Nikmati Kuliner Malam di Petaling Street Saat Liburan ke Malaysia

petaling street

Tidak lengkap rasanya apabila pergi liburan tanpa belanja oleh-oleh dan mencoba berbagai macam kulinernya. Saat traveling ke Kuala Lumpur Malaysia, jangan lupa untuk mampir ke Petaling Street untuk belanja oleh-oleh dan menikmati jajanan yang ada di sana. Petaling Street memang menjadi tempat terbaik untuk belanja oleh-oleh di Malaysia, selain Central Market. Selain murah, belanja oleh-oleh di sana harganya juga bisa ditawar. Sementara untuk memanjakan lidah Anda, berikut ini ada beberapa rekomendasi makanan dan minuman yang bisa dibeli saat Anda berkunjung ke Petaling Street.

Baca Juga: Daftar Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Ibukota Malaysia

Mengenal Petaling Street di Kuala Lumpur Malaysia

petaling street 1 - Nikmati Kuliner Malam di Petaling Street Saat Liburan ke Malaysia

Petaling Street berada di kawasan Chinatown Kuala Lumpur, Malaysia. Dulu, daerah ini dihuni oleh pendatang dari Tiongkok yang bekerja di pertambangan timah Malaysia. Kemudian perang sipil Selangor terjadi, sehingga mereka pergi dan setelah perang usai mereka mendapati area tambang terkena banjir. Salah satu pendatang yaitu Yap Ah Loy, kemudian membuka pabrik tapioka di daerah tersebut. Kawasan tersebut lalu berkembang sebagai area perdagangan hingga saat ini. Karena berada di Chinatown, Petaling Street dihiasi oleh berbagai dekorasi berwarna merah. Mulai dari gerbangnya yang berwarna merah dengan nuansa Tiongkok, hingga di sepanjang jalan kios-kios yang juga dihiasi warna merah serta lampion.

Waktu terbaik untuk berbelanja di Petaling Street adalah mulai pukul 5 sore saat cuaca tidak lagi panas dan pasar malam dimulai. Biasanya Petaling akan ramai mulai pukul 7 malam waktu setempat.

Tempat Wisata di Kawasan Chinatown

petaling street 2 - Nikmati Kuliner Malam di Petaling Street Saat Liburan ke Malaysia

Berkunjung ke Chinatown tidak hanya untuk belanja saja. Tetapi juga sekalian untuk jalan-jalan ke tempat wisata yang ada di sana. Lantas, ada apa saja sih di jantung Kota Kuala Lumpur ini?

  • Kuil Sri Mahamariamman, yang identik dengan gapura setinggi 7 meter dengan patung dewa dan dewi umat Hindu. Kuil ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Kuala Lumpur, yang dihiasi dengan ornamen dan pahatan yang paling rumit. Setiap pahatan dewa-dewi berhiaskan dengan emas, permata, hingga batu mulia.
  • Kuil Chan See Shu Yuen, adalah kuil Buddha yang terletak di ujung Petaling Street. Saat berada di kuil ini, Anda akan melihat dan mendengarkan kisah kuno dan mitologi Cina. Bangunannya didominasi dengan warna merah dan kuning, serta ukiran dan lukisan dinding yang memuat nilai sejarah.

Kuliner Malam di Kawasan Chinatown

petaling street 3 - Nikmati Kuliner Malam di Petaling Street Saat Liburan ke Malaysia

Ada banyak penjual makanan yang menawarkan aneka makanan Melayu dan Tionghoa seperti mie, sate, dim sum hingga makanan laut di kawasan Chinatown. Harga setiap jajanan yang dijual di sana lumayan terjangkau, sehingga tidak akan membuat kantong Anda kering. Berikut ini ada beberapa rekomendasi kuliner malam yang bisa Anda coba:

  • Char Kway Teow, adalah sajian mie yang mirip dengan kwetiau goreng di Indonesia. Ciri khas dari Char Kway Teow khas Malaysia ini adalah adanya penambahan udang dan tauge, serta daun kucai. Dan ada juga bakso ikan, sosis, dan telur sebagai tambahan. Kuliner malam yang satu ini kemudian disajikan di atas piring yang dialasi dengan daun pisang, lengkap dengan sumpit.
  • Chestnut Berangan, yaitu cemilan kacang berangan yang memiliki ukuran cukup besar. Kulitnya yang keras membuat kacang ini harus dipanggang sebelum dinikmati.
  • Air Mata Kucing, adalah minuman dengan rasa manis seperti liang teh yang dihidangkan dengan tambahan buah yang dicincang. Anda harus mencoba minuman ini selagi jalan-jalan di Petaling Street dan mencari oleh-oleh.
  • Kim Soya Bean, adalah es susu kedelai yang sangat cocok bagi Anda yang lapar tapi malas makan dan ingin tambahan nutrisi dari protein nabati.
  • Aneka Macam Sate-satean. Jika Anda masih lapar, Anda bisa membeli sate-satean di Petaling Street. Saat pertama kali datang, Anda akan diberi sebuah piring untuk meletakkan sate yang Anda pilih. Kemudian penjualnya akan membakar atau menggoreng sate tersebut dengan ditambahkan tepung dan bumbu khusus.

Liburan ke Malaysia, Mulai dari Petaling Street Saja!

Bagaimana, Anda tertarik untuk menjadikan kawasan Chinatown Petaling Street sebagai titik pertama untuk mengeksplor Malaysia? Pastikan persiapan liburan Anda matang, termasuk soal biayanya. Jangan sampai liburan Anda malah berujung penyesalan karena Anda ternyata menghabiskan uang yang banyak. Hal itu sangat mungkin terjadi jika Anda tidak memiliki itinerary liburan sebagai panduan yang jelas. Selain menyiapkan itinerary liburan, sebaiknya Anda memanfaatkan aplikasi keuangan yang berbasis e-wallet seperti Qelola. Tujuannya adalah agar Anda tidak perlu membawa uang cash yang banyak saat berkunjung ke Malaysia. Dengan memiliki dompet digital yang terus aktif, Anda bisa melakukan berbagai macam transaksi secara praktis dan lebih terkontrol. Aplikasi Qelola memiliki fitur yang cukup lengkap, sehingga bisa Anda andalkan mulai dari kirim uang antar negara, bayar tagihan, hingga beli voucher pulsa, dan berbagai voucher lainnya. Unduh Qelola sekarang juga!

Tags: , , , , , , ,