Cek Status Paspor Semakin Mudah dengan Cara Online

Cek Status Paspor

Memiliki paspor yang masih aktif merupakan salah satu syarat utama untuk Anda yang ingin bekerja di luar negeri. Proses pembuatan yang harus memakan waktu beberapa hari, biasanya akan membuat Anda tak sabar dan ingin mendapatkan kejelasan. Namun, di jaman yang serba modern seperti sekarang ini, tidak adakah cara cek status paspor yang lebih simple dengan datang ke Kantor Imigrasi secara langsung?

Memang pertanyaan ini sangat wajar ketika muncul di era sekarang, yang hampir setiap hal memiliki aplikasi atau layanan online yang bisa digunakan untuk mempermudah proses yang berjalan. Untuk cek status paspor sendiri, sebenarnya banyak daerah di Indonesia telah memiliki sistem online yang bisa digunakan. Hanya saja memang setiap daerah memiliki cara dan prosedurnya masing-masing.

Layanan cek status paspor yang baru dibuat ini disebut dengan SIGAP atau Sistem Informasi Gateway Pajak, dan diterapkan hampir di seluruh Kantor Imigrasi di wilayah Indonesia. Untuk mengetahui caranya, Anda bisa lihat poin di bawah ini.

Cara Cek Status Paspor secara Umum

Untitled design492 - Cek Status Paspor Semakin Mudah dengan Cara Online

Secara umum, Anda bisa memasukkan 16 digit nomor permohonan paspor yang diperoleh ketika Anda selesai membuat paspor. Nomor ini diketik dan dikirimkan ke nomor SIGAP (untuk area DKI Jakarta, nomor yang digunakan adalah 0811-8539-333). Sebelumnya tentu Anda bisa menambahkan kontak SIGAP di daerah Anda. Di sini akan muncul balasan mengenai status paspor yang sudah Anda ajukan. Ingat, nomor yang digunakan akan berbeda untuk setiap daerah di Indonesia.

Selain untuk melakukan pengecekan status paspor yang sudah diajukan, SIGAP sendiri juga dapat digunakan untuk mencari informasi lainnya. Masih untuk area DKI Jakarta sebagai contoh, Anda bisa mengetahui cara pembayaran dengan mengetik #bayar, kemudian Anda bisa mengecek persyaratan yang diperlukan dengan mengetik #persyaratan, lalu untuk tata cara pengambilan paspor bisa dengan mengetik #pengambilan, dan terakhir untuk menyampaikan kritik dan saran Anda bisa langsung mengirimkannya dengan hashtag awal #Jakpus.

Jika dilihat, keberadaan SIGAP sendiri sudah cukup dapat memfasilitasi keterbukaan informasi yang diperlukan oleh Anda yang ingin membuat paspor. Dengan asumsi bahwa setiap orang kini memiliki akun whatsapp, sistem ini dijadikan rujukan utama ketika Anda tak bisa hadir secara langsung di Kantor Imigrasi untuk mengurus pembuatan paspor dan cek status paspor.

Bagaimana Jika Terjadi Error?

Untitled design491 - Cek Status Paspor Semakin Mudah dengan Cara Online

Layanan terus dikembangkan dan fasilitas yang terus ditingkatkan kualitasnya oleh pihak imigrasi secara umum. Terkadang, ada kalanya Anda tidak bisa mendapatkan informasi mengenai status pengajuan paspor yang Anda lakukan. Jika hal ini terjadi, Anda tidak perlu cemas. Ini tidak berarti permohonan Anda dibatalkan secara sepihak.

Anda cukup memeriksanya di hari berikutnya. Tidak jarang karena kepadatan jaringan, informasi mengenai status paspor yang Anda ajukan tidak dapat diproses. Jadi Anda bisa cek status paspor pada hari berikutnya dengan cara yang sama. Jika hingga 3 hari berturut-turut status paspor tak kunjung ada kejelasan, disarankan Anda mendatangi Kantor Imigrasi tempat Anda mengajukan permohonan pembuatan paspor.

Berkas Penting dan Wajib untuk Kerja di Luar Negeri

Untitled design490 - Cek Status Paspor Semakin Mudah dengan Cara Online

Kepemilikan paspor merupakan hal wajib untuk Anda yang ingin bekerja di luar negeri. Perlu diingat, bahwa proses pembuatan paspor saat ini sudah terbilang sangat mudah, sehingga tidak ada lagi alasan Anda mengambil jalan pintas dengan menggunakan jasa calo atau cara ilegal lain, yang justru dapat menjadi senjata makan tuan bagi Anda.

Tidak sedikit kasus berkas tidak legal yang dialami TKI di luar negeri berakar dari pembuatan paspor yang tidak benar prosesnya. Sehingga ketika diperiksa, ternyata paspor yang dimiliki adalah palsu atau tidak sesuai dengan ketentuan. Jika sudah begini, Anda akan direpotkan dengan permasalahan hukum di negeri lain yang akan menyita waktu dan biaya yang tidak kecil.

Ini mengapa kemudian pihak imigrasi terus mengembangkan berbagai layanan untuk Anda yang ingin membuat paspor, sehingga berkas buku mungil ini dapat dibuat dengan mudah dan cepat. Semakin sederhana proses yang dilakukan, maka akan semakin sedikit pula orang yang menggunakan jasa calo atau pihak ketiga lain yang tidak dapat dipertanggungjawabkan validitasnya.

Baca Juga: TKI Bermasalah: Bekerja Tanpa Dokumen yang Legal

Memiliki berkas lengkap dan mengetahui cara cek status paspor mungkin bisa jadi langkah awal yang baik untuk Anda para calon TKI. Dengan persiapan berkas yang benar, persiapan mental yang baik, serta persiapan kemampuan kerja yang memadai, Anda bisa menjadi TKI yang sukses ketika bekerja di luar negeri nantinya.

Setelah memahami cara cek status paspor di atas, selanjutnya yang Anda perlukan tentu adalah layanan remitansi untuk mengirimkan uang dari negara tempat Anda bekerja ke keluarga yang ada di Indonesia. Nah, untuk Anda yang bekerja di Malaysia, Anda bisa menggunakan Qelola. Selain memberikan layanan yang berkualitas, Qelola juga menyediakan fitur lain seperti pembayaran tagihan listrik, PDAM, dan tagihan BPJS secara langsung dan legal. Cukup lengkap bukan? Anda bisa mengunduh aplikasinya di sini dan mulai mengulik fiturnya.

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,