Benarkah TKW Adalah Pekerjaan yang Sangat Penting? Cek di Sini

tkw

Tenaga Kerja Indonesia (disingkat TKI) adalah sebutan bagi warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri (seperti Malaysia, Timur Tengah, Taiwan, dan Australia) dalam hubungan kerja untuk jangka waktu tertentu dengan menerima upah. Jika istilah TKI merujuk pada semua pekerja di luar negeri maka TKW adalah istilah khusus pekerja perempuan atau sering kali disebut Tenaga Kerja Wanita. Meskipun, istilah TKI maupun TKW sering kali dikonotasikan dengan pekerja kasar karena dianggap sebagai kumpulan tenaga kerja unskilled yang merupakan program pemerintah untuk menekan angka pengangguran. Namun perjuangan mereka untuk mendatangkan devisa dan menyumbang perekonomian Negara sangatlah besar. Untuk saat ini para pekerja di luar negeri lebih memilih istilah Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Mengapa TKW Dibutuhkan?

tkw e1590966271775 - Benarkah TKW Adalah Pekerjaan yang Sangat Penting? Cek di Sini

Kurangnya lapangan pekerjaan di dalam negeri dan banyaknya tawaran kerja di luar negeri adalah salah satu alasan mengapa keberadaan TKW dibutuhkan. Selain itu, seorang TKW lebih fleksibel mendapatkan pekerjaan karena banyak bidang yang bisa dijalani. Misalnya sebagai asisten rumah tangga, baby sitter, maupun pengurus lansia. Bahkan di Malaysia banyak TKW yang di butuhkan sebagai pelayan restoran maupun pramuniaga dengan gaji yang tinggi.

Apa Pekerjaan TKW?

asisten rumah tangga e1590966602776 - Benarkah TKW Adalah Pekerjaan yang Sangat Penting? Cek di Sini

Di luar negeri, pekerjaan TKW adalah meliputi sektor bisnis, industri maupun rumah tangga. Pada sektor bisnis biasanya TKW dipekerjakan pada bidang perkantoran. Sedangkan pada sektor industri, biasanya para TKW menempati posisi sebagai buruh pabrik. Untuk kebutuhan rumah tangga biasanya para TKW diarahkan sebagai ART atau asisten rumah tangga, maupun pengasuh lansia atau balita.

Skill Apa Saja yang Dibutuhkan oleh Seorang TKW?

skill - Benarkah TKW Adalah Pekerjaan yang Sangat Penting? Cek di Sini

  • Kemampuan Skill Individu

Kemampuan skill individu tenaga kerja wanita baik di bidang formal ataupun informal sangat dibutuhkan. Dengan memiliki skill individu yang baik, maka bukan tidak mungkin, seorang TKW akan mendapatkan kesuksesan dan posisi yang bagus dalam pekerjaan mereka nanti. Bahkan menurut beberapa kisah sukses TKW di luar negeri, banyak tenaga kerja wanita yang pada akhirnya menerima gaji lebih tinggi karena skill individu yang dimilikinya lebih baik dari rekan-rekannya.

  • Kemampuan Berkomunikasi

Kemampuan yang satu ini adalah salah satu faktor yang banyak dikeluhkan oleh para pengusaha di luar negeri. Kemampuan skill individu yang mumpuni bila tidak ditopang dengan skill komunikasi (kemampuan berbahasa Inggris) maka akan menjadi penghalang melajunya prestasi tenaga kerja. Banyak tenaga kerja wanita dari negara lain yang menguasai bahasa Inggris dengan baik. Oleh karena itu tugas TKW adalah mempersiapkan bahasa Inggris maupun bahasa komunikasi lain yang dibutuhkan dengan baik sebelum berangkat ke luar negeri. Jangan karena skill komunikasi yang buruk Anda gagal dalam wawancara atau mendapat masalah selama bekerja di luar negeri.

