Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil [4 Poin]

Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil

Pernahkah Anda berada pada satu fase dimana Anda merasa gaji yang Anda miliki terasa kurang? Tidak peduli seberapa besar atau kecil gaji yang Anda terima, rasanya tidak dapat benar-benar memenuhi kebutuhan sehari-hari? Mungkin ini akan lebih terasa pada Anda yang memiliki gaji cenderung kecil. Sebenarnya, hal ini dapat perlahan diubah dengan memahami cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil. Tapi apakah mungkin?

Masalah gaji yang tidak dapat memenuhi kebutuhan harian biasanya tidak terletak pada nominal yang didapatkan, namun pada pola perencanaan keuangan yang buruk atau bahkan tidak dimiliki. Ya, perencanaan keuangan yang tepat dapat benar-benar mengubah cara Anda membelanjakan uang Anda sehingga jadi jauh lebih efektif dan cukup untuk memenuhi kebutuhan harian.

Memang cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil harus didasari dengan kedisiplinan tinggi serta konsistensi. Berbekal dua hal ini, Anda bisa membuat rencana keuangan yang baik, sehingga dapat diterapkan dan membawa perubahan dalam hidup Anda.

Lalu bagaimana caranya?

Menabung di Awal Bulan

Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil3 - Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil [4 Poin]

Pertanyaan pertama, kapan Anda memasukkan uang ke dalam tabungan? Apakah ketika awal bulan ketika Anda menerima gaji atau akhir bulan dari apapun yang tersisa dari gaji Anda? Kebanyakan orang yang memiliki pola keuangan cukup buruk melakukan pilihan kedua, yakni menabung di akhir bulan dengan apapun yang tersisa dari gaji yang sudah digunakan.

Tips pertama untuk cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil adalah menabung tepat setelah Anda mendapatkan gaji. Berapapun yang Anda masukkan ke dalam tabungan, masukkan uang tersebut pada awal bulan. Hal ini akan mencegah Anda menggunakan uang yang direncanakan untuk ditabung guna keperluan lain, dan berujung tidak menabung sama sekali.

Skala Prioritas, Penting dan Krusial

Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil2 - Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil [4 Poin]

Tips kedua untuk persoalan yang menjadi bahasan utama kali ini, adalah beli yang Anda butuhkan, bukan yang Anda inginkan. Tidak sedikit orang yang ketika memiliki uang akan membeli barang-barang yang diinginkan alih-alih mengalokasikan uang untuk membeli barang yang jelas dibutuhkan. Tentu saja, perilaku ini akan membuat gaji Anda terasa tidak pernah cukup.

Tetapkan skala prioritas setiap bulan sehingga Anda bisa memenuhi kebutuhan utama yang Anda miliki. Anda juga bisa mengetahui bahwa satu barang cukup diperlukan atau hanya diinginkan saja. Jika barang tersebut hanya sekedar diinginkan, Anda bisa menunda untuk membelinya di lain hari. Selalu pastikan kebutuhan harian tercukupi, baru jika masih ada sisa bisa Anda gunakan untuk keperluan lain.

Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil, Catatan Pengeluaran

Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil1 - Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil [4 Poin]

Percaya atau tidak, tips ketiga yang bisa jadi cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil secara ampuh adalah membuat catatan pengeluaran harian. Ya, catatan pengeluaran harian yang digunakan untuk mencatat setiap pengeluaran yang Anda lakukan secara detail, dari mulai belanja kebutuhan pokok hingga uang parkir yang Anda keluarkan. Semua harus tercatat dengan detail.

Ketika catatan sudah selesai dibuat, Anda bisa melihat dan meninjau kembali pengeluaran apa yang sekiranya tidak perlu dilakukan, pengeluaran apa yang sebenarnya harus mendapat alokasi lebih besar, dan mana yang mendapat alokasi lebih kecil. Dengan mencatat setiap transaksi yang Anda lakukan, Anda bisa melihat beberapa hal ini dan perlahan mengubah kebiasaan pengeluaran yang Anda miliki.

Bawa Uang Seperlunya, Tidak Perlu Berlebihan

Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil - Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil [4 Poin]

Setelah mendapat gaji, orang cenderung akan membawa uang berlebih di dalam dompetnya. Sederhana, tujuannya agar memiliki rasa nyaman ketika sewaktu-waktu ingin membeli barang yang ditemui. Apakah ini salah? Sebenarnya tidak sepenuhnya salah, karena uang yang berlebih juga diperlukan ketika ada sesuatu yang tidak direncanakan tiba-tiba terjadi. Misalnya seperti ban motor yang bocor, atau merusakkan barang pajangan, dan lain sebagainya.

Meski demikian, lebih disarankan untuk hanya membawa uang seperlunya. Ketika Anda akan keluar untuk membeli bahan makanan, bawa uang sejumlah yang Anda perlukan untuk membeli bahan makanan tersebut. Dengan begini, Anda bisa menekan keinginan impulsif untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan dan tidak direncanakan.

Baca Juga: TKI, Yuk Ikuti Tips Cara Mengatur Keuangan Berikut Ini

Nah, itu tadi 4 tips cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil yang bisa Anda coba dan terapkan. Ingat, tips ini hanya akan berjalan baik jika Anda disiplin dan konsisten melakukannya. Untuk beberapa bulan, usahakan tidak ada cheating day agar dapat membentuk pola perilaku sebelum nantinya menjadi kebiasaan yang secara tidak sadar Anda lakukan.

Cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil memang tidak dapat dikatakan mudah, namun bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Nah, untuk Anda yang bekerja sebagai TKI, tips ini benar-benar bisa membuat pengelolaan keuangan Anda semakin baik. Selain tentu harus tetap menyisihkan uang untuk dikirim kepada keluarga di Indonesia. Anda perlu memilih layanan remitansi yang ekonomis namun tetap efektif. Jawaban atas kebutuhan ini adalah Qelola. Dengan biaya transfer yang hanya di bawah 5 ringgit, akan membuat perencanaan keuangan Anda makin baik dengan meminimalisir biaya transfer. Unduh aplikasinya di sini, dan kelola keuangan Anda dengan baik!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,