Mengapa Virtual Account Adalah Metode Pembayaran yang Dibutuhkan?

EP 24 - Mengapa Virtual Account Adalah Metode Pembayaran yang Dibutuhkan?

Dengan semakin berkembangnya industri dan cepatnya perputaran uang, setiap orang membutuhkan sebuah metode pembayaran yang simpel. Dan untuk pertanyaan ini, metode virtual account adalah jawabannya. Pada awalnya pihak yang kerap menggunakan virtual account adalah perusahaan dan lembaga-lembaga besar saja. Namun seiring berjalannya waktu, berbagai e-commerce telah mampu menyediakan metode ini sebagai solusi pembayaran mudah bagi mitra dan pelanggan yang jumlahnya tidak sedikit.

Baca Juga: Ingin Bertransaksi dengan Virtual Account? Ini Penjelasan Lengkapnya

Apa Itu Virtual Account?

EP 24 1 - Mengapa Virtual Account Adalah Metode Pembayaran yang Dibutuhkan?

Virtual mempunyai arti ‘maya’ atau ‘tidak nyata’. Sehingga virtual account dapat diartikan sebagai akun yang tidak nyata. Atau dalam jual beli merujuk pada rekening buatan yang tidak benar-benar nyata. Setiap Anda melakukan transaksi di online shop maka toko yang dibantu oleh pihak bank akan membuatkan nomor ID pelanggan Anda. Untuk setiap transaksi, pelanggan akan mendapatkan satu ID pelanggan yang biasa dikenal dengan VA number (nomor akun virtual). Nomor ini berbeda untuk setiap pelanggan dan bisa berubah untuk setiap transaksi. Ketika menggunakan virtual account, Anda tidak perlu lagi mengirimkan bukti transfer kepada penjual. Cukup melakukan pembayaran menggunakan ID pelanggan melalui ATM atau m-banking, maka transaksi Anda akan tercatat secara otomatis. Begitupun pada penjual, mereka tidak perlu lagi mengecek pembayaran Anda satu persatu, karena seluruhnya sudah tercatat di dalam sistem. Berbeda dengan metode transfer dimana bukti transfer harus diberikan oleh pelanggan dan diperiksa oleh penjual secara manual.

Mengapa Virtual Account Adalah Metode yang Anda Butuhkan?

EP 24 2 - Mengapa Virtual Account Adalah Metode Pembayaran yang Dibutuhkan?

Virtual account disebut-sebut sangat menolong, baik bagi pemilik online shop maupun pelanggan. Karena manfaatnya, semua e-commerce berusaha untuk menyediakan metode pembayaran ini ada di dalam sistem mereka. Tidak hanya itu, kini berbagai korporat bahkan unit layanan masyarakat pun menggunakan virtual account. Lalu apa alasan metode pembayaran ini sangat dibutuhkan? Berikut penjelasannya.

Mudah dan Cepat

Jika Anda telah melakukan pembayaran maka tidak perlu melakukan konfirmasi manual dengan mengirim bukti transfer lagi. Karena transaksi akan langsung tercatat secara langsung dalam sistem dan pembukuan penjual sehingga konfirmasi akan dilakukan secara otomatis. Sementara jika menggunakan transfer bank, Anda perlu melakukan konfirmasi pembayaran dengan mengambil gambar struk transaksi. Lebih merepotkan bukan? Terlebih lagi jika Anda memilih metode pembayaran cash on delivery atau COD. Anda harus menyisihkan waktu untuk menjemput dan membayar pesanan Anda secara langsung kepada penjual.

Lebih Murah

Apabila memilih untuk membayar langsung, Anda membutuhkan biaya transportasi agar dapat menjangkau tempat yang dijanjikan dengan penjual untuk melakukan transaksi pembayaran. Sementara dalam metode transfer bank, untuk membedakan pembayaran Anda dengan orang lain, biasanya pihak penjual meminta Anda memasukkan kode unik di dalam nominal transferan. Tentu saja ini akan mengambil beberapa rupiah dari saldo Anda. Angkanya mungkin kecil jika dilakukan sesekali saja. Namun bagaimana jika setiap pembayaran online Anda mengharuskan adanya kode unik? Ya, jumlah kecil itu lama kelamaan akan mengurangi saldo dalam jumlah besar. Dan ini tidak akan terjadi jika menggunakan virtual account. Karena kode yang diberikan berbeda bagi tiap orang, maka pembayaran Anda akan otomatis terkonfirmasi tanpa harus menambahkan angka unik di belakangnya.

Meminimalisasi Terjadinya Kesalahan Nominal Uang

Anda bisa saja kekurangan uang ketika melakukan pembayaran langsung kepada penjual. Atau ketika memasukkan nominal yang akan ditransfer, besar kemungkinan kesalahan pengetikan angka terjadi. Yang paling sering adalah kelebihan atau kekurangan angka ‘0’ di bagian akhir yang membuat nominal berbeda sangat jauh. Jika membayar dengan virtual account hal ini tidak akan terjadi karena nominal pembayaran Anda akan otomatis muncul ketika memasukkan ID pelanggan dan Anda hanya diminta untuk menekan tombol ‘setuju’.

Menerima Pembayaran dari Seluruh Bank

Ketika melakukan pembayaran melalui virtual account, biasanya sudah disediakan pilihan pembayaran dari berbagai bank. Anda tinggal memilih sesuai dengan rekening bank yang Anda gunakan. Sedangkan toko online yang masih menggunakan metode transfer umumnya hanya menyediakan satu atau dua rekening sesuai yang mereka pakai. Sehingga untuk menghindari biaya tambahan, Anda harus menggunakan rekening bank yang sama dengan rekening tujuan. Jika tidak punya, Anda terpaksa harus meminjam milik orang lain atau merelakan biaya tambahan diambil dari deposito Anda.

EP 24 3 - Mengapa Virtual Account Adalah Metode Pembayaran yang Dibutuhkan?

Dari penjelasan di atas pastinya Anda sudah mengetahui mengapa virtual account menjadi metode pembayaran yang dibutuhkan oleh banyak orang. tetapi perlu dicatat bahwa metode ini bisa dipakai jika Anda memiliki rekening bank. Lalu bagaimana jika tidak memiliki rekening bank? Anda bisa melakukan pembayaran berbagai transaksi dengan aplikasi Qelola. Qelola mempunyai berbagai agen di dalam dan luar negeri yang akan melayani pengisian ulang (top-up) saldo di aplikasi yang nantinya digunakan untuk berbagai kebutuhan. Tunggu apalagi? Download aplikasinya di sini sekarang juga!

Tags: , , , , , , , ,