Cara Ubah Data Diri Paspor: Endorsement atau Cetak Ulang Paspor

data diri paspor

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dibawa ketika sedang melakukan perjalanan ke luar negeri. Dokumen ini penting digunakan sebagai identitas internasional yang akan dicek saat berada di imigrasi negara tujuan. Identitas yang tercantum di dalam paspor harus benar meliputi nama, tempat dan tanggal lahir, foto, tanda tangan serta asal negara pemilik. Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana merubah data diri paspor apabila terdapat perubahan atau kesalahan penulisan? Simak penjelasan singkatnya di bawah ini. Check this out!

Pengertian Paspor 

Paspor adalah sebuah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang dari suatu negara dan memuat identitas asli pemiliknya. Dokumen ini berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara untuk bisa memasuki suatu negara secara legal. Adakalanya paspor berisi daftar negara yang dilarang untuk dikunjungi. Paspor biasanya berbentuk buklet kecil yang berisi nama pemilik paspor, tempat tinggal lahir, tanggal penerbitan dan kadaluarsa paspor, nomor paspor, foto dan tanda tangan. Selain paspor, ketika melakukan perjalanan lintas negara, seseorang juga membutuhkan visa yang berupa stempel pada paspor apabila ingin memasuki negara tujuan. Paspor harus ditunjukkan kepada petugas imigrasi sebelum memasuki suatu negara.

Dokumen Persyaratan Pengurusan Perubahan Data Paspor

  1. KTP asli dan fotokopi 
  2. Kartu Keluarga asli dan fotokopi 
  3. Akte Kelahiran/Ijazah asli dan fotokopi 
  4. Paspor asli dan fotokopi 
  5. Formulir Aplikasi Imigrasi (biasanya disediakan di koperasi Kantor Imigrasi)

Prosedur Merubah Data Diri Paspor

syarat bikin paspor 2 - Cara Ubah Data Diri Paspor: Endorsement atau Cetak Ulang Paspor

Sumber: reisha.net

Prosedur perubahan data diri paspor telah diatur dalam Pasal 24 Permenkumham Nomor 8 Tahun 2014 tentang Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor. Dikutip dari indonesia.go.id, terdapat dua cara untuk mengganti identitas diri yang keliru di paspor. Pertama, bisa melalui sistem endorsement atau penambahan nama pada catatan khusus halaman 4 paspor. Kelemahan dari sistem endorsement, ada beberapa negara yang tak menerima adanya catatan khusus tersebut. Cara kedua adalah dengan mengganti dan mencetak ulang paspor. Cara kedua ini lebih rumit dan membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan cara pertama.

1. Prosedur Perubahan Data Paspor dengan Sistem Endorsement 

  1. Datang ke Kantor Imigrasi 
  2. Mengisi formulir yang telah disediakan 
  3. Menuju loket informasi dan sampaikan tujuan Anda ingin meminta endorsement karena terjadi kesalahan data diri pada paspor.
  4. Serahkan semua dokumen persyaratan dan paspor asli ke petugas, tunggu hingga nama Anda dipanggil. 
  5. Tidak sampai satu hari, catatan endorsement akan tercantum di halaman 4 paspor dengan koreksi yang diberikan oleh pihak imigrasi.

Baca Juga: Proses Perpanjang Paspor Mati, Kini Lebih Cepat dengan Sistem Online

2. Prosedur Perubahan Data Paspor dengan Penggantian Paspor

Cara kedua dengan penggantian paspor harus melalui proses lebih panjang:

  1. Datang ke Kantor Imigrasi dan sampaikan maksud Anda untuk mengganti paspor karena terdapat kesalahan data pada paspor.
  2. Anda akan diarahkan untuk menjalani pemeriksaan tentang alasan penggantian paspor untuk mendapatkan Berita Acara Pemeriksaan (BAP).
  3. Wawancara, foto, dan biometrik untuk melengkapi proses pembuatan paspor baru.
  4. Jika pemeriksaan telah selesai, Anda akan mendapat Berita Acara Pendapat (Bapen) yang diberikan oleh petugas. 
  5. Bapen biasanya dikeluarkan bersamaan dengan persetujuan dari Kepala Kantor Imigrasi. Jika terdapat perubahan data pada nama (seperti penggantian, penambahan, penghapusan maupun perbaikan ejaan), biasanya akan diminta surat pernyataan dari Dinas Catatan Sipil kota/kabupaten tempat KTP diterbitkan.
  6. Setelah mengantongi persetujuan dari Kepala Kantor Imigrasi, dokumen perubahan data diri paspor akan diajukan ke Kepala Kantor Wilayah untuk mendapat persetujuan.
  7. Setelah melalui proses wawancara dan foto, Anda akan menerima tanda bukti setor untuk biaya pembuatan paspor baru.
  8. Setelah melakukan pembayaran, paspor Anda akan diverifikasi oleh Ajudikator Pusat untuk kemudian dilakukan penerbitan paspor baru.
  9. Terakhir, paspor Anda sudah bisa diambil sendiri maupun oleh anggota keluarga dalam satu KK dengan menyertakan tanda bukti pembayaran, surat kuasa, dan KTP asli pemilik paspor.

Tips Terhindar dari Kesalahan Data Diri Paspor

Untitled design 96 - Cara Ubah Data Diri Paspor: Endorsement atau Cetak Ulang Paspor

Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Untuk menghindari kesalahan data pada paspor, pastikan seluruh identitas diri pada dokumen yang Anda miliki tidak terdapat perbedaan. Cek juga paspor baru Anda supaya tidak ada kesalahan cetak dari petugas imigrasi. Jangan sampai Anda harus bolak-balik mengurus karena tidak memeriksa paspor yang sudah dicetak dengan baik.

Pastikan Anda mengetahui dengan baik pengertian paspor serta prosedur merubah data diri paspor. Membuat paspor kini dapat dilakukan secara online. Paspor sangat penting digunakan ketika Anda pergi ke suatu negara untuk tujuan bekerja, sekolah, liburan, dan sebagainya. Jika Anda memilih Malaysia sebagai negara tujuan bekerja, aplikasi Qelola dapat membantu Anda merencanakan dan mengelola keuangan selama di luar negeri. Pengiriman uang dan pembayaran tagihan keluarga Anda di tanah air sangat mudah dilakukan hanya melalui smartphone Anda. Menyenangkan bukan? Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk menikmati berbagai layanan keuangan. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , ,