Cara Kerja di Luar Negeri Terbaru, Mudah dan Perlu Anda Tahu

kerja di luar negeri

Setiap orang memiliki motivasi tersendiri untuk bekerja di luar negeri. Tingginya persaingan kerja, gaji yang lebih baik sampai pengalaman berharga banyak menjadi motivasi kerja seseorang untuk berangkat ke luar negeri. Bagi banyak orang, setiap alasan bekerja akan menentukan pencapaian yang akan mereka dapatkan di kemudian hari. Demikian pula dengan cara kerja di luar negeri yang mereka tempuh.

Ada beberapa negara yang menjadi tujuan utama untuk kebanyakan orang Indonesia yang mencari pekerjaan di luar negeri sebagai tenaga profesional. Setiap negara tersebut menawarkan cara kerja di luar negeri dan syarat yang berbeda. Agar dapat mempersiapkan diri dengan baik, di bawah ini kita rangkum tentang cara mendapatkan pekerjaan di luar negeri yang harus Anda tahu.

Bagaimana Cara Mendapatkan Pekerjaan di Luar Negeri?

Tentunya ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan kesempatan berkarir di luar negeri. Berikut hanyalah beberapa cara sebagai contoh.

  • Mengikuti Program Kerja Sambil Liburan

working holiday e1590971584356 - Cara Kerja di Luar Negeri Terbaru, Mudah dan Perlu Anda Tahu

Cara ini biasanya digunakan para pelancong untuk bisa jalan-jalan ke luar negeri, tapi tetap mendapat penghasilan. Adapun untuk mendapatkan izin bekerja dengan cara ini, Anda harus memperoleh visa working holiday dari kedutaan negara tujuan. Saat ini, yang memungkinkan orang Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan dengan cara ini adalah Australia.

Namun ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi sebelumnya, seperti batas usia maksimal 35 tahun, masa tinggal maksimal 2 tahun, dan tentu saja harus lulus tes kompetensi bahasa Inggris.

  • Melalui Perusahaan

Cara ini paling nyaman karena ada pihak perusahaan yang siap memandu dan membantu proses relokasi Anda. Anda bisa melamar langsung ke perusahaan di negara tujuan, atau Anda bisa melamar ke cabang perusahaan yang ada di Indonesia. Jika kemampuan dan tenaga Anda dibutuhkan di tingkat pusat, maka Anda bisa direlokasi ke negara tempat kantor pusat berada. Karena Anda sudah mendapatkan kelengkapan administratif dari pihak perusahaan, seperti surat kontrak dan keterangan, maka Anda tinggal mengurus dokumen untuk pengurusan visa kerja.

  • Melalui Program Magang atau Internship

intern 2 e1590971776300 - Cara Kerja di Luar Negeri Terbaru, Mudah dan Perlu Anda Tahu

Bagi Anda yang baru lulus kuliah, atau masih berusia di bawah 30 tahun, program ini membuka kesempatan bagi Anda. Ada perusahaan yang membuka kesempatan magang bagi pekerja asing. Adapula program pertukaran pekerja yang memungkinkan Anda bekerja di luar negeri untuk waktu singkat. Gaji yang diterima pun nantinya adalah gaji pegawai magang.

Selain Malaysia, Singapura, dan Jepang, tidak menutup kemungkinan puluhan negara lainnya memberikan kesempatan bagi pekerja Indonesia untuk berkarir di sana. Hanya saja kami memberikan rekomendasi dengan kesempatan penerimaan yang lebih besar. Serta lingkungan adaptasi yang lebih mudah bagi Anda.

  • Melalui Info yang Akurat dari Dinas Terkait

Untuk bisa mendapatkan informasi mengenai pekerjaan di luar negeri itu sebenarnya tidak terlalu sulit karena biasanya ada berbagai macam brosur atau pun pamflet yang bisa Anda dapatkan.

Informasi ini biasanya diberikan oleh dinas ketenagakerjaan. Kalaupun tidak ada yang memberikan maka Anda bisa mengakses atau datang langsung ke dinas untuk menanyakan adanya lowongan pekerjaan. Karena informasi lowongan pekerjaan tidak selalu ada melalui dinas terkait, maka Anda harus sabar menunggu. Anda juga diharuskan berhati-hati serta selektif dalam memilih sebuah pekerjaan jika nantinya sudah tersedia informasi lowongan kerja yang Anda butuhkan.

  • Info Perekrutan Tenaga Kerja Secara Online

cara kerja di luar negeri e1590971409269 - Cara Kerja di Luar Negeri Terbaru, Mudah dan Perlu Anda Tahu

Nah, dengan mengetahui informasi lowongan pekerjaan secara online maka Anda juga akan tahu mengenai perekrutan secara online pula. Sebagai informasi, untuk mengikuti perekrutan tenaga kerja secara online, sebelumnya anda diharuskan registrasi terlebih dahulu di situs pencarian kerja dengan membuat akun. Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan Curriculum Vitae Anda.

Jika Anda Bekerja di Malaysia

Ketika merantau ke luar negeri, Malaysia merupakan tujuan yang pas jika Anda masih belum berani untuk menghadapi budaya yang jauh berbeda dengan Indonesia. Selain bahasa yang tidak jauh berbeda, Malaysia juga memiliki adat istiadat yang tidak jauh berbeda. Hal ini karena Malaysia dan Indonesia masih satu rumpun. Jadi, lingkungan bahkan makanannya tidak jauh berbeda dengan yang biasa Anda temukan di Indonesia.

Orang Indonesia yang bekerja di Malaysia saat ini mencapai lebih dari 129 ribu jiwa. Ada yang bekerja sebagai profesional, dan ada juga yang bekerja di sektor domestik. Untuk tenaga profesional di Malaysia, kisaran penghasilannya dimulai dari angka 3.000 ringgit (sekitar Rp10 juta). Hal ini mengingat bahwa untuk mendapatkan izin masuk Malaysia sebagai pekerja (Employment Pass) minimal gaji haruslah 3.000 ringgit.

Namun perlu diingat, bahwa pekerja asing ini wajib membayar pajak sesuai ketentuan. Pajak akan dipotong langsung dari penghasilan. Oleh karenanya, sebaiknya tanyakan pada agensi atau kantor tempat Anda bekerja nantinya mengenai ketentuan pajak ini. Agar Anda bisa mempersiapkan diri, minimal pada enam bulan pertama, atau hingga Anda mapan dengan penghasilan yang ada.

Baca Juga: Ketahui 7 Motivasi Kerja Terbaik ke Luar Negeri

Setelah Anda mengetahui cara kerja di luar negeri di atas, Anda tentunya mulai mendapat gambaran, bagaimana Anda harus mempersiapkan diri.

Jika Anda memilih untuk  mencari informasi dari dinas terkait sebagai cara kerja di luar negeri. Maka ingatlah, informasi yang Anda dapatkan harus Anda pahami dengan baik sebelum berangkat ke Malaysia. Sesampainya di Malaysia Anda juga perlu mengelola keuangan dengan baik. Aplikasi Qelola, adalah salah satu aplikasi keuangan antar negara yang bisa Anda manfaatkan selama Anda bekerja di luar negeri. Dengan menggunakan aplikasi Qelola, Anda bisa melakukan transfer antar negara dengan biaya lebih murah, membayar pajak, dan berbagai tagihan lainnya, juga melakukan investasi berupa deposito maupun reksadana. Dapatkan semua informasi tentang fitur Qelola di sini.

 

Tags: , , , , , , , ,