Keuntungan Buka Rekening Bank di Malaysia, Mahasiswa Wajib Tahu!

rekening bank

Salah satu hal penting yang harus Anda pikirkan ketika mulai berkuliah di Malaysia adalah mengatur keuangan. Memiliki rekening adalah satu cara menyimpan uang Anda dengan baik. Dengan memiliki rekening di salah satu bank lokal di Malaysia akan mempermudah segala transaksi perbankan Anda selama di sana. Artikel ini akan mengulas tentang alasan pentingnya memiliki rekening bagi mahasiswa dan cara buka rekening dari bank lokal di Malaysia. Check this out!

Alasan Perlu Membuka Rekening saat Kuliah di Malaysia

Kenapa Anda perlu membuka rekening di Malaysia sebagai mahasiswa di sana? Mungkin pertanyaan ini muncul ketika akan melanjutkan studi di Negeri Jiran. Buka rekening adalah salah satu kewajiban dari imigrasi bagi mahasiswa yang berkuliah di Malaysia. Berikut ini adalah beberapa alasan dan keuntungan untuk membuka rekening bank lokal Malaysia bagi mahasiswa internasional:

  1. Hemat nilai pertukaran kurs: Anda pasti tidak ingin membayar semua biaya pertukaran kurs dari bank menggunakan rekening Indonesia, kan? Pastinya, dengan rekening Malaysia, Anda bisa menghemat saat mentransfer dalam jumlah yang banyak dan melibatkan kurs lokal supaya lebih untung. 
  2. Tidak ada biaya tambahan per transaksi: Setiap transaksi yang Anda lakukan, termasuk pengecekan saldo melalui ATM akan dikenakan biaya transaksi atau administrasi untuk penggunaan bank asing. Biaya yang dikenakan berbeda-beda bergantung pada bank yang Anda gunakan. Itulah mengapa jika Anda memiliki rekening lokal, maka akan terbebas dari biaya transaksi.
  3. Memudahkan pembayaran biaya hidup dan lainnya: Dengan menggunakan rekening Malaysia, dapat Anda gunakan untuk membayar belanja bulanan di supermarket, tiket bioskop, makan di restoran.
  4. Membangun riwayat kredit lokal: Jika Anda berkeinginan bekerja setelah lulus nantinya, mungkin Anda akan tinggal di Malaysia lebih lama. Perlu Anda ketahui, membuka rekening bank lokal adalah langkah pertama dalam membangun riwayat kredit atau transaksi di negeri baru. 

Tipe-Tipe Rekening Bank di Malaysia

credit card close up 1203 2187 - Keuntungan Buka Rekening Bank di Malaysia, Mahasiswa Wajib Tahu!

Bank-bank raksasa Malaysia yang cukup familiar di telinga orang Indonesia adalah Bank CIMB Niaga dan Maybank. Berikut ini adalah dua tipe rekening bank yang dapat Anda sesuaikan dengan keadaan Anda saat berada di Malaysia. 

  1. Rekening tabungan: Rekening ini disediakan untuk mahasiswa internasional yang berkuliah di Malaysia.
  2. Rekening giro: Seluruh orang di dunia yang memiliki izin kerja atau perusahaan di Malaysia berhak membuka rekening giro. 

Dokumen Persyaratan Pembukaan Rekening Tabungan

Berikut ini adalah daftar dokumen umum yang perlu Anda persiapkan untuk membuka rekening di Malaysia. Persyaratan dokumen bisa bervariasi tergantung dengan bank atau cabangnya masing-masing.

  • Paspor asli yang masih berlaku.
  • Surat untuk membuka rekening yang dikeluarkan oleh International Office dari universitas atau kampus Anda untuk memastikan status kemahasiswaan di Malaysia.
  • Deposit minimal sebesar RM100 – RM300.
  • Indemnity form bagi siswa yang berusia di bawah 18 tahun dan ditandatangani oleh orang tua Anda.

Proses Buka Rekening Bank di Malaysia

pos credit card settlement instead cash settlement shopping 1359 1162 - Keuntungan Buka Rekening Bank di Malaysia, Mahasiswa Wajib Tahu!

  1. Pertama, minta dulu surat keterangan mahasiswa dari universitas untuk tujuan membuka rekening bank.
  2. Kedua, datang ke bank saat jam kantor dan membawa semua dokumen persyaratan di atas (passport, surat keterangan, semua harus asli). 
  3. Ketiga, isi dengan lengkap formulir di bank dan tunggu sampai proses verifikasi dilakukan.
  4. Keempat, serahkan dana setoran awal atau deposit sebagai tabungan di rekening.
  5. Setelah selesai buka rekening dan mendapat kartu ATM, silahkan aktifkan kartu ATM, m-banking/internet banking.

Untuk mematikan aktivasi rekening yang Anda miliki di saat tidak berada di negara selama lebih dari 3 bulan, pastikan Anda memiliki saldo minimal sebesar RM100. 

Baca Juga: Tips Kelola Uang dengan Bijak dan Terencana

3 Bank Indonesia Buka Cabang di Malaysia

Kini bagi Anda yang tinggal di Malaysia, Anda sudah bisa membuka rekening tabungan di salah satu bank Indonesia yang membuka kantor cabang di Malaysia. Ketentuan resmi ini berdasarkan penandatanganan kesepakatan bilateral antara OJK dan Bank Negara Malaysia. Kesepakatan ini merupakan bagian dari penerapan ABIF (Asean Banking Integration Framework). 

Bank yang dapat membuka kantor cabang atau berekspansi ke Malaysia yaitu bank yang memiliki modal di atas Rp30 triliun, dan memiliki modal yang kuat dari segi likuiditas sehingga masuk dalam kategori Qualified ASEAN Bank. Bank Indonesia yang membuka kantor cabang di malaysia diantaranya Bank Mandiri, Bank BRI, dan Bank BNI. Ketiga bank tersebut telah masuk kedalam kategori Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) IV.

Tentu sebuah kemudahan bertransaksi bagi Anda yang telah memiliki rekening di salah satu dari 3 bank Indonesia tersebut ketika berada di Malaysia. Tak hanya untuk WNI yang tinggal di Malaysia saja yang dapat menggunakan produk perbankan bank dari Indonesia, tapi warga Malaysia juga dapat membuka rekening di ketiga bank tersebut. Bahkan warga Malaysia dapat mengajukan pinjaman untuk kebutuhan konsumtif maupun produktif.

Kelola Baik Keuangan Anda Selama di Malaysia

Pastikan Anda dapat secara bijak mengelola keuangan dengan baik selama berada di luar negeri. Anda tetap disarankan memiliki rekening bank lokal Malaysia untuk memudahkan transaksi perbankan selama di Malaysia. Jika ingin melakukan transaksi ke Indonesia, aplikasi Qelola adalah solusinya. Segera unduh dan install aplikasi Qelola untuk menikmati kemudahan mengirim uang dan membayarkan biaya pendidikan, tagihan listrik dan air, dan sebagainya dari Malaysia! Qelola juga menyediakan multi financial product yang bisa Anda pilih untuk mengelola keuangan dengan baik. Anda hanya perlu menggunakan smartphone untuk segala proses transaksi tersebut. Mudah bukan? Ajak teman-teman di sekitar Anda untuk menikmati kemudahan bertransaksi ke sesama pengguna Qelola. Dapatkan informasi lengkap tentang kehidupan di Malaysia termasuk masalah keuangan pada website Qelola. Tunggu apalagi?

Tags: , , , , , , , , ,