Begini Cara Transfer Uang Lewat ATM dan Topup Saldo Qelola

cara transfer uang lewat atm

Salah satu layanan perbankan yang paling sering dilakukan adalah transfer uang, mulai dari transfer uang ke sesama bank hingga transfer uang ke beda bank. Berkat kemajuan teknologi perbankan sekarang ini, transfer uang lewat mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) menjadi sangat mudah untuk dilakukan. Meskipun demikian, tetapi bagi sebagian orang yang baru mengenal dan menggunakan fasilitas bank, transfer uang lewat ATM bisa jadi membingungkan. Bagi Anda yang masih bingung saat akan menggunakan mesin ATM untuk keperluan transfer uang, simak cara transfer uang lewat ATM di bawah ini.

Baca Juga: 4 Pilihan Cara Transfer Uang Tanpa ATM, Serba Cepat!

1.  Masukkan Kartu Secara Tepat

cara transfer uang lewat atm 1 1 - Begini Cara Transfer Uang Lewat ATM dan Topup Saldo Qelola

Setelah Anda tiba di mesin ATM, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memasukkan kartu ATM ke dalam slot mesin ATM. Saat Anda memasukkan kartu ke slot di mesin ATM, pastikan posisinya tidak terbalik. Anda bisa mengikuti arahan yang telah tersedia di dekat slot mesin ATM dalam memposisikan kartu secara tepat. Tujuannya adalah agar kartu tersebut dapat terbaca oleh mesin. Perhatikan juga bahwa tidak ada sesuatu yang aneh. Seperti adanya alat tambahan yang tertempel di slot mesin ATM dan kamera tersembunyi di dekat tombol. Hal ini perlu Anda lakukan untuk menghindari adanya aksi pencurian dana nasabah (skimming).

2.  Pilih Bahasa dan Masukkan PIN

Anda bisa menggunakan bahasa Indonesia untuk memudahkan Anda dalam bertransaksi. Pilihan bahasa lainnya adalah bahasa Inggris. Setelah memasukkan kartu ATM dan memilih bahasa, maka Anda akan diminta untuk memasukkan enam digit nomor PIN. Pastikan untuk memasukkan nomor PIN secara hati-hati, jangan sampai ada salah menekan angka. Karena jika Anda melakukan kesalahan tiga kali berturut-turut, maka akan membuat kartu Anda terblokir.

Karena nomor PIN bersifat sangat rahasia, maka selalu tutupi tombol dengan tangan Anda ketika sedang memasukkan PIN. Jangan pernah memberikan nomor PIN kepada orang lain, bahkan jika Anda sedang mengalami kesulitan pada saat menggunakan ATM. Mintalah bantuan kepada security atau petugas yang sedang berjaga. Selain itu, Anda juga sangat disarankan untuk mengganti PIN secara berkala agar lebih aman.

3.  Pilih Jenis Transaksi dan Bank Tujuan

cara transfer uang lewat atm 2 1 - Begini Cara Transfer Uang Lewat ATM dan Topup Saldo Qelola

Setelah memasukkan nomor PIN dengan benar, maka layar akan menampilkan beberapa jenis transaksi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebagaimana kali ini Anda akan melakukan transfer, maka pilih menu “Transfer“. Pada menu “Transfer” ini, Anda akan diberikan dua pilihan yaitu transfer ke sesama bank dan transfer ke bank lain.

  • Transfer sesama bank bisa Anda pilih apabila tujuan rekening yang akan Anda kirimi uang memiliki bank yang sama dengan Anda. Kemudian langsung saja masukkan nomor rekening, lalu pilih Benar.
  • Transfer antar bank bisa Anda pilih apabila tujuan rekening yang akan Anda kirimi uang merupakan bank yang berbeda dengan Anda. Kemudian Anda perlu memasukkan kode bank terkait dan nomor rekening tujuan, lalu pilih “Benar“.

4.  Masukkan Jumlah Transfer dan Nomor Referensi

Tekan nomor pada keypad sejumlah uang yang akan Anda kirimkan. Pastikan angka yang Anda input sudah benar, sehingga Anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. Setelah Anda memasukkan nomor rekening dan jumlah uang yang akan ditransfer secara benar, maka layar akan menampilkan nama pemilik rekening, nomor rekening, dan nominal yang akan Anda kirimkan. Pilih “Benar“, jika semua yang sudah Anda masukkan sudah sesuai. Atau pilih “Salah” jika Anda ingin melakukan koreksi. Sementara untuk nomor referensi, Anda dapat mengosongkan bagian ini karena sifatnya opsional.

5.  Tunggu Konfirmasi dan Bukti Transaksi

cara transfer uang lewat atm 3 1 - Begini Cara Transfer Uang Lewat ATM dan Topup Saldo Qelola

Setelah transfer berhasil diproses, maka layar akan memunculkan tulisan Transaksi Berhasil Diproses yang disertai dengan pilihan apakah Anda mau melanjutkan transaksi yang lain atau tidak. Pilih “Ya” jika Anda ingin melanjutkan, atau pilih “Tidak” jika Anda ingin menyudahi.

Apabila transaksi sudah selesai Anda lakukan, maka mesin ATM akan mengeluarkan bukti transaksi. Ambil bukti transaksi tersebut. Kemudian mesin ATM juga akan mengeluarkan kartu ATM Anda. Ambilah kartu ATM tersebut, dan pastikan bahwa tidak ada barang yang tertinggal sebelum Anda keluar dari ruang ATM.

Demikian pembahasan mengenai cara transfer uang lewat ATM yang sangat mudah untuk dipahami. Dengan mengikuti beberapa cara transfer uang lewat ATM di atas, Anda tentu tidak akan kebingungan lagi. Keberadaan ATM memang dapat mempermudah Anda dalam melakukan berbagai jenis transaksi seperti kirim uang, bayar tagihan, beli pulsa, hingga untuk keperluan isi saldo e-wallet seperti Qelola. Dengan memastikan bahwa dompet digital Anda memiliki saldo yang cukup, maka Anda dapat terhindar dari repotnya jika harus pergi ke ATM dulu setiap kali akan kirim uang.

Lantas, Bagaimana Cara Isi Saldo Qelola di ATM?

Selain cara transfer uang lewat ATM yang sangat mudah, cara isi saldo Qelola lewat ATM juga bisa Anda lakukan dengan sangat praktis. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah buka aplikasi Qelola, lalu klik menu “Topup“. Lalu pilih negara asal, dan masukkan nominal uang yang ingin Anda masukkan ke dompet digital Qelola Anda dan klik “Konfirmasi“. Maka Anda akan menerima nomor akun virtual untuk melakukan pembayaran di ATM terdekat. Setelah berhasil, maka saldo Anda akan bertambah secara otomatis. Sangat mudah dan cepat, bukan? Yuk, ajak teman dan saudara Anda untuk unduh aplikasi Qelola juga.

Tags: , , , , , , , , ,