Tips Kelola Uang dengan Bijak dan Terencana

Untitled design508 - Tips Kelola Uang dengan Bijak dan Terencana

Kemampuan Anda untuk mengelola uang hasil pendapatan bulanan semakin hari harus semakin meningkat. Pengelolaan keuangan yang baik bisa benar-benar membuat kehidupan Anda berjalan dengan baik. Mulai dari pencatatan pengeluaran, perencanaan keuangan, investasi, dan mengendalikan pengeluaran, semua harus dilakukan dengan disiplin. Kelola uang yang Anda miliki, maka setiap rencana masa depan bisa dicapai dengan mudah.

Tapi bagaimana jika terdapat kebutuhan mendesak yang tiba-tiba harus dipenuhi? Bagaimana jika terjadi kondisi dimana mendadak pemasukan yang biasanya jadi tulang punggung kehidupan berkurang atau bahkan terhenti? Bagaimana jika ada barang diskon yang tidak bisa dilewatkan?

Memang banyak sekali tantangan dalam pengelolaan keuangan di kehidupan sehari-hari. Tapi Anda tak perlu cemas karena beberapa pertanyaan di atas dapat dijawab dengan tips sederhana kelola uang berikut ini.

Menuliskan Skala Prioritas Pengeluaran

Untitled design506 - Tips Kelola Uang dengan Bijak dan Terencana

Apapun pekerjaan Anda, baik karyawan swasta, TKI di negeri lain, penjual, pebisnis, dan yang lainnya, Anda harus selalu memiliki skala prioritas yang tercatat dengan rapih. Tips kelola uang yang pertama adalah membuat dan menuliskan skala prioritas dalam jangka waktu dekat, menengah, dan jauh, sehingga Anda lebih bisa membagi-bagi pengeluaran sesuai dengan apa yang pertama dibutuhkan.

Mulai dengan kebutuhan pokok (makanan, tempat tinggal, dan membayar tagihan rutin) dan lanjutkan dengan kebutuhan lainnya. Ingat, pendapatan yang Anda peroleh harus bisa mencukupi kebutuhan setiap bulan dengan tetap menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung. Jangan sampai pengeluaran yang Anda rencanakan lebih besar dari pendapatan yang Anda peroleh.

Rekening Harian dan Rekening Tabungan

Jika diperlukan, Anda bisa memiliki dua rekening bank yang berbeda untuk membantu mengelola uang yang Anda miliki. Satu rekening untuk digunakan memenuhi keperluan sehari-hari, dan rekening lain digunakan sebagai tempat menabung. Ada baiknya rekening yang digunakan untuk menabung tidak bisa dicairkan sewaktu-waktu untuk menghindari keinginan impulsif Anda.

Kelola uang dengan cukup mudah menggunakan dua rekening ini. Jadi ketika Anda mendapatkan gaji, Anda bisa membaginya ke dalam dua rekening berbeda secara langsung. Hal ini bisa membantu Anda menggunakan uang yang seharusnya ditabung untuk keperluan yang sebenarnya tidak mendesak, hanya sebatas keinginan yang tiba-tiba muncul saja.

Investasi yang Tepat

Untitled design507 - Tips Kelola Uang dengan Bijak dan Terencana

Sesedikit apapun gaji yang Anda dapatkan, selalu sisihkan untuk melakukan investasi. Investasi ini bisa diambil dari alokasi dana tabungan ketika tabungan yang Anda miliki sudah mencapai jumlah tertentu. Bentuk investasi juga beragam, yang paling mudah mungkin adalah membeli logam mulia seperti emas yang harga jualnya cenderung terus mengalami kenaikan.

Sebagai barang investasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, emas bisa dengan mudah disimpan di dalam brankas atau layanan penyimpanan yang disediakan bank, atau justru dijadikan perhiasan. Tapi ingat, ketika dijadikan perhiasan emas akan mengalami keausan bertahap dan sedikit mengurangi nilainya. Anda juga bisa mencari berbagai informasi program investasi yang disediakan di berbagai tempat.

Laporan Pengeluaran Harian

Tips kelola uang selanjutnya, yang cukup sederhana namun sangat efektif, adalah mencatat setiap pengeluaran harian yang Anda lakukan. Jika memungkinkan, masukkan struk atau nota pembayaran transaksi yang dilakukan sebagai pelengkap catatan ini. Meski terbilang cukup repot, cara ini terbukti ampuh bisa mengendalikan pengeluaran Anda untuk hal-hal yang tidak terlalu penting.

Dengan melihat catatan pengeluaran harian setiap hari, Anda bisa membandingkannya dengan alokasi harian yang sudah Anda susun sebelumnya. Apakah lebih tinggi? Atau lebih rendah? Setelah dibandingkan Anda bisa melakukan koreksi pada pola belanja Anda setiap hari sehingga Anda bisa memiliki kontrol makin baik setiap harinya.

Tips Kelola Uang untuk TKI

Untitled design509 - Tips Kelola Uang dengan Bijak dan Terencana

Sebenarnya tips-tips di atas dapat juga dilakukan oleh para TKI yang bekerja di luar negeri. Tinggal disesuaikan saja konteks dan situasi serta kondisinya. Memang mungkin terasa sangat repot di awal, namun setelah berjalan beberapa hari Anda akan merasakan perubahan signifikan dalam pola belanja yang Anda miliki.

Salah satu variabel unik yang hanya dimiliki TKI adalah pengiriman uang ke tanah air. Untuk hal ini, Anda yang bekerja sebagai TKI bisa memilih layanan remitansi yang memiliki biaya rendah serta memiliki fitur-fitur pembayaran tagihan bulanan. Sederhana, tujuannya agar uang yang Anda kirimkan bisa langsung digunakan untuk keperluan sehari-hari, tanpa harus khawatir tagihan rutin tidak dibayarkan.

Dengan layanan remitansi yang baik, Anda bisa secara langsung membayarkan tagihan ini dari aplikasi yang ada di smartphone Anda.

Baca Juga: Perencanaan Keuangan untuk TKI, Ini 5 Poin Pentingnya

Layanan remitansi yang dimaksud di atas adalah Qelola, yang memiliki fitur pembayaran tagihan listrik, PDAM, serta tagihan BPJS. Pengelolaan keuangan harus dilakukan oleh TKI pada keuangan dirinya sendiri serta keluarga di tanah air, sehingga akan sangat terbantu dengan keberadaan fitur dari Qelola ini. Kelola uang Anda dengan efektif dengan layanan remitansi Qelola, dan unduh aplikasinya di sini!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,