  • Kemampuan untuk Mengerti Undang-Undang Ketenagakerjaan

Kemampuan yang satu ini masih sangat minim dimiliki oleh tenaga kerja wanita maupun tenaga kerja yang bekerja di luar negeri pada umumnya. Hal ini bisa tercermin dari lemahnya tenaga kerja wanita bila bernegosiasi dengan pengusaha yang menggunakan jasa tenaga kerja Indonesia. Ambil contoh saja bila seorang TKW yang habis masa kontraknya dan harus kembali ke Indonesia dengan tidak mendapatkan uang air ticket dengan alasan uang air ticket akan dibayarkan bila TKW tersebut kembali lagi ke perusahaan tersebut (padahal TKW tersebut sudah menjelaskan untuk tidak memperpanjang kontrak). Oleh karena itu, Anda perlu mendatangi perkumpulan buruh migran di luar negeri maupun menambah wawasan Anda tentang UU Ketenagakerjaan di luar negeri.

Baca Juga: 3 Perlindungan yang Wajib Diperoleh Pekerja Migran Indonesia

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Menjadi TKW?

  • Izin Keluarga

Mengapa izin ini penting? Walaupun terlihat sepele, tapi berpengaruh besar bagi kesuksesan kita di negeri orang. Kalau pun sudah tidak mempunyai orang tua, diskusikan keinginan Anda dengan keluarga terdekat. Perlu diingat, keputusan bekerja di luar negeri sendiri bukanlah hal yang main-main terlebih bagi seorang wanita. Oleh karena itu hal pertama yang perlu dipersiapkan TKW adalah izin keluarga.

  • Siapkan Biaya Awal yang Cukup

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan calon TKW adalah biaya. Sebab di luar negeri tidak hanya hidup 1-2 hari, tetapi beberapa bulan (sesuai kontrak). Untuk bulan-bulan pertama, harus dipersiapkan biaya lebih untuk administrasi (visa, paspor, dan lain-lain), biaya sehari-hari, dan biaya lainnya. Hal ini menjadi penting bagi Anda yang ingin bekerja di luar negeri.

  • Kelengkapan Dokumen-Dokumen

Beberapa negara di luar negeri sangat ketat mengawasi identitas setiap pekerjanya. Terlalu berisiko kalau Anda berangkat tanpa Visa dan paspor yang akurat. Jika berangkat secara ilegal, bukannya kesuksesan yang didapat, melainkan terperangkap di sana dengan hukuman yang cukup berat. Sebagai calon pekerja luar negeri maka tugas TKW yang ke tiga adalah mempersiapkan kelengkapan dokumen dengan baik.

  • Kesiapan Mental

Harus memiliki mental yang mumpuni bila ingin bekerja di luar negeri. Indonesia berbeda dengan negara-negara di luar. Mulai dari budaya dan kebiasaan sehari-hari. Sebelum berangkat, alangkah baiknya membaca atau mengakses informasi seputar negara tujuan. Hal ini bisa menjadi nilai plus yang tidak terduga.

Setelah mengetahui semua serba serbi tentang TKW di atas, ada hal lain yang mesti Anda perhatikan sebelum berangkat kerja ke luar negeri. Anda juga harus pintar dalam mengelola gaji bulanan Anda nantinya dengan aplikasi keuangan online. Aplikasi ini bisa Anda download melalui ponsel dan segala transaksi keuangan bisa dilakukan dalam genggaman. Salah satu aplikasi keuangan yang cukup populer terutama di kalangan TKW Malaysia adalah aplikasi Qelola. Aplikasi Qelola yang memang dirancang khusus bagi para TKW yang ada di Malaysia untuk bisa melakukan transaksi keuangan. Anda bisa melakukan transaksi meliputi transfer uang ke tanah air, bayar-bayar tagihan yang ada di Indonesia seperti tagihan listrik, air, BPJS Kesehatan, dan TV Kabel. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk pembelian pulsa, kuota internet, dan voucher games. Jangan khawatir dengan biaya administrasinya, karena tentunya lebih kecil nominalnya jika dibandingkan dengan biaya pengiriman melalui bank atau ATM. Jadi tunggu apalagi, manfaatkan aplikasi Qelola untuk pengelolaan upah bulanan Anda dan transaksi menarik lainnya. Unduh aplikasinya di sini!

Tags: , , , , , , , ,