4 Cara Memeriksa Informasi e KTP, Pastikan Validitas Datanya!

e KTP

Penggunaan e KTP merupakan hal yang kini sudah menjadi kewajaran. Pasalnya, pada masa yang akan datang hampir setiap urusan administrasi akan dapat dihubungkan dengan chip yang ditanam pada kartu identitas yang dimiliki. Jadi setiap warga negara Indonesia bisa mengurus berbagai urusan administrasi dengan bermodalkan e KTP saja tanpa harus menginput berbagai informasi yang sudah didata oleh pemerintah.

Dalam konteks ketenagakerjaan di luar negeri, menjadi TKI misalnya, penggunaan e KTP juga sudah diterapkan dalam urusan pengajuan permohonan paspor. Namun demikian, untuk Anda yang sudah memiliki KTP elektronik namun belum benar-benar yakin bahwa data Anda terekam, ada baiknya melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Meski sudah diterapkan di hampir seluruh wilayah Indonesia, e KTP sendiri masih menemui berbagai kendala. Jadi daripada Anda bermasalah ketika akan mengurus paspor guna berangkat menjadi TKI, ada baiknya Anda memeriksa validitas KTP elektronik yang Anda miliki. Bilamana terjadi masalah, Anda bisa segera menyelesaikannya sehingga pengajuan paspor bisa dilakukan dengan lancar.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengecek validitas kartu identitas elektronik yang Anda miliki.

Akses Langsung ke Website Resmi

Untitled design556 - 4 Cara Memeriksa Informasi e KTP, Pastikan Validitas Datanya!

Cara yang paling direkomendasikan adalah secara langsung mengakses website resmi dari pemerintah daerah atau dinas terkait. Hampir seluruh wilayah di Indonesia kini telah menggunakan website untuk membantu urusan administrasi. Jadi Anda juga bisa mengecek validitas e KTP yang Anda miliki pada situs resmi ini.

Website yang bisa dijadikan acuan utama adalah milik Dinas Kependudukan dan Kantor Catatan Sipil. Pasalnya, kedua instansi ini terhubung langsung dengan pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri, yang menjadi tempat utama pengumpulan database identitas warga negara Indonesia.

Caranya mudah, tinggal masukkan saja Nomor Induk Kependudukan yang tertera pada KTP Anda pada kolom yang sudah tersedia. Lanjutkan dengan klik ‘Cek’, lalu Anda akan mendapatkan status kartu identitas yang Anda miliki.

Perangkat Card Reader e KTP

Cara selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa validitas dan data yang terdapat pada e KTP adalah dengan menggunakan perangkat card reader yang tersedia di Dinas Kependudukan dan Kantor Catatan Sipil. Perangkat ini digunakan untuk memindai chip yang ditanam di kartu identitas Anda, untuk kemudian menampilkan informasi mengenai data diri Anda secara lengkap.

Ada plus dan minus dari cara ini. Kelebihannya adalah Anda akan mendapat hasil yang valid karena langsung diperiksa oleh petugas yang berwenang. Bilamana terjadi kesalahan atau error, Anda bisa langsung mengurusnya saat itu juga untuk memperbaiki data atau validitas dari kartu identitas. Namun demikian, kekurangannya adalah Anda harus menyempatkan diri datang ke kantor tersebut untuk melakukan pemeriksaan.

Aplikasi Cek KTP ID & NIK Online

Untitled design555 - 4 Cara Memeriksa Informasi e KTP, Pastikan Validitas Datanya!

Untuk Anda yang masih muda, mungkin akan bertanya-tanya apakah ada aplikasi untuk memeriksa e KTP yang dimiliki. Ya, jawabannya adalah ada, Anda bisa mengunduh aplikasi ini pada layanan yang tersedia di smartphone Anda. Nantinya Anda tinggal memasukkan NIK dan klik ‘Cari/Cek’. Dalam waktu singkat Anda sudah bisa melihat data lengkap identitas yang terekam pada kartu identitas Anda.

Layanan Pesan Singkat

Untuk beberapa daerah di Indonesia, Dinas Kependudukan dan Kantor Catatan Sipil juga menyediakan layanan pesan singkat yang bisa digunakan oleh semua orang. Namun demikian, tidak semua daerah menggunakan cara ini, jadi Anda tetap harus memiliki informasi yang jelas terkait nomor layanan pesan singkat yang digunakan.

Misalnya untuk area Kota Depok, Anda bisa menggunakan format pesan singkat ‘NIK#nomor NIK yang Anda miliki’. Setelah menuliskan ini, Anda bisa mengirimkannya pada nomor 0821-1101-4433 (pastikan dengan memeriksanya di situs resmi ya!). Cukup mudah dan simple bukan?

Penjelasan Nomor dalam NIK yang Dimiliki

Untitled design554 - 4 Cara Memeriksa Informasi e KTP, Pastikan Validitas Datanya!

Sedikit informasi tambahan untuk Anda yang mungkin penasaran pada arti dari NIK yang tercantum di dalam KTP Anda, bahwa angka tersebut merupakan kode dan memiliki arti. Untuk 6 digit pertama menunjukkan informasi lokasi NIK e KTP diterbitkan (2 digit awal provinsi, 2 digit setelahnya kode kota atau kabupaten, dan 2 digit berikutnya adalah kode kecamatan). 6 digit selanjutnya menyatakan tanggal lahir (tanggal, bulan, tahun) dan 4 digit terakhir menunjukkan nomor urut registrasi kependudukan. Jadi nomor tersebut bukanlah nomor acak dan merupakan kode penerbitan dan identitas unik yang Anda miliki.

Baca Juga: Berapa Lama Proses Pembuatan Paspor? Cek Infonya di Sini

Memeriksa validitas e KTP yang dimiliki mungkin jadi langkah awal paling sederhana untuk mengurus pengajuan paspor guna bekerja di luar negeri. Ingat, daripada Anda harus bermasalah di Kantor Imigrasi diakibatkan oleh data yang tidak lengkap, periksa terlebih dahulu dan pastikan informasi serta validitasnya. Ketika nanti Anda sudah bekerja di luar negeri, di Malaysia misalnya, Anda juga harus menggunakan layanan remitansi yang handal. Qelola, dalam hal ini bisa menjadi partner yang terbaik. Dengan biaya administrasi rendah dan layanan prima, Qelola siap menjadi partner pengiriman uang Anda. Unduh aplikasinya di sini, dan nikmati setiap fiturnya!

 

Tags: , , , , , , , , , , , ,