tunai melalui mesin ATM juga memiliki kekurangan.

  • Yang namanya mesin, terkadang juga akan terjadi error dan akibatnya akan merugikan pengguna.  Dikarenakan mesin ATM bekerja menggunakan sistem iBanking, maka gangguan sistem dapat terjadi kapan saja, termasuk saat Anda sedang melakukan transaksi. Jika hal tersebut terjadi, maka Anda harus segera datang ke kantor cabang bank yang bersangkutan. Atau Anda juga bisa menghubungi layanan call center untuk penanganan lebih lanjut.
  • Uang yang akan disetorkan tidak dapat diproses karena terlipat, robek, maupun terdapat staples yang menempel.
  • Hanya dapat menyetorkan uang dalam nominal tertentu saja, yaitu pecahan Rp100.000, Rp50.000, dan Rp20.000.
  • Memiliki batas limit harian, yaitu sekitar Rp15 juta per hari dengan maksimal uang sekali transaksi adalah 50 lembar.
  • Meskipun setor tunai melalui ATM dianggap lebih praktis daripada di bank, namun keduanya tetap tidak bisa Anda lakukan dari rumah seperti layanan SMS banking, mobile banking, ataupun internet banking.
  • Melakukan setor tunai di ATM lebih rawan mengalami tindak kejahatan, apalagi jika Anda menggunakan mesin ATM yang terletak di tempat yang sepi.

Cara Setor Tunai di ATM

cara setor tunai di atm 3 - Begini Cara Setor Tunai di ATM Yang Wajib Diketahui TKI

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah datang ke ATM Setor Tunai yang tersebar di seluruh Indonesia. 
  2. Kemudian, siapkan uang yang akan disetorkan. Pastikan bahwa uang tersebut tidak terlipat, dan memiliki pecahan dengan nominal yang sudah ditentukan.
  3. Setelah sampai di mesin ATM, Anda harus memasukkan kartu ATM sesuai dengan prosedur yang ada. Pastikan posisi kartu Anda benar, yaitu tanda panah mengarah pada slot kartu yang tersedia.
  4. Setelah memasukkan kartu, Anda akan diminta untuk memasukkan 6 digit nomor PIN. Pastikan Anda tidak salah dalam mengetikkan nomor PIN tersebut, karena jika sampai salah tiga kali maka kartu ATM Anda akan terblokir.
  5. Langkah selanjutnya adalah memilih menu setor tunai, dan Anda akan diminta untuk memasukkan uang dalam kotak yang telah disediakan di mesin ATM.
  6. Setelah jumlah uang yang Anda setorkan dengan uang yang dapat diproses oleh mesin ATM sesuai, barulah Anda dapat memilih menu setor. Jika transaksi tersebut  berhasil, mesin akan mengeluarkan struk bukti transaksi yang telah Anda lakukan.

Itulah beberapa informasi yang perlu Anda perhatikan, mulai dari kelebihan dan kekurangan setor tunai di ATM hingga bagaimana cara yang harus dilakukan. Meskipun memudahkan, sebaiknya Anda tetap melakukannya dengan hati-hati. Mumpung lagi di ATM, Anda bisa sekalian top up saldo Qelola. Dengan memiliki saldo yang cukup, Anda akan lebih mudah jika sewaktu-waktu harus bayar tagihan, atau beli pulsa dan paket data internet. Sementara bagi Anda yang belum memiliki akun Qelola, Anda bisa unduh aplikasinya terlebih dahulu di sini.

Tags: , , , , , , ,