Ini Alasan Paling Penting Mengapa Menjadi TKW Malaysia

kelebihan kuliah di Malaysia

Bukan hal yang baru lagi ketika melihat wanita bekerja. Seperti di Indonesia misalnya, banyak sekali wanita yang rela mengadu nasib di luar negeri dengan menjadi TKW Malaysia. Mereka memutuskan untuk bekerja di Malaysia daripada harus mencari pekerjaan di Indonesia. Ada banyak alasan mengapa mereka lebih memilih Malaysia sebagai tujuan mereka bekerja. Selain tawaran gaji yang besar, mencari pengalaman kerja yang mungkin tidak sama dengan bekerja di negara sendiri juga menjadi salah satu alasan mereka.

Malaysia memang telah dikenal sebagai salah satu negara tujuan favorit bagi para tenaga kerja wanita yang ingin bekerja ke luar negeri. Menjadi seorang tenaga kerja wanita di Malaysia, kadang oleh sebagian orang dianggap sebagai profesi yang diremehkan. Namun perlu diketahui bahwa para tenaga kerja wanita yang bekerja di luar negeri adalah penyumbang devisa terbesar bagi Indonesia. Lalu apa yang membuat para TKW Malaysia banyak yang memilih bekerja di Negeri Jiran tersebut? Berikut kami rangkum alasan mengapa mereka memilih menjadi TKW Malaysia.

Letak Geografis

globe e1590915394970 - Ini Alasan Paling Penting Mengapa Menjadi TKW Malaysia

Letak geografis Malaysia adalah salah satu alasan bagi para tenaga kerja wanita lebih memilih negara Malaysia sebagai tujuan mereka bekerja. Malaysia adalah negara yang terbilang dekat jaraknya dengan Indonesia, jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Dengan bekerja di Malaysia mereka tidak perlu merasa kawatir untuk pulang ke Indonesia karena hanya dengan menempuh waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dengan pesawat terbang mereka sudah bisa sampai di Indonesia. Berbeda jika bekerja di negara lain yang harus menempuh waktu beberapa jam lebih lama untuk bisa sampai ke Indonesia dan dengan biaya transportasi yang juga tidak sedikit.

Budaya

Selain letak geografis, faktor budaya juga merupakan alasan banyaknya wanita di Indonesia menjadi TKW Malaysia. Sebagaimana diketahui, bahwa dari segi kebudayaan, antara negara Malaysia dengan Indonesia tidak memiliki banyak perbedaan. Secara khusus adalah adanya kesamaan bahasa. Di Malaysia, bahasa yang digunakan adalah bahasa Melayu. Bahasa ini hampir mirip dengan bahasa Indonesia, jadi para TKW Malaysia tidak akan mengalami banyak kesulitan dalam berkomunikasi. Dengan adanya kesamaan bahasa inilah mereka akan lebih mudah menyesuaikan serta akan terjalin komunikasi yang bisa langsung dipahami. Sebagai tenaga kerja wanita yang bekerja di luar negeri tentu saja menguasai bahasa di negara tujuan Anda bekerja adalah hal yang paling diutamakan. Jika Anda tidak menguasai bahasa di negara tujuan Anda, maka itu akan dapat menghambat komunikasi Anda sehari-hari.

Pengalaman

pengalaman - Ini Alasan Paling Penting Mengapa Menjadi TKW Malaysia

Mencari pengalaman tentu menjadi salah satu alasan para tenaga kerja wanita bekerja di Malaysia. Ketika bekerja di Malaysia, Anda akan banyak bertemu orang-orang yang berasal dari negara yang berbeda-beda. Semakin bervariasi orang-orang yang berinteraksi dengan Anda, maka akan semakin banyak juga Anda dapat memperoleh pengalaman. Dengan menjadi TKW di negara lain, sama halnya Anda memiliki hubungan yang panjang dengan seseorang di Malaysia. Selain itu menjadi TKW Malaysia juga akan memberikan pengalaman pergi ke luar negeri dan mengetahui berbagai hal yang belum pernah Anda lihat. Misalnya tentang penggunaan teknologi yang berbeda ketika di Malaysia. Karena itu salah satu makna positif pengiriman para tenaga kerja wanita ke Malaysia adalah agar memperoleh penyerapan teknologi yang bermanfaat bagi mereka ketika tidak lagi menjadi TKW.

Gaji yang Tinggi

gaji e1590915639721 - Ini Alasan Paling Penting Mengapa Menjadi TKW Malaysia

Alasan lainnya yang membuat para tenaga kerja wanita bekerja di Malaysia adalah besarnya gaji yang ditawarkan. Malaysia menawarkan gaji yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Indonesia, maka tidak heran jika banyak TKW Malaysia yang mengadu nasib di Negeri Jiran tersebut. Dengan besarnya gaji yang ditawarkan tersebut para TKW akan dapat memenuhi kebutuhan ekonomi untuk dirinya sendiri atau keluarga di Indonesia.

Baca Juga: Ketahui Besarnya Rata-Rata Gaji TKI di Malaysia

Sebagai salah satu negara yang maju dan berkembang, tentu saja banyak peluang ekonomi yang bisa didapatkan di Malaysia. Di Malaysia, tingkat lowongan pekerjaan tidak sebanding dengan angka tenaga kerja yang ada. Lowongan pekerjaan yang ditawarkan di Malaysia juga bermacam-macam. Biaya hidup di Malaysia pun juga tidak terlalu jauh dengan di Indonesia, sehingga Anda masih bisa menyisihkan sebagian dari penghasilan Anda untuk ditabung atau mengirim uang untuk pemenuhan kebutuhan keluarga Anda di Indonesia.

Bagi Anda yang sudah memutuskan menjadi TKW Malaysia, saat ini tidak perlu khawatir jika akan mengirim uang untuk keluarga di Indonesia. Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk media transfernya dengan biaya termurah. Anda cukup meng-install aplikasi Qelola pada ponsel Anda untuk mendaftar dan merasakan semua fiturnya. Melalui Qelola Anda tidak hanya bisa mengirim uang pada keluarga. Anda juga bisa membayar beberapa tagihan semacam BPJS, tagihan listrik bahkan pajak di Indonesia secara langsung. Tunggu apalagi, download Qelola sekarang juga.

Tags: , , , , , , , , , ,